Sepanjang perjalanan, pikiran Jea cuma diselingi kelebatan kejadian tadi. Tapi yang paling nyita atensinya dia cuma penampilan urakan Jeno. Rambutnya acak-acakan, matanya sembab, dan nafasnya yang ga setenang sekarang.
Jea ngintip dari kaca spion. Mata Jeno yang nggak kehalang kaca helm-nya jadi perhatian. Masih merah dan sembab. Apalagi pas nyampe lampu merah pertama, Jeno bener-bener diem dan kebanyakan ngehela nafas. Sesekali nunduk tanpa obrolan apa-apa.
Jeno lagi di fase terlemah yang dia punya. Jea rasa, dia ngebuka luka lama yang sempet dia tutup.
Jea ngeratin jaket yang dia punya. Udaranya lagi dingin banget dan kayaknya mau hujan. Setelah lampu ijo nyala, Jeno ngegas motornya lagi. Dia ngambil rute lain selain rute utama yang selalu dia lewatin setiap nganterin Jea pulang. Rutenya lebih jauh dan kondisi jalan yang dilewatin cukup padet.
Bayangin, dengan kondisi jalan kayak gitu Jeno masih bisa-bisanya ngegas motornya dengan kecepatan tinggi. Kalo ngerasa kesel sama pengendara didepannya dia klakson sampe di marahin. Nggak peduli pokoknya.
Yang bikin ngeri aksi ngebutnya Jeno. Jea merinding. Satu karena anginnya lumayan kenceng pas Jeno ngebut, kedua karena dia takut kenapa-napa.
"Jen... Pelan-pelan..." Jea ngomong kecil, nggak yakin juga omongannya kedengeran. Jeno aja masih ngebut dan nggak sekali dua kali klaksonin orang-orang yang sebenernya nggak salah.
Karena aksinya nggak berhenti, Jea berakhir meluk Jeno. Ketakutan dan rasa sayang untuk nyawanya lebih dominan. Tapi dia tetep harus ngendaliin Jeno gimana pun caranya biar tenang.
"Jen... Pelan-pelan aja ya bawa motornya?" Jea meluk pinggang Jeno kuat, tapi tetep lembut pas ngasih taunya. "Kasian bunda sama Jino kalo lo kenapa-napa di jalan..."
Jeno ngelirik lengan Jea yang melingkar kuat dipinggangnya. Cewek itu beneran ketakutan, tapi bisa-bisanya mentingin keselamatan Jeno? Bawa-bawa bunda sama adeknya segala.
"Pelan-pelan aja ya?" Suruh Jea lagi, kepalanya udah bersender dipunggung Jeno.
Jeno narik nafas panjang. Pada akhirnya ngalah juga. Bener. Keselamatannya paling utama sekarang. Apalagi dia bawa ekor yang sayangnya kepala batu.
"Jen..." Jea manggil setelah laju motornya mulai memelan. Jeno nggak ngegubris apa-apa, toh dia yakin Jea akan ngelanjutin perkataannya lagi. "Gua... bakal baik-baik aja kok."
Jea ngehela nafas. Pengen nangis sama keadaan yang ngebuat dia bingung. "Gua nggak bakal kenapa-napa."
Jea ngomong dengan nada tenang, lembut banget pokoknya.
Nggak ada yang bisa Jeno bales. Pada akhirnya dia cuma bisa diem, melanin laju motornya di rute yang cukup jauh buat ke rumah Jea, dan nikmatin semua kepunyaannya diwaktu yang lama.
***
Jea turun dari motor setelah nyampe di gang depan rumahnya. Lagi-lagi di portal, kayaknya habis ada acara di rumah tetangganya.
"Makasih, ya." Jea berusaha senyum pas lagi ngasih helm ke Jeno yang masih nggak ngegubris. Jeno nge-standar motornya dan duduk nyamping, posisinya hadap-hadapan sama Jea. "Gua masuk ya. Cepet pulang, jangan kemana-mana. Mau ujan soalnya."
Jea senyum lagi, tau kalo waktunya bukan buat bercanda atau ngegodain Jeno dikondisi yang kayak sekarang. "Dadah," Jea ngelambai-in tangannya kaku.
Jeno emang kayaknya lagi stres banget. Dia cuma diem aja pas Jea dadah-dadah. Bahkan sampe Jea balik badan, Jeno nggak ngerespon apa-apa.