Pesan Cantik Menjelang Tahun Politik

1K 41 0
                                    

Tahun politik sering banget menimbulkan konflik. Gara-gara ini lah, itu lah.. hasilnya macem-macem, mulai dari yang sebel sama temen sendiri gara-gara enggak satu pilihan, sampai banyak yang ga peduli lagi sama proses politik di negeri kita tercinta ini. Padahal peduli sama politik berarti peduli sama nasib bangsa kita juga loh.
Nahh, menjelang tahun politik yang sebentar lagi, akang punya pesan buat sobat-sobat semua,

Pertama, Jangan putus persaudaraan
Pilihan boleh beda, tapi kita tetap satu saudara. Sayang banget kalau hati diisi sama benci, ditebak oleh jarak atau dipendam oleh dendam. Politik jangan jadi alasan kita gak mau lagi temenan sama yang beda pilihan. Ingat yuk sabda Rasulullah SAW:

“Seorang Muslim adalah saudara bagi Muslim lainnya. Ia tidak boleh menzaliminya, merendahkannya dan tidak pula meremehkannya. Taqwa adalah di sini. – Beliau menunjuk dadanya sampai tiga kali-. (kemudian beliau bersabda lagi:) Cukuplah seseorang dikatakan buruk bila meremehkan saudaranya sesama muslim. Seorang Muslim terhadap Muslim lain; haram darahnya, kehormatannya dan hartanya.” [HR. Muslim]

Kedua, Tabayyun.
Jaman sekarang yang susah itu bukan cari informasi, tapi memilah informasi. Hati-hati ya sobat, segala bentuk pesan kampanye gak bisa kita telan langsung mentah-mentah, ayo belajar tabayyun dengan mencari informasi lebih sebuah isi berita. Waspadalah, karena pesan-pesan bernada kebencian, hoax dan fitnah bertebaran dimana-mana. Kuy tangkis! Jangan sampai kita ikut-ikutan sebarin berita hoax, karena..

“Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti, agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu”. [Al Hujurat : 6].

Ketiga, do’akan.
Siapapun yang bersedia menjadi pemimpin bagi negeri ini, mereka adalah orang-orang terbaik yang harus kita dukung dan do’akan. Mereka rela mewakafkan dirinya untuk mengabdi dan melayani kita sebagai rakyat Indonesia. Daripada mencela dan menghamburkan energi, mending do’akan yuk!

“Ya Allah, jadikanlah pemimpin kami orang yang baik. Berikanlah taufik kepada mereka untuk melaksanakan perkara terbaik bagi diri mereka, bagi Islam, dan kaum muslimin. Ya Allah, bantulah mereka untuk menunaikan tugasnya, sebagaimana yang Engkau perintahkan, wahai Rabb semesta alam. Ya Allah, jauhkanlah mereka dari teman dekat yang jelek dan teman yang merusak. Juga dekatkanlah orang-orang yang baik dan pemberi nasihat yang baik kepada mereka, wahai Rabb semesta alam. Ya Allah, jadikanlah pemimpin kaum muslimin sebagai orang yang baik, di mana pun mereka berada.”

Sobat akang punya pesan juga? Yuk sampaikan di bawah!
-rfy

#Islamify #NasehatIslam #KajianIslam

Renungan Remaja IslamTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang