Gue di rumah tuh sebenarnya buat istirahat sekalian perbaikan gizi. Maklum gue anak rantau, jadi makannya nggak pernah bener. Apalagi kalau udah minggu-minggu ujian, makan nggak benar, tidur juga nggak benar. Kalau ujian, gue biasanya nggak tidur selama 2 minggu. Sekalinya tidur ya paling mentok hanga 3-4 jam. Karena gue merasa tidur gue sendiri pun nggak nyenyak.
Tapi nyatanya nggak begitu. Gue di rumah ngurusin semua pekerjaan rumah, nggak apa-apa sih. Gue sukarela kok, lagian udah biasa juga ngebantuin orangtua gue kalau di rumah. Gue biasanya megang cucian satu keluarga, ngepel, nyapu, dan nyetrika. Kalau urusan masak, biar nyokap aja yang turun tangan.
Setelah kejadian semalam tentang gue yang menolak mentah-mentah tawaran nyokap buat dijodohin sama Mas Juan, beliau nggak ngebahas apapun lagi tentang itu. Lagian gue dan Mas Juan kalau ketemu hampir nggak pernah tegur sapa, hanga pernah sekali senyum doang waktu halal bihalal lebaran tahun lalu. Hadeeeh! Itu kan udah lama banget.
Sisanya gue kalau ketemu dia ya nunduk atau pura-pura nggak lihat. Gimana ya? Gue tuh sungkan sama dia. Mana dia juga udah dewasa dan gue cuma satu-satunya anak perempuan yang udah kuliah (bentar lagi lulus) di blok perumahan gue.
Udah deh, makin sering aja gue dengar kata "Udah punya pacar belum?" dan "Kapan nikah?"
Dikira nikah itu gampang apa ya?
Sore ini gue berniat untuk pergi ke Indomaret depan buat beli pulsa. Paket internet habis, jadi harus beli lagi. Kebetulan rumah gue dekat sama mushola. Bisa dibilang samping-sampingan, cuma dibatasi dengan kebun kosong dan jalan saja. Tepat di belakang rumah gue itu ada rumahnya Mas Juan.
Sebenarnya gue curiga kalau dia suka dengar gue nyanyi atau teriak-teriak dari halaman belakangnya. Hehe.
Gue sebenernya bukan malu-maluin, tapi memang sifat gue begini. Apa adanya. Gue memang bawel kok, gue memang nggak bisa diam tapi gue kalem kalau sama orang yang baru dikenal. Biasa, pencitraan dulu. Termasuk sama Mas Juan, gue kenal dia tapi nggak dekat. Jadilah gue begini.
Berhubung besok gue udah harus balik ke Sukabumi, jadi sore ini gue harus beli paket. Kalau besok gue nggak akan sempat. Saat gue lagi jalan, eh nggak sengaja mata gue menangkap bayangan Mas Juan keluar dari rumahnya. Dia kayanya mau pergi ke mushola, kelihatan banget dari pakaiannya, pakai baju koko, celana bahan hitam dan peci hitam. Gue akui dia memang ganteng, tapi nggak masuk kriteria guelah pokoknya.
Gue sih biasa aja kalau ketemu dia, tapi mengingat semalam Ibu Wenda yang terhormat berniat ngejodohin gue sama Mas Juan, kok gue malah jadi salting?
Dengan terburu-buru sambil berjalan nunduk, gue melewati Mas Juan. Helaan napas lega bisa terdengar karena gue bisa ngelewatin cobaan hidup kaya ketemu Mas Juan di jalan.
"Aya ya?"
Bentar! Ini siapa yang manggil? Nggak mungkin Januar atau Jauzan, mereka berdua kalau manggil gue tuh pakai 'Kakak' dan suaranya cempreng pokoknya bikin berisik deh. Tapi kali ini suaranya halus gitu ya.
Akhirnya gue berbalik dengan setengah jengkel. Sial betul, kayanya Dewi Fortuna benar-benar nggak mau berpihak pada gue.
"Hehehe iya, ada apa ya, Mas?" tanya gue sambil nyengir, lebih tepatnya sih meringis. Sejujurnya gue canggung dan kata-kata ibu semalam malah bikin gue keringat dingin pas ketemu Mas Juan.
Gue belum mau nikah mudaaaaa!!!!
Mending Mas Juan gue kasihin aja ke Jeni yang kurbel. Pacar nggak punya, hobinya ngecengin cowok prodi sebelah, maunya buru-buru nikah. Hadeeeh, nih gue kasih Mas Juan gratis buat lu, Jen.
"Kapan kamu pulang?" tanya Mas Juan yang berjalan mendekat ke arah gue. Tatapan matanya terarah pada gue yang masih berdiri di depan rumahnya. Tatapannya justru membuat gue semakin gelisah.
KAMU SEDANG MEMBACA
Melamar ➖ Jung Jaehyun [DISCONTINUE]
Fanfic[DISCONTINUE] Setiap pulang ke rumah, hal yang paling sering ditanyakan oleh kedua orangtua Aya adalah, "Kak, kamu di Sukabumi beneran nggak punya pacar?" Awalnya Aya menganggap itu semua hanya candaan tapi ternyata malah semakin sering ditanyakan...