kriteria satu hingga akhir

5.2K 1.3K 141
                                    





"rapi ngga aku?" tanya alin, noleh ke jonghyun sambil nunjuk mukanya sendiri. jonghyun yang baru aja lepas seatbelt langsung noleh ke alin, geleng geleng.




"udah cantik, gausah takut," kata jonghyun, ngelepasin seatbelt nya alin. "ih mas ya liat aja ngga!" kata alin, kesel.


jonghyun ketawa kecil, langsung ngeliatin mukanya alin, ngulurin satu tangan buat ngerapihin rambutnya alin. "udah, cantik gini," kata jonghyun.


"udah ayok, masuk," ajak jonghyun, langsung keluar dari mobil, jalan ke sisi lain mobilnya, ngebukain alin pintu.


"kue nya udah dibawa?" tanya jonghyun pas alin turun. alin ngangguk, ngangkat tangannya yang bawa sekotak kue.



"yaudah ayok," ajak jonghyun, meluk pinggangnya alin buat nuntun alin jalan. alin langsung ngehela nafas, grogi ngga karuan.










"MAMAH ALINNNNNNN,"


alin langsung noleh, ngeliat haknyeon lari lari turun tangga, bikin alin langsung ketawa. "kakakkk!!!" panggil alin, reflek nyodorin kotak kuenya ke jonghyun, langsung nyamperin haknyeon.



"adek mana?" tanya alin, meluk haknyeon. "tidur, tadi abis mandi sama nenek," jawab haknyeon. alin ngelepasin pelukannya, ngeliat ke haknyeon.


"nenek mana?" tanya alin, suaranya kecil. haknyeon langsung nunjuk dapur. "masak katanya tadi," jawab haknyeon, alin ngangguk.



"ke dapur yuk mas," kata alin, noleh ke jonghyun. jonghyun langsung ngangguk, inisiatif buat jalan duluan daripada alin.


dan bener, alin jalan dibelakangnya jonghyun. bahkan, alin jatohnya jadi ngga keliatan dari depan, ketutupan sama jonghyun.



"mah," panggil jonghyun. jieun langsung noleh, ngeliat anaknya berdiri di pintu dapur, ngegeser dikit buat nunjukkin alin yang senyum ke jieun.


"alinㅡ"

jonghyun langsung diem, ngga ngelanjutin omongannya gara gara jieun langsung nyamperin alin, meluk alin tiba tiba, bikin alin kaget.


"jonghyun udah sering cerita, gausah dikenalin," kata jieun santai, ngelepasin pelukannya. alin langsung salim ke jieun, masih senyum.


"alin," kata alin, jieun ngangguk. "tunggu aja, tante masak dulu ya," kata jieun. jonghyun cuman diem, ngeliat jieun sama alin berdiri berhadapan bikin jonghyun sadar sama satu hal,



alin sam jieun keliatan mirip. ngga, bukan mirip mukanya. tapi dari tinggi sampe ke postur tubuh bener bener mirip. ini kalo jieun sama alin berdiri sampingan kayaknya jonghyun gaakan bisa bedain dari belakang.


"mau masak apa tante?" tanya alin, jieun noleh ke belakang, nunjuk meja di dapur. "yang ada di kulkas aja, jonghyun jarang masak," kata jieun.


"mau bantu lin?" tanya jieun, alin reflek ngangguk. "boleh tante?" tanya alin. "boleh lah, udah sini ayok masuk. biar jonghyun jagain anak anak aja," ajak jieun, narik tangannya alin buat masuk dapur.


jonghyun ngehela nafas, tanpa ngomong sepatah katapun langsung keluar dari dapur, nyamperin haknyeon yang lagi nonton di ruang tengah.



"mamah mana pah?"

