DOA
• Allah Ta'ala mengatakan,
.
ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ .
.
"Berdoalah kepada-Ku, Aku akan mengabulkannya untuk kalian."(QS Ghafir: 60).”
.
▶️ Jika kita telah banyak menengadahkan tangan untuk berdoa kepada Allah dengan sungguh-sungguh tetapi ternyata Allah subhanahu wa ta’ala tidak atau belum mengabulkan doa, maka sabarlah wahai Saudaraku. Sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
.
“Tidak ada seorang pun yang berdoa dengan sebuah doa kecuali Allah akan mengabulkan apa yang dimintanya atau memalingkannya dari keburukan yang semisalnya, selama dia tidak berdoa yang mengandung dosa atau pemutusan silaturahmi”.
📚 [HR At-Tirmidzi no. 338. Dihasankan oleh Syaikh Al-Albani].
.
.
مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَدْعُو بِدَعْوَةٍ لَيْسَ فِيهَا إِثْمٌ ، وَلاَ قَطِيعَةُ رَحِمٍ ، إِلاَّ أَعْطَاهُ اللَّهُ بِهَا إِحْدَى ثَلاَثٍ : إِمَّا أَنْ تُعَجَّلَ لَهُ دَعْوَتُهُ ، وَإِمَّا أَنْ يَدَّخِرَهَا لَهُ فِي الآخِرَةِ ، وَإِمَّا أَنْ يَصْرِفَ عَنْهُ مِنَ السُّوءِ مِثْلَهَا قَالُوا : إِذًا نُكْثِرُ ، قَالَ : اللَّهُ أَكْثَرُ .
.
“Tidak ada seorang muslim pun yang berdoa dengan sebuah doa yang tidak terkandung di dalamnya dosa dan pemutusan silaturahmi, kecuali Allah akan memberikannya salah satu dari ketiga hal berikut: Allah akan mengabulkannya dengan segera, mengakhirkan untuknya di akhirat atau memalingkannya dari keburukan yang semisalnya.
Para sahabat berkata, “Kalau begitu kami akan memperbanyak doa kami.” Beliau berkata, “Allah lebih banyak lagi.”
📚 [HR Ahmad 11133 dari Abu Said Al-Khudri].
.
🔘 Dari kedua hadits di atas kita dapat memahami bahwa seseorang yang telah benar-benar melaksanakan sebab-sebab dikabulkannya doa, insya Allah doanya akan dikabulkan oleh Allah. Jika tidak dikabulkan, maka akan diakhirkan atau diberikan kebaikan oleh Allah di hari kiamat atau Allah akan sengaja tidak mengabulkan doanya di dunia agar dia terhindar dari akibat buruk apabila doa tersebut dikabulkan dan Allah memalingkannya kepada sesuatu yang lebih baik dari apa yang dia minta.#dakwahislamid
PS:
Haloo, aku arisa. Maaf jarang update, karena sibuk nulis untuk platfrom sebelah, juga sibuk nulis novel baru, dari sibuk kerja diluar.
Intinya aku sibukkk :"
Berhubung besok lebaran. Saya minta maaf jika ada sala-salah kata dan perbuatan buruk saya yang tidak di sengaja atau di sengaja.
Terimakasih.
Salam,
Arisa
KAMU SEDANG MEMBACA
Renungan Remaja Islam
SpiritualitéTentang hal-hal renungan untuk para remaja islam dan untuk semua orang juga, diambil dari berbagai sumber, jadi ini bukan buatan aku sendiri yaaa. Semoga bermanfaat. Dan mari berhijrah! Menjadi lebih baik!