Apakah kamu pernah melihat orang-orang yang diberikan oleh Allah harta yang berlimpah namun enggan beribadah kepada Allah? Perlu kamu ketahui orang orang yang diberikan oleh Allah harta yang berlimpah, namu tidak mau beribadah kepada Allah itu namanya Istidraj .
Apakah kamu tau apa Istidraj itu? Istidraj adalah suatu jebakan dimana seseorang diberikan oleh Allah berupa rezeki yang melimpah padahal ia selalu meninggalkan perintah Allah.
Allah sengaja membiarkan pelaku Istidraj,
1. Ia dengan sengaja meninggalkan perintah shalat.
2. Ia dengan sengaja meninggalkan perintah puasa.
3. Saat ia berbuat maksiat dan membuka aurat, ia merasa tidak berdosa.
4. Hatinya sangat berat untuk bershadaqah.
5. Merasa bangga dengan apa yang ia miliki saat ini.
6. Mengabaikan perintah Allah dan mendekati larangannya.
7. Ia menganggap mudah semua perintah Allah, namun ia tidak mengerjakannya
8. Ia selalu menunda-nunda untuk bertobat dan ia merasa bahwa umurnya akan panjang
9. Ia lupa dengan kematian.
Tapi Allah selalu memberikannya:
1. Rezeki yang banyak.
2. Kesenangan yang tiada habisnya.
3. Ia selalu mendapatkan pujian dari orang-orang.
4. Allah selalu memberikannya kesehatan.
5. Tidak pernah Allah berikan kepadanya musibah.
6. Hidupnya selalu aman dan nyaman
Berhati-hatilah, itu semua adalah Istidraj. Semua itu Dia lakukan dengan sengaja hanya untuk melihat apakah hambaNya akan selalu bersyukur dan menjalankan perintahNya ketika ia di berikan kesenangan. Banyak diantara kita yang jika diberikan oleh Allah kesenangan tapi ia malah lupa untuk bersyukur menjalankan perintahNya.Jika kamu diberi Allah kesenangan jangan bahagia terlebih dahulu, bisa jadi itu adalah cara Allah untuk menguji keimanan kita. Bila semua kesenangan yang Allah berikan kepada kita membuat kita semakin jauh dari Allah, maka tunggu saja azab Allah itu pasti.
Dari Ubah bin Amir radhiallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
Semoga kita semua dijauhkan dari sifat Istidraj ini dan semoga kita menjadi hamba yang senantiasa bersyukur. Ingatlah dunia ini hanyalah sementara, jangan sampai karena nikmat dan rezeki yang Allah ‘Azza wa Jalla berikan kepada kita membuat kita lupa untuk beribadah dan selalu bersyukur kepadanya.
Penulis : MUHAMMAD NUR ARDI HANDAYAT
Sumber : http://www.dakwahjomblo.com/id/1848-tahukah-kamu-apa-itu-istidraj-dan-bahaya-istidraj dinukil pada jam 2:18, 9 September 2016.
KAMU SEDANG MEMBACA
Renungan Remaja Islam
SpiritualTentang hal-hal renungan untuk para remaja islam dan untuk semua orang juga, diambil dari berbagai sumber, jadi ini bukan buatan aku sendiri yaaa. Semoga bermanfaat. Dan mari berhijrah! Menjadi lebih baik!