Istiqomah dalam Berjilbab

1.1K 72 0
                                    

Dulu, aku sama sekali tidak menyukai gamis. Tak ada satupun gamis di lemariku. Kataku, gamis seperti ibu-ibu dan aku anggap jeans itu kekinian dan modern. Tapi, keadaan berbalik. Sekarang, aku justru nyaman menggunakan gamis. Pakaian yang kuanggap seperti ibu-ibu. Pakaian yang menurutku kuno ternyata lebih menjagaku dan aku baru sadar perihal "berpakaian tapi telanjang." Bagaimana aku tidak semakin jatuh cinta pada Islam? Agama sempurna dan yang mengubah masa lalu kelam akan perempuan di masa jahiliyah menjadi SANGAT DIMULIAKAN termasuk soal tata cara berpakaian 💞 .

Ada fase dimana nyatanya aku tak mengerti untuk siapa aku berhijab, yang kutahu rambut itu aurat dan aku harus menutupnya dengan hijab. .

Dan sampai pada titik dimana aku merasa. "Kok capek, lelah, ya." (tentang pakaian dan cara busanaku.) .

Allah akhirnya menghadapkanku pada kejadian yang cukup membuatku jatuh saat itu hingga dari situ aku menemukan jawaban atas perasaan lelahku, bukan hanya perihal pakaian tapi tentang banyak hal :')
.
Aku capek, karena aku tak tahu untuk dan karena siapa aku berhijab.
Selama aku berhijab, ternyata yang kucari hanya penilaian dan pandangan manusia, modisnya, modernnya, kerennya. Namun, soal SYARIAT tak terlintas dipikiranku. .

Perlahan aku mulai memahami, aku tahu sekarang aku berhijab untuk Allah, aku berhijab karena Allah. Aku belajar menyederhanakan dan menyempurnakan pakaianku karena Dia.
Cukup, penilaian Allah.
Cukup, pandangan Allah.
Cukup, cantik di mata Allah. 😊
.
Islam tidak menyukai yang berlebih-lebihan. Islam menyukai keindahan, keindahan yang sekaligus menjaga. .

Nah, kamu mau dikatain apapun. Ibu-ibu, ustadzah, bu haji atau bahkan sindiran cacian yang menusuk ulu hati. Tapi, selagi untuk Allah, InsyaAllah kita tak akan mudah goyah.
Balik lagi, pokoknya yang utama pandangan Allah bukan manusia :)
.
Setelah berhijab ada tugas yang sering dikaitkan-kaitkan dengan hijab. Yaitu: AKHLAK. .

Berhijab adalah perjuangan.
Perjuangan untuk istiqomah hingga akhir hidup.
Perjuangan untuk menyelaraskan pakaian dengan akhlak.
Menjadi baik adalah proses sepanjang hayat💙
.
.
Kontribusi oleh @shanumftm

#duniajilbab

Renungan Remaja IslamTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang