Berfirman الله سبحانه و تعالى :
ان السمع والبصر والفؤاد كل اولئك كان عنه مسؤولا"Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati nurani, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya" (al-isra:36)
Hati ibarat raja yang mengatur seluruh pasukan bagi seluruh anggota tubuh. Tindakan yang dilakukan seluruh anggota tubuh berasal dari perintahnya. Hati mempergunakan mereka sekehendaknya. Mereka berada dibawah perbudakan dan kekuasaannya. Istiqomah dan menyimpannya mereka ditentukan olehnya. Mereka mengikuti ketetapan serta keputusannya
Itulah alasan kenapa Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda, "ketahuilah bahwa di dalam tubuh terdapat segumpal daging yang jika ia baik, maka baiklah seluruh tubuh. Apabila ia rusak, maka rusaklah seluruh tubuh. Ketahuilah dia adalah hati."(muttafaqun alaih)
Hati adalah raja bagi tubuh seluruh anggota tubuh. Melaksanakan perintahnya dan menerima petunjuk yang disampaikannya. Tidak ada satupun amalan anggota tubuh yang terlaksana tanpa adanya maksud dan niat. Hati bertanggung jawab terhadap seluruh anggota tubuh karena setiap pemimpin bertanggung jawab terhadap semua yang ia pimpin. Untuk itu, perhatian untuk mengoreksi dan meluruskan hati lebih utama untuk dijadikan pijakan bagi para penitii jalan akhirat. Memperhatikan dan mengobati segala penyakit hati adalah hal yang paling penting yang dilakukan para ahli ibadah.
Doa meminta hati yang bertakwa
يا مقلب القلوب ثبت قلبي على دينك
"Wahai Dzat yang Maha Membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku diatas agama-Mu"
(HR At-tirmidzi dan Ahmad, shahih)اللهم مصرف القلوب صرف قلوبنا على طاعتك
"Ya Allah, Dzat Yang Mengarahkan hati, arahkanlah hati-hati kami untuk selalu taat kepada-Mu"
(HR. Muslim)Doa perlindungan agar hati tidak disesatkan
ربنا لا تزغ قلوبنا بعد اذ هديتنا وهب لنا من لدنك رحمه انك انت الوهاب
"Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri kami petunjuk dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; sesungguhnya Engkaulah yang Maha Pemberi" (Ali Imron:8)
Referensi: تزكيه النفوس وتربيتها كما يقرره علماء السنه في ابن رجب الحنبل ابن القيم ابو حامد الغزالي
____________________
Udrussunnah AkhawatLine@ ID : @itj1762s
Instagram : udrussakhwat
Facebook : Udrussunnah Akhawat
https://line.me/R/ti/p/%40itj1762sN/A : Bagi kalian yang nemu work saya ini. Mohon di baca, di pahami, dan kalau perlu di amalkan supaya bisa jadi pahala untuk kita semua😊 Sungguh saya nggak minta kalian Bom Vote, untuk apa dih kalian bom vote tanpa membaca? Tanpa memahami? Nggak ada faedahnya sama sekali.
Kecuali ini karya asli saya. Saya 'kan buat work ini hanya untuk mengamalkan, dan menambah ilmu buat saya dan buat kalian yang membaca😉😉😉
Terima kasih. Salam,
Risa.
KAMU SEDANG MEMBACA
Renungan Remaja Islam
EspiritualTentang hal-hal renungan untuk para remaja islam dan untuk semua orang juga, diambil dari berbagai sumber, jadi ini bukan buatan aku sendiri yaaa. Semoga bermanfaat. Dan mari berhijrah! Menjadi lebih baik!