Assalamu'alaikum ikhwah fillah.
🌸🌸🌸
-
*🌈Renungan Akhir Pekan🌾*
*💞Mengelola Pujian🍇*
.
.
.Allah Swt berfirman, Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. (QS. Al Fatihah [1] : 2)
Tidak ada pujian yang lebih berhak menerimanya selain pujian kepada Allah Swt. Siapapun yang mendapat pujian, maka sesungguhnya setiap pujian adalah karunia dari Allah. Maka, sepatutnya setiap ujian yang datang kepada kita dikembalikan kepada Allah. Siapapun yang merasa bahwa pujian yang datang adalah milik dirinya, maka dia menyalahi dirinya sendiri: lisan menyebut bahwa segala puji hanya milik Allah, akan tetapi dia tamak pada sanjungan dan pujian dari makhluk.
Siapapun yang berdzikir dengan tahmid Alhamdulillaahi robbil aalamiin, maka dia harus selalu sadar bahwa apapun yang membuat dirinya dipuji adalah karunia Allah semata, *dan setiap pujian yang mengarah kepada dirinya hakikatnya adalah milik Allah dan dikembalikan kepada Allah*.
Pujian jika ditelan bulat-bulat tanpa disaring dengan ilmu tauhiid, maka akan menjadi sesuatu yang melenakan. Pujian memang indah, tapi jika dibiarkan liar maka ia akan menjadi sumber malapetaka : menghanyutkan hati dalam rasa ujub, sombong dan riya, menjauhkan diri dari keikhlasan.
Oleh karena itu, penting bagi kita untuk terampil mengelola pujian. Kita tidak bisa mengatur, menahan atau melarang orang lain agar tidak memuji kita. Akan tetapi, pandai-pandailah mengelola setiap pujian yang datang dengan senantiasa menyerahkannya kepada Allah Swt dan terus-menerus memeriksa kebersihan hati dari bibit-bibit penyakit hati.
*Semoga Allah Swt. senantiasa memberi kita petunjuk sehingga kita termasuk orang-orang yang selamat. Aamiin yaa Robbal aalamiin*.
🌸🌸🌸
Wassalamu'alikum ikhwah fillah.
KAMU SEDANG MEMBACA
mustashar qanuni
EspiritualKumpulan ilmu dan nasihat dari teman_teman hijrah. Sengaja aku kemas di sini untuk mengingatkan bahwa islam itu indah, tak ada perbedaan, saling berbagi dalam hal apapun, termasuk ilmu