Daniel itu sebenarnya masuk dalam kategori penganut paham tindak nyata dari penggalan ayat salah satu surat di Al-quran yang artinya 'bagiku urusanku, dan bagimu urusanmu'. Namun untuk beberapa hal, dia akan menyingkirkan prinsip hidup tentram tersebut.
Termasuk untuk hal, kenangan lama yang terpendam. Dengan sosok berpredikat perusak kesehatan jantung berinisial O.S.W, silahkan tebak sendiri.
Maka sore itu, lepas mandi tampan, beranjaklah dia mendekati mama Hyekyo yang duduk anggun di teras, sedang menjahit kolor motif floral hak paten Jihoon.
"Mama" dia memulai, duduk di sisa kursi rotan yang sengaja diatur bersebelahan dekat pintu.
Mamanya menoleh, hanya sedetik.
"Jihoon udah mandi, kak?"
Daniel menyandarkan badannya terlebih dahulu, memandang halaman rumah nenek yang disinari warna jingga dari langit sore.
"Udah tuh ma, lagi gulat jempol sama papa"
Hening sebentar.
Lirikan mata Daniel menangkap sosok mama Hyekyo yang masih menjahit bagian rumpang dari celana Jihoon, Daniel menggigit bibir bawahnya. Ingin bertanya, namun sedikit termakan gundah gulana. Daniel pun bingung, sebenarnya masalahnya apa? Toh kan tinggal bertanya?
Kok gelisah galau merana?
"Mau ngomong apa kak?" lantas ditegurlah dia. Daniel menjengit pelan, tertawa kecil melihat mama Hyekyo yang sudah usai menjahit.
Naluri ibu memang tiada tandingnya.
"Emm.. Itu.. Ma.. Kenal Ong Seongwu?"
Lagi, hening.
Semilir angin sore Banyuwangi (yang sedingin kisah cinta kalian) merambat ke permukaan kulit. Daniel nyaris menarik pertanyaannya dan memilih untuk pura-pura amnesia ketika melihat raut merenung wajah mamanya.
"Ong Seongwu, anaknya Kimbum sama Soeun, bukan?" mamanya balik bertanya setelah sekian detik tak bersuara. Daniel mengangguk, ragu-ragu ingin mengucap iya.
"Kenal mama, kenapa emang? Ketemu dia?"
Daniel pikir, awal yang bagus untuk mengorek informasi tentang Ong Seongwu bermula dari mamanya. Lantas diputarnya tubuh untuk menghadap penuh. Daniel memasang raut serius dengan bibir mengerucut dan alis bertaut.
"Haah, ceritain dong, ma!"
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
Mama Hyekyo itu 'lare osing' tulen, alias keturunan asli suku Osing dari Banyuwangi. Lahir dan besar disana hingga menikah kemudian diboyong ke Surabaya oleh papa Joongki setelah tiga tahun lepas lahir anak pertama.
Semasa kecil, mama Hyekyo punya seorang sahabat karib, yang memang sudah lengket semenjak masih terlilit ari-ari. Namanya Soeun, cewek tomboy yang juaranya silat sekecamatan.
KAMU SEDANG MEMBACA
Selection ; Ongniel
FanfictionOng Seongwu x Kang Daniel first project on wattpad. ⏩ Compilation book. There's many much short-fics with different plots. Basically local!AU but i did wrote another au tho. ⏩ Beda sub-title? Beda plot. ⏩ OngNiel is science. Posisi urusan belakangan...