Seminggu berlalu setelah konflik kecil itu.
Gue udah jarang kontak sama kak June karena laporan dia yang katanya numpuk dan udah deket deadline, gue percaya aja karena bentar lagi juga UAS. Jadinya sebagai tumbal gue yang harus sukarela dia kacangin.
Dan tentu saja dia ngerjainnya sama si cewek berambut cokelat yang jujur saja buat gue jadi khawatir dengan seringnya kak June ketemu Rose itu bakal buat dia ada rasa sama itu cewek. Bukankah kata orang Jawa, trisno jalaran soko kulino?
Tapi, gue juga harus percaya sama kak June. Percaya kalo hati dia udah ada buat gue sepenuhnya dan gak ada lagi ruang di hati kak June buat Rose.
Huh.
Mikirin itu ngebuat gue sedikit lelah dan memilih untuk membaringkan tubuh gue pada ranjang tersayang.
.
Dari sepuluh menit yang lalu sampe sekarang ini gue lagi nemenin Jeno yang lagi milih baju yang mau dia kadoin buat ponakannya dan ngeselinnya belum juga nemu yang cocok sedangkan gue udah mulai bosen.
"Jen, gue mau cari makan dulu ya. Chat kalo udah selesai"
Jeno noleh lalu senyum sambil anggukin kepalanya.
Setelahnya gue keluar dari toko itu. Gue sendiri gak tau mau kemana karena 'cari makan' cuma sebatas alasan. Hingga akhirnya gue memilih duduk duduk aja di kursi yang ada deket timezone, liat orang-orang main di sana.
Tapi lama kelamaan buat gue kembali merasa bosen. Kepala gue lantas noleh liat sekitar dan kebetulan banget bola mata gue langsung terfokus pada sosok perempuan yang terbilang masih cantik di usianya yang tak lagi muda yang lagi berdiri di depan toko perhiasan. Kedua sudut bibir gue tertarik berakhir membentuk sebuah senyuman. Secara reflek juga gue langsung berdiri dan berjalan deketin perempuan itu.
"Mami" panggil gue dengan ceria. Iya, perempuan itu maminya kak June yang udah cukup lama gue gak ketemu sama beliau.
Mami menoleh dan ada keterkejutan saat tau siapa yang manggil, namun beberapa detik kemudian senyum terlihat di bibirnya.
"Eh Alva. Lagi ngapain? Sama siapa?" tanyanya beruntun setelah gue mencium tangannya. Hehe pencitraan dikit depan calon mertua.
Tapi, pas dia panggil nama gue kok gue ngerasa kurang ya? Kemana panggilan 'calon mantu' yang biasa mami ucapin buat nyapa gue?
Yaudahlah, positif thinking aja. Mungkin karena ditempat umum.
"Nunggu temen belanja mih. Mami sama kak June?" tanya gue masih dengan senyuman. Bola mata gue kemudian gerak kemana-mana cari cowok yang mungkin aja ada sekitar situ. Dan bingo!
"Lagi cari kalung dia" jawab mami sambil liat kedalam toko dan arahin bola matanya ke arah cowok jangkung yang emang berdiri di depan lemari kaca yang berisi kalung.
Jujur aja gue udah kepedean kalo kak June beliin itu buat gue, ya secara dua minggu lagi anniv ke empat tahun hubungan kita, bisa aja kan itu sebagai hadiah? Kemudian bibir gue sedikit melengkung hingga bentuk senyuman tipis. Otak gue semakin mikir kemana-mana, gimana kalo kalung itu juga tanda sebagai lamaran?
"Kabar kamu baik kan?"
Suara mami buat gue alihin mata dari sosok kak June lalu gue menganggukkan kepala sebagai jawaban.
"Mami juga baik kan?" tanya gue balik dan mami menganggukkan kepalanya sambil senyum yang buat gue ikut lebarin senyuman di bibir gue.
Beberapa saat hening. Gue kembali liat kak June yang masih aja sibuk milih kalung. Di depannya, gue liat mbak mbak yang kerja di sana pasang wajah yang lumayan kesel mungkin karena kak June yang kebanyakan milih tapi gak ada yang jadi pilihannya.
KAMU SEDANG MEMBACA
hawt kakel - june [✔]
Short StoryCuma karena satu permen kino duren, gue langsung jatuh cinta.