"lagi masak sama nenek, doain aja ngga pingsan gara gara nenek banyak ngomong kak,"






















dan disini lah tes nya mamah jieun dimulai. iya, tes liat apakah alin masuk kriteria calon menantunya mamah jieun atau ngga.



kayak sekarang, alin disuruh bersihin udang sama jieun. jieun cuman mau liat, alin termasuk orang yang gampang jijik atau ngga.


jieun gamau punya menantu yang menye menye alias dikit dikit geli dikit dikit jijik megang sesuatu. apalagi udang makanan kesukaan haknyeon.



tapi ternyata ngga, alin langsung ngelakuin apa yang jieun suruh, tanpa pertanyaan lebih lanjut bahkan, alin cuman sesekali nanya tentang jieun.




yang kedua, jieun ngga suka sama perempuan yang terlalu berlebih nanya tentang jonghyun, bahkan nanya tentang keadaan keluarga nya jonghyun.



tapi disini, alin cuman nanya sekedarnya, kayak sejak kapan jieun datang, kapan pulang, gimana di perjalanan dan kawan kawannya.





"tante, udang udah bersih. ada yang bisa alin bantu lagi?" tanya alin, jieun diem sebentar, bingung. "apa ya lin, bentar tante pikir dulu," jawab jieun, sambil mikir.



ngga, sebenernya jieun ngga bingung beneran. jieun cuman mau liat gimana alin di dapur, apakah alin bakal masak sambil beresin sampah sampahnya atau ngga.


ketiga, jieun ngga mau punya menantu jorok. menantu yang masak sambil biarin sampah sampah berserakan.


jieun diem, sesekali ngelirik alin yang masih masukin kulit udang ke kantung plastik kecil, ngga lupa bersihin wastafelnya juga cuci tangan.



"alin bikin salad buah aja deh eh, gimana lin?" tanya jieun. alin langsung ngangguk. "mas jonghyun suka ya tante?" tanya alin.

"suka, banget malah," jawab jieun, bohong. jonghyun itu paling susah disuruh makan buah, dan jieun cuman pengen liat gimana cara alin motong buah buahnya.




keempat, jieun ngga mau punya menantu yang ngga bisa kupas buah dengan baik, bahkan kulitnya sampe berceceran kemana mana, jieun ngga suka.



tapi alin, ngupas buah dengan santai, bahkan masih bisa noleh buat ngeliat jieun lagi apa, masih bisa jawab pertanyaan pertanyaan pertanyaannya jieun.



"sering masak lin?" tanya jieun akhirnya. alin cuman senyum kecil, ngangguk. "dirumah perempuan cuman alin aja," jawab alin.


"oh, sama siapa lin?" tanya jieun. "sama kakak kedua, tapi istrinya kerja di luar kota tante," jawab alin, masih fokus ngupas buahnya.



kelima dan terakhir, jieun harus tau latar belakang calon menantunya.



"beda rumah sama orang tua?" tanya jieun, alin ngangguk. "iya tante," jawab alin. jieun diem, masih punya pertanyaan pertanyaan lain.


"papah kerja apa lin?" tanya jieun. tapi, alin malah tiba tiba diem, bahkan ngurusin salad buah nya pun ikut berhenti, bikin jieun bingung.


"kenapa?" tanya jieun. alin langsung geleng geleng, senyum. "gapapa tante," jawab alin, diem sebentar. "papah ngga kerja," jawab alin pelan, jieun ngangguk.



"mamah yang kerja?" tanya jieun, alin cuman ngangguk kecil, ngga ngeliat ke jieun sama sekali, bikin jieun bingung.


gelagat alin tiba tiba berubah, bikin jieun sadar kalo ada sesuatu yang tiba tiba bikin alin awkward.


"kalo papah sebelumnya kerja apa?" tanya jieun lagi, alin diem sebentar, pura pura sibuk rapihin sisa sisa kulit buah yang masih ada di meja.


"direktur tante....." jawab alin pelan, "wah, sekarang pensiun gitu? perusahaan apa?" tanya jieun, alin diem, ragu harus jawab jujur atau ngga.


"Alin?" tanya jieun, alin langsung ngehela nafas, merem. "choi company tante," jawab alin pelan. jieun langsung melotot, ngeliatin alin kaget.








"kamu...... anaknya choi seunghyun?"



lin, ngga yakin kamu bakal lolos kriteria kelima atau ngga, mukanya jieun langsung berubah ekspresinya.

dosen - kim jonghyunTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang