Jeno parkir motor didepan mini market yang agak jauh dari sekolah. Bukan karena takut ketahuan anak sekolah kalo mereka lagi jalan berdua, tapi kayak malu aja gitu beli pembalut di mini market deket sekolah. Banyak yang kenal Jeno soalnya.
"Mau ikut atau engga?" Jeno nawarin setelah buka helm.
Jea geleng, dia pengen duduk dimotornya Jeno sambil nekuk kaki. "Nggak, gua disini aja."
"Tunggu ya."
Habis itu Jeno masuk, ngebiarin Jea duduk dikemudi motornya sambil bungkuk plus nekuk kaki. Setelah Jeno masuk, cowok itu celingak-celinguk. Nyari bagian pembalut cewek sampe nguler ke semua bagian.
Mau nanya, ntar disangkanya yang enggak-enggak.
Sambil ngedumel dalem hati, mata Jeno nggak berhenti bergerak nyari bagian pembalut cewek yang ternyata sebelahan sama bagian tumpukan tisu dideket kasir.
Mati nih si Jeno. Ada banyak warna, merk, ukuran. Jangan lupa, ada bentuknya juga.
Mba-mba kasir yang fokus sama pembayaran pelanggan, sedikit-sedikit ngelirik ke Jeno, yang buat Jeno nggak nyaman dan milih keluar dengan tangan kosong.
"Je, pembalut lu yang kayak gimana?" Tanya Jeno, matanya menyipit kena sinar matahari siang yang silau parah.
Jea yang masih lemes, akhirnya jawab dengan nada lirih. "Ch*rm. Cari yang 42 cm. Itu udah ada sayapnya."
Jeno balik lagi masuk ke mini mart. Nggak papa, sekalian ngadem. Sesuai perkataan Jea, Jeno cari yang merk ch*rm, 42 cm udah lengkap sama sayapnya.
Permasalahannya, yang ukuran 42 cm nggak ada. Adanya ukuran 35 cm, sama 29 cm yang warna nya terang oren gitu. Jeno gigit bibir, sumpah malu. Dia keluar lagi, ngadu ke Jea tentang pembalut yang 42 cm udah raib nggak tau kemana.
"Yang 42 cm nggak ada, Je."
Jea hembusin nafas pelan. Ini cowok kebanyakan nanya deh. Belum tau aja di gigit singa gimana. "Ya udah, ambil yang ukuran 35 aja, Jenooo."
"Oke."
Balik lagi dia masuk. Langsung cepet-cepet ngambil pembalut ukuran 35 cm dan langsung ngantri dibarisan orang-orang yang mau bayar. Muka Jeno merah. Dia megang pembalut? What the hell...
Seumur-umur, Bundanya nggak pernah nitip beli pembalut. Palingan nitip yang emang harus anak cowok lakuin kayak beli galon, beli gas, beli token listrik. Ini juga pertama kalinya Jeno megang pembalut. Perdana, gaes.
"Mas yang pake seragam, silahkan mas."
Ngerasa dipanggil karena cuma dia doang yang pake seragam diantara orang-orang yang ngantri, Jeno akhirnya pergi ke satu kasir lain dan nyerahin pembalut.
"Ini aja mas?"
"Iya." Jeno gelagatnya keliatan banget pengen buru-buru pulang. Kalo dia nggak ketemu Renjun, mungkin dia udah nongki asik bareng temen-temennya.
Mba kasirnya nanya, "Buat siapa mas?" Sambil bungkus pembalutnya.
Deuh kepo.
"Buat pacar saya, Mba." Duh, tuh mulut Jen. Mungkin dia juga males nerangin ke mba nya kayak 'itu buat cewek yang lagi duduk ngebungkukin badan dimotor saya'. Kan panjang banget.
"Jadi 28.000 mas."
Waktu Jeno lagi ngambil duit 50 ribuan di dompetnya, Mba nya nyeletuk. "Masnya keren ya. Mau beliin pembalut buat pacarnya. Berarti masnya sayang banget sama pacarnya."
Jeno nggak bales, cuma senyum sambil nyerahin duit dan nunggu kembalian. "Ini ya mas. Terimakasih dan selamat berbelanja dikami."
Sambil nentengin tas kresek, Jeno keluar, langsung nyerahin sebungkus pembalut ke Jea. "Makasih."
"Udah, yuk pulang."
Jea turun sebentar, nunggu Jeno make helm dan ngeluarin motornya. Jea langsung naik ke motor begitu Jeno udah ngasih perintah.
"Jen, nanti bawa motornya pelan-pelan ya." Kata Jea yang udah duduk diatas motor.
"Iya."
Udah tuh, Jea mah pasrah aja. Si Jeno-nya juga nurut pas Jea bilang buat pelan-pelan. Man, Jeno nggak bisa ngukur berapa kadar sakit orang mens, dibagian mana yang sakit, dia buta sama hal-hal begitu. Mendingan diturutin aja daripada kenapa-kenapa, iya kan?
Lagi asik nikmatin semilir angin, motor Jeno juga udah masuk ke perumahan Jea, sayangnya gang untuk ngakses ke rumah Jea lagi diportal. Ada hajatan kayaknya. Dan rame sama ibu-ibu kebayaan.
"Gua turun disini aja, Jen." Jea ngomong, dia lagi turun dari motornya Jeno sambil pegangan dibahu cowok itu.
"Nggak papa? Perut masih sakit kan? Lo pucet banget."
Jea ngangguk, mastiin kalo dia nggak kenapa-napa. "Nggak papa. Jalan dikit ngelewatin tenda orang juga nyampe." Sebelum Jea bener-bener pergi, dia senyum dikit, ngangkat tas kresek yang isinya pembalut yang tadi dibeliin Jeno. "Makasih, ya. Nanti gua ganti kok uangnya."
Jea balik badan, udah siap menyambut keriuhan semua tetangga yang lagi kondangan. Bisa aja mamanya juga ikutan gabung disitu kan. Tapi belum ada dua langkah, suara Jeno nahan dia yang buat Jea akhirnya balik badan buat ngeliat Jeno.
Diliat, Jeno lagi buka jaketnya, buka helmnya, terus standar motornya didepan portal jalan rumah Jea. "Nih," Dia nyerahin jaket yang mendadak bikin Jea bingung. Pake gestur kepala nunjuk ke belakang roknya, Jeno ngomong, "Nembus. Tutupin pake jaket biar nggak diliat orang."
"Serius?"
"Buruan tutupin, balik badan dulu nanti diliat orang."
Posisinya, Jea ngebelakangin Jeno yang buat Jeno bisa nyium wangi sampo yang Jea pake. Lucunya, ini sama kayak sampo bayi yang pernah Jino pake. Wanginya nggak lebay, lembut, dan nggak ngerusak pernafasan idung juga. Rambutnya Jea juga tebel, keliatannya halus, Jeno jadi pengin--
"Masih keliatan nggak?"
Jeno sadar. Bayangan goblok namanya. Mata Jeno langsung terfokus sama bagian belakang Jea yang udah ketutup sempurna sama jaket. No nembus nembus club.
"Nggak."
"Pinjem dulu ya jaketnya. Bye." Jea jalan ngejauhin Jeno.
Sementara Jeno? Nungguin cewek itu sampe masuk rumah. Dia merhatiin segala gerak-gerik Jea yang jalan pelan, pas sampe ditenda yang ngalangin buat jalan ke rumahnya, dia salim sama ibu-ibu yang dia kenal. Mungkin tetangganya. Sampe Jea buka pager dan nutup pager. Jeno perhatiin semua. Bahkan sampe Jea nengok ke tempat Jeno masih diem, ngelambaiin tangan sambil senyum lebar, Jeno pun bales.
Jeno jadi mikir. Dia ini cuma ngeluarin rasa simpatiknya aja atau emang sayang, sih?
- t o b e c o n t i n u e -
jangan lupa kasih vote dan komennya gengss~~~