FULL SPOILER!!!!
Tahun Terbit: 2007
Banyaknya Halaman: 335 Halaman (paperback)
"Dear John," the letter read. And with those two wrods, a heart was broken and two lives changed forever.
When Savannah Lynn Curtis comes into his life, John Tyree knows he is ready to turn over a new leaf. An angry rebel, he had enlisted in the army after high school, not knowing what else to do. Then, during a furlough he meet Savannah, the girl of his dreams. The attraction is mutual and quickly grows into the kind of love that leaves Savannah vowing to wait for John while he finishes his tour of duty. But neither can foresee that 9/11 is about to change the world. Like so many proud me and women, John must choose between love and ocuntry. Now, when he finally returns to North Carolina, John will discover how love can transform us in ways we never could have imagined.
Pertama, gue dikasih recommended dari Kak Yeni tentang film ini. Ternyata yang main Channing Tatum, ganteng ey ey! Mulai jatuh cinta sama film ini dari awal si John ketika si John ngambil tas Savannah. Lalu, gue di kasih tau sama Quinta kalau ada toko buku Kinokuniya dulu gue tau ini toko buku tapi nyebut namanya susah. Katanya disitu ada buku Dear John, ya udah gue ngajak Bokap Nyokap ke Kinokuniya di PIM dan ketemu deh Dear John cover lama!
Beriksah tentang si John Tyree, Tentara pasukan khusus Amerika yang bertemu dengan Savannah Curtis di masa liburan John. John yang dengan gagahnya menolong Savannah mengambil tasnya yang terjatuh didalam laut. Mereka yang baru bertemu, Savannah suka sama John, Johnpun begitu.
Temannya Savannah, Tim, mempunyai adik yang Autis. Cita-cita Savannah adalah membuka Camping kuda untuk anak-anak yang autis.
Dengan berjalannya waktu, Savannah minta John buat ketemuin dia dengan papanya John. Tapi mengingat John tidak berhubungan baik dengan papanya, John menolaknya. Savannah tetap bersikeras untuk menemui papanya John. Akhirnya, John mengizinkan Savannah melihat papanya John.
Savannah dan papanya John cepat akrab, Savannah menanyakan tentang koin-koin yang dirawat, dan dikoleksinya itu. Suatu hari, ketika Savannah ingin ditinggal oleh John, Savannah berkata kepada John kalau papanya John terkena semacam Autis. John tidak terima dan marah. John sadar kalau perbuatannya itu buruk, dan John menghampiri Savannah untuk meminta maaf.
Hari telah berlalu dengan cepat, tak terasa John sudah harus pergi meninggalkan Savannah untuk berbulan-bulan.
Mereka tetap bersurat-suratan. Disalah satu suratnya, Savannah mengatakan, "I love you, John Tyree, and I’m going to hold you to promise you once made to me. If you come back, I’ll marry you. If you break your promise, you’ll break my heart," begitulah kira-kira isi surat dari Savannah.
Mereka tetap bersurat-suratan, kadang John pulang untuk menemui Savannah. Sampai suatu hari, Savannah tidak mengirimkannya surat. Surat terburuk yang John terima dari Savannah kala itu, Savannah bilang kalau dia tidak bisa begini terus, dan akhirnya memutuskan John kala itu. Savannah menikah.
John terus-terusan memperpanjang kerjanya di tentara, tidak ingin terpikirkan oleh Savannah yang sudah menikah. Suatu saat, John mendapat kabar kalau Ayahnya sedang sakit dan kena serangan jantung untuk kedua kalinya. John segera pulang dan menemui ayahnya, meminta maaf atas segala perlakuannya kepada ayahnya. Sewaktu remaja, John sering membentak ayahnya.
Setelah pemakaman ayahnya, John ke tempat Savannah, dan menemuinya.
"Kenapa kau kesini, John?" tanya Savannah.
"Karena aku tidak tahu kemana lagi tempat yang akan kutuju, Savannah," kira-kira begitulah percakapan John dan Savannah.
Siapa yang dinikahi oleh Savannah? Kenapa Savannah memilih untuk meninggalkannya. Buku ini lumayan mahal sih ya, bisa ditemuin di Books and Beyond ato gak Kinokuniya Pim, GI, sama PS. Harganya kira-kira 100 ribu rupiah lebih.
KAMU SEDANG MEMBACA
Book Review(s)
Non-FictionCopyright 2014. Tentang setumpuk buku-buku yang pernah gue baca.