usahanya untuk merajut kembali hubungan yang retak

3.7K 557 99
                                    

"Gue gak minta lo dateng ke kantor buat duduk ngelamun doang sepanjang hari." Tegur Petro dengan bertolak pinggang di depan meja Ilman.

Sekarang masih jam kerja, setelah tadi selesai istirahat makan siang. Dan Ilman membuang waktu makan siang tersebut hanya dengan meminum teh hangat—meratapi nasib.

Waktu untuk pulang pun masih terbilang lama. Kerjaan Ilman hari ini bahkan belum disentuhnya. Untung saja si 'Pak Bos' pengertian, kecuali jika ada si 'Capung' yang datang untuk inspeksi.

Masih ingat dengan 'Capung' itu, kan?

"Gue boleh ijin pulang, nggak?" Ucap Ilman.

Petro menghelan napasnya. "Kenapa gak dari tadi lo ngomong? Kenapa juga harus dateng ke kantor, kalo lo-nya juga lagi linglung begini?"

"Yang penting gue udah absen, Pe."

"Lo pikir ini kampus? Dateng cuma buat absen doang." Kesal Petro. "Balik deh lo, tapi kalo besok lo masih begini gue gak bisa baik-baik, Man."

"Sorry, Pe. Gue balik ya." Dengan lemas dan bahu yang turun, Ilman meninggalkan kantor.

Dari bilik yang lain, Barnes mendesis memanggil Petro. Dia agak penasaran juga dengan Ilman, namun tidak ingin mendekatinya karena takut dicakar.

Ilman yang sedang dalam kondisi seperti itu, jika diganggu bukannya malah membaik—tapi justru emosinya akan naik dengan drastis.

"Lanjut kerja deh lo. Kepo aja urusan orang." Suruh Petro.

"Yailah, kan siapa tau gue bisa bantu."

"Orang yang curhat sama lo gak bakal dapet solusi, makin mumet yang ada. Lagian gue juga gak tau kenapa sama tuh anak."

Barnes mengerut. "Berantem kali sama Arik. Soalnya semalem mereka ketemu."

Merasa ada yang menarik, Petro malah menghampiri meja Barnes. Menarik kursi kosong dan dengan wajah penasaran meminta Barnes melanjutkan.

"Tai emang, lagaknya aja gak mau tau urusan orang. Taunya macem emak-emak komplek lo." Sindir Barnes.

"Ya siapa tau kita bisa bantu nanti."

"Berak lo." Ucap Barnes. "Pokoknya semalem kita ngeliat si Arik di warung yang jadi pangkalan anak sekolah gitu. Nah, si Ilman sempet keliatan ragu tuh mau nyamperin apa nggak-"

"Kita pulang kan sampe mall mau tutup, Nes. Si Arik masih nongkrong jam segitu?"

"Emang biasanya tuh anak balik jam berapa kalo abis nongkrong?" Tanya Barnes.

"Paling ngaret ya abis magrib, tuh anak kalo mau balik malem banget pasti bilang." Terang Petro.

"Mungkin dia udah bilang ke orang tuanya."

"Maksudnya, dia pasti bilang gue. Soalnya orang tuanya tuh tipe orang yang tidur cepet. Kalo Arik bilang ke mereka bakal balik malem pasti gak bakal tau juga. Jadi mereka nitipin Arik ke gue."

Sudah sedekat itu hubungan Petro dan Arik. Mereka sering menghabiskan waktu bersama, bermain PS atau berbicara soal otomotif. Tapi Arik sendiri tidak pernah cerita soal hal yang pribadi, makanya Petro masih merasa ada jarak yang masih terasa padanya.

Begitulah Arik, dia membiarkan orang mengenalnya dengan baik. Namun selalu ada pintu yang tertutup dan tidak bisa dimasuki oleh siapa pun.

"Kalian udah kaya kakak adek beneran, tapi lo sendiri belum paham banget sama dia ya?" Petro mengiyakan pertanyaan Barnes lewat sorot matanya. "Gimana sama si Ilman, dia kan labil kaya anak gadis, ditambah ketemu Arik yang orangnya menutup diri."

Unforgettable, every second of itTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang