Kultum Siang

202 5 0
                                    



Assalamu'alaikum ikhwah fillah.



┏━━━━━━━﷽ 🍃🌹🌹🍁ⁱᶻᶻⁱ
•┈┈┈┈┈┈┈•❁﷽❁•┈┈┈┈┈┈┈┈┈•

بِسْــــــــمِ اللَّــہ الرَّحْمَــــــانِ الرَّحِيـــــــم


🍃Dasyat  nya dzikrullah🍃


Di antara aktivitas setelah shalat fardhu adalah dzikrullah yakni dzikir untuk mengingat Allah subhanahu wa ta’ala. Salah satu dzikir yang banyak diamalkan adalah dengan bacaan tahmid, tasbih dan takbir. Yang dimaksud dengan tahmid adalah mengucapkan “alhamdulillah (الحمد لله)”, tasbih adalah mengucapkan “subhanallah (سبحان الله)”, dan sedangkan takbir mengucapkan “Allahu-akbar (الله أكبر)”.
    
Dalam kitab Syarh Hishnul Muslim (145-146) menjelaskan Cara-cara berdzikir tersebut merupakan cara berdzikir yang diajarkan oleh Nabi Muhammad sallallahu alaihi wasallam.
     
Jumlah dan bacaan dzikir ini merupakan cara berdzikir yang banyak di ajarkan dan diamalkan oleh sebagian orang. Cara berdzikirnya adalah dengan membaca tasbih, tahmid, dan takbir masing-masing 33 kali. Cara dzikir yang pertama ini berdasarkan salah satu hadis nabi yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abu Hurairah di mana Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ سَبَّحَ اللَّهَ فِي دُبُرِ كُلِّ صَلَاةٍ ثَلَاثًا وَثَلَاثِينَ وَحَمِدَ اللَّهَ ثَلَاثًا وَثَلَاثِينَ وَكَبَّرَ اللَّهَ ثَلَاثًا وَثَلَاثِينَ فَتْلِكَ تِسْعَةٌ وَتِسْعُونَ وَقَالَ تَمَامَ الْمِائَةِ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ غُفِرَتْ خَطَايَاهُ وَإِنْ كَانَتْ مِثْلَ زَبَدِ الْبَحْرِ

“Barang siapa yang bertasbih sebanyak 33x, bertahmid sebanyak 33x, dan bertakbir sebanyak 33x setelah melaksanakan shalat fardhu sehingga berjumlah 99, kemudian menggenapkannya untuk yang keseratus dengan ucapan laa ilaha illallahu wahdahu laa syarikalahu lahul mulku walalhul hamdu wahuwa ‘ala kulli syai-in qodiir, maka kesalahannya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan.”
(HR. Muslim no. 597).

Firman Allah,
"Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah SWT dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat) & bertaqwalah kepada Allah SWT, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui Apa yang Kamu Kerjakan." (QS.Al -Hasyr:18)

Semoga Allah SWT menerima do'a malam yang kita panjatkan dan mengampuni semua dosa2 kita, serta mengabulkan semua doa-doa yang kita panjatkan dalam qiyamullail malam. Dalam kekhusyukan tahajjud malam kepada Allah SWT yang maha segalaNya..
Aamiiin.. Allahuma Aamiiin.. Ya Rabb..
SELAMAT MENJALANKAN SHOLAT MALAM TAHAJJUD,  WITR dan BERTILAWAH AL-QUR'AN..

                   
***********

Apakah allah menjamin umat  islam masuk surga?

Dalam aqidah ahlussunnah wal jamaah, setiap Muslim memang dipastikan pada akhirnya akan masuk Surga. Namun tidak ada yang menjamin bisa lolos begitu saja langsung tanpa lewat neraka. Tergantung dari dosa dan berat timbangan amal baik dan buruk, setelah dihisab.

Sebaliknya, orang kafir (non muslim) sudah dipastikan masuk neraka. Meski punya banyak perbuatan yang terbilang baik di mata manusia. Tapi sayang di mata Allah justru dia merupakan penentang utama. Allah SWT mengutus nabi dan rasul, dia malah mengingkarinya. Allah menurunkan kitab suci, dia malah membuangnya. Apalah artinya baik di mata manusia tapi kufur di mata Allah?

mustashar qanuni Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang