Hukum Wanita Masuk Masjid Saat Haid

289 2 0
                                    



Assalamu'alaikum ikhwah fillah.





┏━━━━━━━﷽ 🍃🌹🌹🍁ᶻⁱ
•┈┈┈┈┈┈┈•❁﷽❁•┈┈┈┈┈┈┈┈┈•

Hukum wanita Haid masuk Masjid
.
.
.

Apa yg sudah kita siapkan untuk menyambut ramadhan??

Lalu bagaimana cara menyambut ramadhan yg kita tunggu² saat ini?
Trutama yg masih belum bekerja & masih skolah?

Mengucapkan salam & minta maaf kah?
Lantas bagaimana kondisinya setelah minta mf memaafkan? Apakah selesai.??

Ada satu masalah terutama bagi wanita saat ramadhan datang yaitu *wanita haid* lalu berkeinginan masuk masjid tuk mendapatkan pahala. Lalu bagaimana pandangannya...

Bismillah...
Masjid adalah tempat suci umat islam dimana kegiatan keagamaan dilaksanakan.

Tidak hanya itu..,

Mari simak kembali Masjid juga merupakan penghubung silaturahmi dan ukhuwah diantara kaum muslimin baik laki2 maupun perempuan .

👉 Sering muncul pertanyaan dibenak kita apakah seorang wanita yang sedang berhalangan atau sedang haid boleh memasuki masjid. ?

Untuk mengetahui perihal ini pagi ini sy  kutip penjelasan ulama tentang hal ini..

namun sebelumnya sy jelaskan dlu Apa Haid pada wanita itu..?

⚫Haid Pada Wanita

Haid atau yang juga dikenal dengan istilah menstruasi adalah salah satu hal yang dialami oleh seorang wanita.

Haid merupakan proses meluruhnya pembuluh darah disekitar uterus atau rahim karena sel telur yang dihasilkan oleh ovarium tidak mengalami pembuahan. Proses menstruasi adalah normal bagi setiap wanita dan siklus haid terjadi setiap satu bulan sekali.

Perihal mengenai masalah haid ini disebutkan dalam firman Allah ta'ala berikut ini di dalam  ..
QS Al Baqarah ayat 222

💕“Mereka bertanya kepadamu tentang haidh. Katakanlah: “Haidh itu adalah suatu kotoran”. Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haidh; dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri. “

Dari ayat tersebut dapat di simpulkan bahwa haid adalah kotoran dan darah haid bersifat najis, oleh karena itu wanita tidak diperbolehkan untuk melakukan ibadah seperti shalat wajib, membaca Alqur’an dan lain sebagainya sebelum haidnya selesai dan ia kembali suci.

⚫Dalil Wanita Haid

Tidak hanya disebutkan dalam Alqur’an perkara tentang haid dan segala yang terkait dengan haidnya wanita, disebutkan dalam hadits2 berikut

↪Darah haid adalah kotoran atau najis

Telah disebutkan sebelumnya bahwa darah haid adalah termasuk najis dan harus disucikan sebelum seseorang melaksanakan ibadah, sesuai dengan dalil berikut ini.

Dari Asma’ binti Abu Bakar berkata ..

💕“Seorang wanita bertanya kepada Rasulullah saw., Wahai Rasulullah, bagaimanakah caranya apabila pakaian salah seorang dari kami terkena darah haid, apakah yang harus ia perbuat?’ Rasulullah saw. bersabda, ‘Apabila pakaian salah seorang dari kamu terkena darah haid, gosoklah darah itu kemudian bersihkanlah dengan air. Setelah itu, kamu boleh shalat dengan memakai pakaianmu itu.’” (Dalam riwayat lain disebutkan gosoklah, kemudian hendaklah ia siram dengan air dan bolehlah ia shalat dengannya.

mustashar qanuni Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang