Ziarah Kubur

183 4 0
                                    

Assalamu'alaikum ikhwah fillah.


🌸🌸🌸

@izzi Nahda

_____

*ZIARAH KUBUR SESUAI SUNNAH.* yuk...


.
.
.
.

Kita petik manfaatnya, setelah perbincangan atas cinta maka hal yg jarang diingat saat menelusuri cinta adalah kematian.
Yah hanya kematian yg membuat fikiran kita seolah terhenti

Bismillah....

🍁🍁🍁

Ziarah kubur bukanlah bagian dari rukun iman dan rukun islam.

Walaupun tidak masuk ke dalam bagian rukun tersebut, ziarah kubur merupakan aplikasi keyakinan kita terhadap adanya kematian, hari akhir, dan hari kiamat kelak diminta pertanggungjawaban oleh Allah.

Tujuan penciptaan manusia, atau tujuan hidup menurut islam sebagaimana konsep manusia dalam islam, selama di dunia tentunya memiliki batas akhir waktu sedangkan setelahnya ada kematian yang akan datang menjemput.

Untuk itu, perlu kiranya melakukan instrospeksi diri, mengingat kematian, dan mempersiapkannya dengan baik.

Ziarah kubur adalah salah satu ritual dalam islam yang mampu mengingatkan kita terhadap kematian dan meyakini bahwa usia manusia sangat terbatas akan menemui ajalnya.

Hakikat Manusia tidak akan mungkin berlangsung abadi di dunia.
Rasulullah sering mengajarkan untuk mengingat kematian serta melakukan ziarah untuk mengingatnya.

Semakin lama dan waktu berjalan tentu ciri2 akhir zaman, tanda2 kiamat kecil, akan semakin terlihat dan manusia harus segera mempersiapkan dirinya.

⚫Hadist2 Ziarah Kubur dalam Islam

Ziarah kubur dalam islam adalah sesuatu yang diperbolehkan atau tidak dilarang. Hal ini sebagaimana disampaikan dalam beberapa hadist yang menerangkan tentang ziarah kubur.

↔Dalam hadist berikut ini disampaikan bahwa ziarah kubur awalnya pernah dilarang.
namun kemudian Rasulullah memperbolehkan untuk mengambil hikmah dan pelajaran darinya.

Ziarah Kubur diperbolehkan oleh Rasulullah Sallallahu alaihi wasallam

Hadits Buraidah bin Al-Hushaib radhiyallâhu ‘anhu dari Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wa âlihi wa sallam beliau bersabda,
💕 ”Sesungguhnya aku pernah melarang kalian untuk menziarahi kubur, maka (sekarang) ziarahilah kuburan.”
(HR Imam Muslim dan Abu Daud)

Dalam hadist di atas disampaikan bahwa ziarah kubur pada awalnya dilarang dan setelah itu diperbolehkan oleh Rasulullah.

🔻 Tentu saja ada alasannya bahwa ziarah kubur menjadi diperbolehkan bukan tanpa sebab dan nilai hikmah yang disampaikan.

Perubahan masyarakat jahiliah menjadi masyarakat yang lebih rasional dan madani tentu terjadi setelah nilai2 keTauhidan disampaikan oleh Rasulullah.

Pasca itu, masyarakat bisa lebih menilai mana yang benar dan tidak serta tidak sembarangan mempercayai atau mengkeramatkan benda mati ataupun patung.

mustashar qanuni Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang