Cerita ke-20

82 8 1
                                    

Operasi pengangkatan sel kanker belum berjalan sepenuhnya karena tubuh gue yang mendadak drop. Dari pihak dokter baru menyanggupi mengangkat beberapa sel kanker yang menyerang otak gue karena mereka tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi ke depannya kalau operasi ini terus dilakukan. Bisa jadi hal yang sangat tidak diinginkan terjadi pada gue. Dokter Wisnu bilang kalo gue engga boleh banyak pikiran dan harus menjaga pola makan supaya operasi bisa berjalan dengan lancar dan mulus.

Rambut gue udah rontok semua tanpa tersisa sehelai apapun. Yuda ngasih gue beanie warna maroon untuk menutupi kebotakan gue. Sial! Jadi dia ga rela temenan sama orang botak sampe-sampe gue harus dikasih beginian segala. Tapi yaa gue juga agak merinding sih ngeliat gue botak pelontos gini karena seumur hidup rambut gue gapernah botak. Waktu lahir rambut gue udah tebel, tentunya itu nyokap yang ngomong dan berdasarkan foto gue waktu masih bocah.

Muka gue juga jadi pucet dan tubuh gue jadi lebih kurus dari sebelumnya. Kantung mata gue menghitam dan mata gue menjadi cekung karena gue gabisa tidur. Seminggu ini gue bener-bener stress karena pikiran gue yang mendadak jadi liar. Nanti mikirin Shella lah, mikirin Dicky lah, mikirn nyokap sama bokap lah, mikirin Yuda lah, dan yang paling buat gue gabisa tidur adalah otak gue yang kadang sakit banget dan mendadak mereda. Itu yang gue alami seminggu ini dan nyokap selalu kasih gue obat untuk meredakan sakit kepala gue.

Gue juga kadang-kadang merasa mual tapi gaada yang keluar dan gue gatau sebabnya apa. Mungkin ini efek dari terapi yang gue jalanin kali ya. Gapapa deh gue sakit-sakit dulu yang penting nanti ketika kanker gue di angkat, gue bisa berseneng-seneng lagi. Jadwalnya hari Kamis kondisi tubuh gue harus udah pulih dan bertenaga agar operasi pengangkatan kanker di otak gue bisa bener-bener dilakukan secara sepenuhnya dan sama sekali bersih. Gue cuma takut kalo terlalu lama sel kanker ini udah mengganas dan berkembangbiak lagi dan pengangkatan sel ini cuma jadi sia-sia. Gue gamau kek gitu.

Yuda selalu membawa laporan ke gue tentang Shella di sekolah. Hubungan dia sama Dicky mulai deket dan posisi gue bener-bener udah digantiin sama Dicky. Mulai dari berangkat sampe pulang sekolah mereka selalu bersama. Bahkan, Dicky masuk ekskul yang sama dengan Shella. Bibir gue udah terlalu pahit buat nanggepin perkataan Yuda. Jadi gue cuman bisa senyum aja ke dia. Berkali-kali Yuda ngomong sama gue untuk ngasih tau perihal penyakit gue ini ke Shella. Toh, mungkin perempuan itu ngerti dan gue gaakan ngerasa sakit hati. Yaaa gimanapun perkataan Yuda bener, tapi lagi-lagi keegoisan gue bener-bener menguasai hati agar gue engga ngasih tau Shella. Terus engga lama Yuda cabut karena ada keperluan yang lain dan dia gabisa ninggalin keperluan itu.

Nyokap juga ngomong sama gue kalo waktu itu Shella dateng ke rumah dan ngobrol banyak sama dia. Shella nanya kenapa gue pergi ke Jepang tapi ga ngasih tau dia. Terus dia juga nanya keadaan gue di Jepang gimana karena gaada yang bisa di hubungin. Nyokap gue bilang, kalo undangan itu mendadak bahkan engga semua keluarga yang tau dengan cepat. Terus perihal keadaan gue, nyokap bilang kalo gue baik-baik aja. Dan nyokap gue minta ke dia untuk selalu mendoakan diri gue.

Gue tersenyum ngedenger cerita nyokap tentang Shella. Sore itu kita berdua ngomongin Shella tanpa habis. Kadang tertawa. Kadang murung. Yaaa seperti emosi yang dipermainkan kalau bercerita tentang Shella. Manusia ajaib yang selalu saja bisa menyebarkan ketenangan. Bagi gue, ngedenger namanya aja hati gue udah jauh lebih tenang. Jauh lebih tenang banget. Nyokap gue juga punya pikiran yang sama dengan Yuda. Kenapa engga gue kasih tau aja penyakit gue ke Shella? Lagi-lagi gue cuman tersenyum dan cuma bilang 'belum waktunya'. Nyokapnya Shella juga sering cerita sana nyokap gue kalo semenjak gue ke Jepang Shella keliatan lebih murung dan ga bersemangat. Terus ada laki-laki lain juga yang sekarang gantiin posisi gue. Nyokapnya Shella ternyata gasuka sama Dicky. Gue juga gatau sebabnya apa tapi nyokapnya Shella lebih suka sama gue.

Aduuuuh tante, tapi aku sukanya sama anak tante bukan sama tante. Nanti apa kata orang kalo Shella ternyata anak tiri aku. Om juga mau dikemanain tante? Aku ga siap ah.

Oliv juga dateng sama pacarnya buat jenguk gue. Disitu ... oliv bener-bener meluk gue dan nangis di pelukannya itu. Dia nyesel pernah ngomong yang gapantes ke gue. Dia bener-bener nyesel karena gapernah jenguk gue di rumah sakit. Fyi, dia baru pertama kali dateng kesini buat jenguk gue. Dia ngomong banyak deh sampe gue lupa dia ngomong apa aja. Yang gue inget dia ngomong sayang ke gue. Gue langsung nimpalin lah kalo gue ini adiknya dia dan ga mungkin gue pacaran sama kakak gue sendiri. Apalagi disitu ada cowoknya. Bisa dipukulin gua ntar. Terus oliv cuma ketawa sambil nangis terus meluk gue lagi.

Aneh ya cewek, bisa gitu ketawa sambil nangis.

Gue sih heran.

Berselang limabelas menitan, bokap dateng dan nanya seputar operasi yang gue jalanin tadi. Nyokap ngejelasin kalo operasi baru berjalan separuhnya karena kondisi tubuh gue yang mendadak drop. Abis itu bokap berjalan ke arah gue dan memberikan semangat ke gue. Bokap gue melempar senyum tapi dia gabisa boong kalo dia sedih karena matanya ikut berkaca-kaca. Gue meluk bokap dan dia juga merespon pelukan gue.

Bisa dibilang malem ini, ruang rawat gue adalah rumah kedua bagi keluarga gue karena semuanya ngumpul. Mulai dari bokap, nyokap, sampe kak Oliv sama cowoknya. Mereka makan malem dengan makanan yang ada di kantin dan duduk lesehan. Sementara gue cuman bisa ngeliatin mereka dari atas sini. Gue tersenyum sambil meneteskan airmata secara perlahan.

Kehangatan ini yang jarang gue dapet.

Kebersamaan ini yang jarang gue liat.

Keceriaan ini yang jarang gue denger.

Gue harus sembuh dari penyakit ini agar bisa ikut masuk ke dalam lingkaran mereka. Gue harus sembuh. Yaaa gue akan sembuh. Gue janji sama diri gue sendiri.

Dan Shella ... tunggu kehadiran gue ya.

Tentang ShellaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang