Rahasia Di Balik Puasa Sya'ban

79 2 0
                                    




Assalamu'alaikum ikhwah fillah.




┏━━━━━━━﷽ 🍃🌹🌹🍁ⁱᶻᶻⁱ
•┈┈┈┈┈┈┈•❁﷽❁•┈┈┈┈┈┈┈┈┈•

🌔 *RAHASIA DI BALIK PUASA SYA'BAN* 🌖

🔘 Di bulan Syaban ini Rasul anjurkan kita untuk banyak puasa, apa hikmah atau rahasianya?

1⃣ Bulan Sya’ban adalah bulan tempat manusia lalai. Karena mereka sudah terhanyut dengan istimewanya bulan Rajab (yang termasuk bulan Harom) dan juga menanti bulan sesudahnya yaitu bulan Ramadhan. Tatkalah manusia lalai, inilah keutamaan melakukan amalan puasa ketika itu.

2⃣ Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berpuasa setiap bulannya sebanyak tiga hari. Terkadang beliau menunda puasa tersebut hingga beliau mengumpulkannya pada bulan Sya’ban.  Jadi beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam apabila memasuki bulan Sya’ban sedangkan di bulan-bulan sebelumnya beliau tidak melakukan beberapa puasa sunnah, maka beliau mengqodho’nya ketika itu. Sehingga puasa sunnah beliau menjadi sempurna sebelum memasuki bulan Ramadhan berikutnya.

3⃣  Puasa di bulan Sya’ban adalah sebagai latihan atau pemanasan sebelum memasuki bulan Ramadhan. Jika seseorang sudah terbiasa berpuasa sebelum puasa Ramadhan, tentu dia akan lebih kuat dan lebih bersemangat untuk melakukan puasa wajib di bulan Ramadhan.

📖 Penjelasan di atas disarikan dari kitab Lathaif Al-Ma’arif,  hlm. 234-243.

📚 📬 *ᎡᎬ ᏢϴՏͲ Curhat & Hijrah Akhwat*_ ✍🏻
•┈┈┈◎❅❀❦🌺🌻❤🌻🌺❦❀❅◎┈┈┈•



Wassalamu'alikum ikhwah fillah.

mustashar qanuni Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang