Assalamu'alaikum ikhwah fillah.
┏━━━━━━━﷽ 🍃🌹🌹🍁ⁱᶻᶻⁱ
•┈┈┈┈┈┈┈•❁﷽❁•┈┈┈┈┈┈┈┈┈•Walau Sederhana, Amalan Ini Bisa Membuka 8 Pintu Surga!
.
.
.Sebagian besar umat Islam pasti tahu apa itu wudu. Mereka pun pasti tahu cara menunaikannya dan tahu pula doa yang dilantunkan sebelum dan sesudah wudu. Hal ini tentu tak diragukan lagi, sebab bagi muslim yang kuat ketaatannya pada perintah Allah, pasti selalu berwudu setiap kali mereka mau melakukan ibadah wajib.
Selain merupakan kewajiban, wudu memang bermanfaat untuk kesehatan. Sebab dapat membersihkan tubuh dari kotoran atau najis. Bahkan jatuhnya tetesan air wudu juga akan mengugurkan dosa-dosa seorang hamba. Namun, tahukah kalian kalau pahala wudu bisa membuka delapan pintu surga? Ini penjelasan ulama.
Sebagaimana dilansir dari akun YouTube Lampu Islam, Ustaz Khalid Basalamahmenjelaskan bahwa seharusnya seorang muslim tidak boleh malas berwudu. Sebab wudu merupakan perintah dan sunah Rasululullah. Amalkan wudu ini dalam segala aktivitas dan ibadah. Ketika hendak tidur, maka berwudulah. Kita tidak akan rugi, sebab akan diutus malaikat untuk menjaga kalian dalam lelap tidurmu. Saat kalian bergerak ke kiri ke kanan karena tidak sadar, malaikat bermohon kepada Allah agar kalian diampuni. Kita mendapatkan ganjaran semacam ini karena menjaga wudu.
Balasan atas wudu ini sangatlah dahsyat. Belum lagi jika kalian menyempurnakan wudu. Tertib saat memulainya dengan membaca doa. Ketika rangkaian wudu selesai kalian tunaikan lalu menutupnya dengan syahadat, maka balasan yang tidak akan ternilai harganya pun akan kalian dapatkan. Yakni Allah Swt. akan membukakan delapan pintu surga di akhirat kelak. Dan orang-orang yang selalu mengamalkan wudu ini, dibebaskan masuk dari pintu mana yang ia sukai.
Dikutip dari kitab Ath-Thaharah, dijelaskan riwayat dari Umar bin al-Khaththab ra., beliau berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa yang berwudu lalu mengucapkan, ‘Asyhadu allaa ilaaha illallah wahdahu laa syarikalahu wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuuluhu‘ (aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya), dibukakan untuknya pintu-pintu surga yang delapan, dan dia dapat masuk dari pintu manapun yang diinginkannya.‘” (HR. Muslim)
Jika seorang meyakini dan memahami tentang besarnya pahala wudu ini, maka tentu mereka tak akan melalaikannya. Apalagi pelaksanaannya pun sangat sederhana dan tidak pula menyita waktu. Para sahabat Rasulullah saw. terdahulu mampu mencapai derajat istimewa di mata Allah sebab mereka mengamalkan wudu ini. Saat wudu mereka batal, mereka akan menyegerakan diri untuk berwudu. Hati mereka pun sangat lembut dan penyayang. Karena amarah di dalam jiwanya telah dipadamkan oleh air wudu.
Ketika seorang muslim hendak berwudu mereka harus sadar sepenuhnya kalau ibadah wudu memiliki banyak keutamaan besar. Kedelapan pintu surga dibuka oleh Allah kepada mereka karena Dia telah mencintai hamba yang mengamalkan wudu. Saat cinta Allah tercurah pada mereka yang berwudu, maka dosa-dosanya yang terdahulu pun akan diampuni oleh Allah. Pada hari kiamat kelak dipakaikan pula pada mereka perhiasan-perhiasan pada anggota-anggota wudunya. Allah berfirman: “Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertobat dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri.” (QS. Al-Baqarah: 222)
Ada pun mengenai gugurnya dosa-dosa anak Adam karena wudu, juga dijelaskan dalam berbaga riwayat. Seperti dikutip dari kitab Sahih Hadis Muslim karya Muhammad Fuad Abdul Baqi, terdapat riwayat dari dari Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda: “Jika seorang hamba muslim atau mukmin berwudu, saat ia membasuh wajahnya, maka akan keluar dari wajahnya setiap dosa yang ia lihat bersama dengan air atau tetesan air terakhir".
"Saat ia membasuh kedua tangannya, maka akan keluar dari kedua tangannya setiap dosa yang ia perbuat dengan kedua tangannya bersama dengan air atau bersama tetesan air terakhir. Saat ia membasuh kedua kakinya, maka akan keluar setiap dosa yang dilangkahkan oleh kakinya bersama air atau bersama tetesan air terakhir, hingga ia dalam keadaan bersih dari dosa-dosa.” (HR. Muslim)
Sementara untuk doa saat selesai wudu yang ringkas dan banyak pula diamalkan sebagai mana dikutip dari kitab Amalul Yaumi wal Lailahkarta Imam Ahmad bin Syu'aib An-Nasa'i, yakni, “Subhanakallohumma wa bihamdika asyhadu allaa ilaaha illa Anta astaghfiruka wa atuubu ilaik.” Artinya antara lain: Maha Suci Engkau, ya Allah, aku memuji-Mu. Aku bersaksi, bahwa tiada Tuhan yang haq selain Engkau, aku minta ampun dan bertobat kepada-Mu. (HR. An-Nasai)
Itulah penjelasan tentang dahsyatnya ibadah wudu yang bisa membuka delapan pintu surga di akhirat nanti. Amalan ini tentu saja ringan buat mereka yang istikamah menunaikannya, dan akan terasa berat buat mereka yang tertutup hatinya dari rahmat Allah. Semoga kita dapat memahami dengan baik penjelasan ini, agar kita diberikan kemudahan oleh Allah dan menjadikan kita salah satu hambanya yang ahli wudu. Ahli wudu di dunia maupun di akhirat kelak. Amin. Wallahua'lam.
📚 📬 *ᎡᎬ ᏢϴՏͲ Curhat & Hijrah Akhwat*_ ✍🏻
•┈┈┈◎❅❀❦🌺🌻❤🌻🌺❦❀❅◎┈┈┈•Wassalamu'alikum ikhwah fillah.
KAMU SEDANG MEMBACA
mustashar qanuni
SpiritualKumpulan ilmu dan nasihat dari teman_teman hijrah. Sengaja aku kemas di sini untuk mengingatkan bahwa islam itu indah, tak ada perbedaan, saling berbagi dalam hal apapun, termasuk ilmu