Hari ini, Jeno masih natap layar hapenya diatas tempat tidur. Tipikal cewek macem Jea kalo jam-jam 7 pagi dihari sabtu pasti belum bangun.
Jeno cuma baca sisa chat lalu, yang ngajak Jea untuk ketemuan, padahal dia udah didepan rumahnya Jea. Habis itu udah nggak ada obrolan lagi.
Bener ya kata orang. Cewek tuh kebanyakan jual mahal. Dia yang deketin tapi nggak berani nge-chat.
"Kakak Jenyo! Bunda nyuruh sarapan!"
Jeno yang masih setengah mengantuk, langsung nengok ke arah pintu yang tertutup. Suara adeknya yang teriak lantang banget.
"Iya, aku ke bawah!"
Cowok itu langsung pake baju atasan setelah berlama-lama tubuh atasnya yang nggak pake apa-apa ditutupin selimut doang. Sambil bawa-bawa hape, Jeno turun dari kamar. Pas sampe dimeja makan, Jeno nggak lupa nyium adek cowoknya yang lagi makan tapi berantakan sampe pipi-pipi.
"Pagi dek."
Jeno deketin bundanya yang lagi bikin susu coklat buat dua anak laki-lakinya, terus dicium pipinya. "Pagi bunda."
Perempuan yang dipanggil Bunda sama Jeno langsung noleh, bales nyium pipi anak sulungnya setelah naroh sendok bekas ngaduk susu ditempat cucian piring. "Pagi kakak. Duduk disitu, bunda buatin mie goreng ya?"
"Aku nggak usah bun. Sikat giginya susah. Baunya nggak ilang-ilang."
Bunda Jeno ngerutin alis. Tumben banget anak sulungnya nggak mau bikin mie goreng? Kalo lagi liburan gini, setiap pulang ke pasar pasti nggak sengaja mergokin piring sama panci plus bungkusan indomie ditempat sampah.
"Gitu dong. Kakak hampir setiap hari makan mie mulu. Bunda jadi nggak kebagian." Bunda Jeno duduk disebelah Jino --adik laki-laki Jeno. "Dek, nih tisunya. Bibir kamu penuh semua tuh."
Jeno yang masih nunggu Jea buat nge-chat sekalian minum susu, ngeliat ke adeknya yang baru duduk dikelas 3 SD sambil ketawa. "Tuh liat, diketawain kakak." Kata Bunda Jeno sambil ikut tertawa.
"Oh iya bun. Duit tanding kemaren sebagian udah aku kirim ke tabungan keluarga."
Bunda Jeno ngangguk, terus senyum. Mirip banget kayak Jeno, matanya pasti ilang. "Iya. Makasih ya kak udah bantuin bunda." Bunda Jeno meneliti wajah anak laki-lakinya itu. Ada beberapa yang lecet. "Sakit kak?"
"Apanya bun?"
Bunda menunjuk bekas goresan di pipi Jeno. Kecil sih, cuma ngebayanginnya udah ngilu duluan. "Ya sakit, tapi kan udah biasa bun."
"Udah diobatin?"
"Udah bun."
Setelah Jeno bales omongannya bunda, telfon masuk dateng. Dari Jea. Deuh Jen, udah kek cewek aja lu maunya diapelin.
"Halo."
"Selamat pagi Jenooo." Jea bales dengan suara seraknya khas bangun tidur. Lucu banget.
Jeno ngelirik sebentar ke bundanya yang lagi motongin buah. "Pagi Je. Kenapa?"
Jea disana senyum. "Malem ini jadi kan?"
"Iya jadi, kenapa emangnya?"
Disana, cewek itu cengengesan. Bikin gemez. "Nyehehe, nanya doang. Udah ya, itu doang. Bye bye JenJen."
"Yok,"
Jeno nutup telfonnya sambil nahan senyum, sebelum lanjutin minum susunya lagi, dia sempet ngelirik bunda yang lagi nopang dagu sambil senyum nggak jelas.
"Cewek kak?"
Jeno sedikit kikuk, tapi dia tetep jawab se-santai mungkin. "Iya. Kok bunda tau?"
"Suaranya kenceng banget. Dikira bunda nggak denger?"
Jeno diem aja. Tipikal orang yang males ngeladenin omongan-omongan yang nggak mau dia bales. Bahkan ke bundanya sendiri. Jeno cuma minum susu, dia jadi takut bundanya mikir aneh-aneh.
"Pantes kakak nggak mau makan mie." Bunda ngerangkul Jino habis itu nyium pipinya. Mulai deh, tim-tim bullying dateng. "Dek, kak Jenyo kayaknya mau ketemu cewek. Dia nggak mau makan mie takut nafasnya bau."
Jino yang lagi makan, ikutan nyaut. "Giliran mau ketemu cewek aja, sok ganteng."
Jeno cuma minum susunya doang, nggak bales semua kata-kata adek ataupun bundanya yang lagi ketawa-tawa ngeledekin dia.
Doh, salah kayaknya ngajak Jea pergi. Lagian kenapa dia nggak mau makan mie sih?
- t o b e c o n t i n u e -
pendek banget? emang🤣 maapin ya guys, cuma sekilas info keluarganya jeno itu gimana