"Kamu kena kanker otak, Dev. Itulah kenapa kepala kamu sering banget ngerasa sakit."
Kata-kata bangsat itu keluar gitu aja seminggu setelah gue keluar dirawat dan parahnya besok adalah hari pertama gue di semester 4 a.k.a semester 2 di kelas 11. Gue kaget setengah mampus sumpah. Gue berdiri dan keluar dari acara makan malem yang emang bisa dibilang sakral banget dalem keluarga gue. Gue ngurung diri di kamar. Perkataan bokap itu terus saja terngiang-ngiang di kepala gue sampe gue bener-bener frustasi. Gue ancurin semua benda yang ada di kamar gue. Gue ga peduli. Gue bener-bener kecewa. Gue kesel. Gue marah. Gue arghhh!!!!
Kepala gue terasa sakit lagi. Kali ini lebih parah sampe gue teriak ngaduh kesakitan. Bahkan, gue sampe tidur-tiduran dan bergerak kek cacing kepanasan supaya rasa sakit yang gue rasain itu berkurang. Tapi semakin gue ngelakuin itu gue malah makin ngerasa kesakitan. Mata gue udah memburam karena airmata yang ngumpul. Gue ngedenger pintu gue di dobrak dan tubuh gue diangkat ke kasur sambil dipeluk sama nyokap gue. Gue terus mengaduh kesakitan sekeras mungkin gue berteriak dan berontak. Gue gabisa nahan rasa sakit ini. Bener-bener gabisa. Terus bisikan nyokap ngebuat gue tenang dan perlahan-lahan rasa sakit itu ilang.
"Dev, inget mama, inget wajah mama sama papa. Inget dev, inget senyum kita ke kamu."
Disitu gue udah tenang bener-bener tenang. Gue minum obat dari dokter dan rasa sakitnya udah mulai ngilang meskipun engga secepat perkiraan gue. Gue ngapus airmata dan ngeliat nyokap yang lagi nangis di pelukan bokap. Gue bener-bener miris ngeliatnya. Mereka meluk gue, lama banget. Seakan gue gamau di lepas oleh mereka. Setelah itu, bokap sama nyokap pamit dari kamar gue. Gue meringkuk di atas kasur gue. Kenapa gue bisa kena penyakit ini? Gimana bisa? Gimana bisa penyakit ini ada di dalem kepala gue? Apakah gue bisa sembuh? Apakah gue bisa sembuh? Gue anak laki-laki tunggal di keluarga ini, gue harus sembuh. Gue yakin gue bisa sembuh. Tuhan pasti akan ngasih keajaibannya ke gue.
Kepala gue mulai terasa sakit lagi. Gue menghela nafas panjang. Airmata gue netes. Gue cengeng? Iya gue emang cengeng karena hidup gue berat. Kanker otak bukan penyakit biasa dan ancamannya adalah kematian. Sekuat tenaga gue meyakinkan diri gue kalo gue akan sembuh juga keknya sia-sia karena beberapa kasus penyakit ini bener-bener parah. Apakah gue akan menjadi korban selanjutnya?
Tiba-tiba kepala gue menoleh ke sebuah jendela kamar yang di dalemnya ada seorang perempuan yang lagi asik melukis. Siapa lagi kalo bukan Shella. Tanpa dikasih tanda atau apa, dia juga menoleh ke gue dan melempar senyumnya yang pahit ke gue. Kita bertatapan sebentar sebelum gue tersadar akan kegoblokan gue. Gue harus nyusun rencana supaya Shella gatau penyakit gue ini. Iya bener, gue gamau bikin dia sedih karena tau penyakit gue. Gue harus nyusun rencana.
Gue gabisa mikir sekarang karena gue gamau rasa sakit ini menghantui gue lagi. Gue merebahkan diri gue di atas kasur dan memandangi langit-langit kamar gue. Gue juga ngeliatin seisi kamar gue yang berantakannya mirip kapal pecah. Perlahan-lahan gue berusaha untuk bangkit dan membenahi barang-barang yang terlempar disana-sini sampe akhirnya kamar gue terlihat seperti sedia kala, bahkan lebih bersih dan rapi dari sebelumnya.
Gue kalo lagi sakit emang suka error ya wkwkwk.
Ga lucu.
Otak gue mulai stabil dan bisa di ajak mikir. Gue harus nyusun rencana supaya Shella gatau apa penyakit gue. Yang enak di gue dan enak di Shella juga. Efeknya juga engga begitu parah. Apa gue bohong aja sama dia? Kayaknya jangan. Gue bohong apaan ke dia? Dia juga pasti bakal tau. Gue tau sendiri Shella itu orangnya peka sama lingkungan deketnya. Tapi kira-kira apa ya? Kalo gue ngilang tanpa kabar keknya gabisa karena gue satu kelas sama dia dan rumah kita tetanggaan. Argh! Gue mesti gimana ya. Gue gamau kasih tau penyakit gue karena gue gamau dia sedih. Udah cukup rasa sakit yang dia derita, gue gamau dia ngerasa kek gitu lagi.
Ponsel gue berdering dan ternyata ada info baru kalo kelas gue kemasukan murid baru. Dan ide jahat gue muncul mendominasi pikiran gue. Gue harus ninggalin Shella secara perlahan dan mendekatkan Shella ke anak baru itu biar dia ga begitu ngerasa kehilangan gue. Semoga cara ini berhasil. Semoga...
KAMU SEDANG MEMBACA
Tentang Shella
Short StoryKalo lo nemu buku ini harus dibaca ya, Shel. Tapi cukup lo aja yang tau, orang lain jangan. Gue kangen banget sama lo, Shel. Sumpah gue kangen. Cover by @JustK_ Copyright©2017