Mari Selalu Berkata Jujur

601 26 0
                                    

Tahukah kalian apa arti jujur? Jujur adalah kesesuaian sikap antara perkataan dan perbuatan yang sebenarnya. Kejujuran sangat erat kaitannya dengan hati nurani. Hati nurani adalah sesuatu yang murni dan suci, yang selalu mengajak kita kepada kebaikan dan kejujuran. Namun, kadang kita tidak mengikuti apa kata hati nurani. Bila kita melakukan sesuatu yang tidak sesuai dengan hati nurani, maka itulah yang disebut bohong atau dusta.
.
Kejujuran itu penting. Berani jujur itu hebat. Agar tidak ada yang dirugikan, didzolimi, dan dicurangi, kita harus jujur. Jadi, untuk kehidupan yang lebih baik kuncinya adalah kejujuran.
.
Dari Abdullah ibn Mas'ud r.a., bahwa Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda, "Sesungguhnya jujur itu membawa kepada kebaikan dan kebaikan itu membawa ke syurga.." (H.R. BUKHARI).
.
Ada ungkapan mengatakan "Kejujuran itu mahal". Ya, kejujuran itu memang mahal karena berkata jujur itu kadang sangat berat. Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam telah memberi contoh nyata kepada kita. Pada masa jahiliyah sangat sulit mencari orang jujur. Dengan kejujuran Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam menjadi orang yang paling terpercaya. Beliau mendapat gelar Al-'Amin (dapat dipercaya) dari bangsa Quraisy.
.
Kejujuran berbuah kepercayaan, sebaliknya dusta menjadikan orang lain tidak percaya. Jujur membuat hati kita tenang, sedangkan bohong membuat hati kita menjadi was-was.
.
Jadi, mulai sekarang marilah berperilaku jujur agar segala urusan dimudahkan oleh Allah, dan dipercaya oleh manusia ^^
.
Barakallaahu fiikum 🌹
.
.
Kontribusi oleh @diary.anti

#duniajilbab

Renungan Remaja IslamTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang