Diutusnya Nabi yang ummi dan berbangsa Arab, pemberi kabar gembira dan pemberi peringatan. Beliau akan menjadi saksi untuk amalan mereka (Manusia) . Bersyukurlah kepada Allah dan laksanakanlah ketaatan-ketaatan. Jangan sampai kalian kafir dan mengingkari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ingatlah Fir’aun diberikan peringatan lewat Nabi Musa bin ‘Imran. Musa mengajak Fir’aun kepada Allah. Musa memerintahkan untuk mentauhidkan Allah, namun Fir’aun enggan untuk menaatinya, ia mendurhakai Musa. Karena kedurhakaan Fir’aun, ia mendapatkan siksa yang berat. Demikian penjelasan Syaikh As-Sa’di rahimahullah dalam kitab tafsirnya.
.
Ibnu Katsir rahimahullah mengatakan, “Jangan sampai kalian mendustakan para rasul. Nantinya kalian akan ditimpa musibah seperti yang menimpa Fir’aun. … Kalian (umat Islam) lebih pantas untuk binasa dan hancur ketika mendustakan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam karena beliau lebih utama dibanding Musa bin ‘Imran.” Demikian diriwayatkan oleh Ibnu ‘Abbas dan Mujahid sebagaimana disebutkan dalam Tafsir Al-Qur’an Al-‘Azhim karya Ibnu Katsir rahimahullah.
.
Jadi wajib bagi kita untuk ta'at dan tunduk ketika datang kepada kita Firman Allah dan Hadist-hadist Nabi tentunya memahaminya dengan pemahaman salaf bukan dengan hawa nafsu dan akal diri sendiri.
.
Allah ta’ala juga berfirman yang artinya, “Sesungguhnya ucapan orang-orang yang beriman apabila diajak untuk kembali kepada Allah dan Rasul-Nya agar Rasul itu memberikan keputusan hukum di antara mereka hanyalah dengan mengatakan, “Kami mendengar dan kami taat”. Dan hanya merekalah orang-orang yang berbahagia.” (QS. An Nuur [24]: 51)
.
Syaikh Abdurrahman bin Naashir As Sa’di rahimahullah menjelaskan bahwa sesungguhnya sifat orang yang benar-benar beriman (yaitu yang imannya dibuktikan dengan amalan) apabila diajak untuk kembali kepada Allah dan Rasul-Nya supaya Rasul memberikan keputusan di antara mereka niscaya mereka akan mengatakan, “Kami dengar dan kami taati”.
.
.
Kontribusi oleh @ruang.sunnah#duniajilbab
KAMU SEDANG MEMBACA
Renungan Remaja Islam
SpirituellesTentang hal-hal renungan untuk para remaja islam dan untuk semua orang juga, diambil dari berbagai sumber, jadi ini bukan buatan aku sendiri yaaa. Semoga bermanfaat. Dan mari berhijrah! Menjadi lebih baik!