Bhre Kertabhumi sudah tidak sanggup lagi menahan amarahnya,apa yang dia lihat langsung dia banting ke lantai istana.
"bangsat....,lolos lagi mereka" umpatnya
"tidak mungkin adikku,semua gerbang kota raja telah kita keping"
ungkap bhre Pamotan.
"bagaimana peristiwa hutan tarik kak?"
bhre Pamotan diam,dia kembali teringat serangan balik kedua pamannya tersebut ke istana,yang pada akhirnya membuat kakaknya Samarawijaya melarikan diri.
tak lama kemudian,datang Wijaya karana dan para prajuritnya.
apa yang dirasakan Wijaya karana tidak jauh berbeda dengan adik adiknya.
"ayo...,kita langsung menuju gerbang barat,kita hancurkan mereka"
dengan cepat para prajurit mereka langsung bergerak menuju gerbang barat di wirasaba.
alangkah terkejutnya mereka,bukan musuh yang didapati,tapi Rangga jaya dan prajurit prajurit yang sudah tidak bernyawa bergelimpangan berserakan tak beraturan dimana mana.
"mereka berhasil kabur lagi" ungkap Samarawijaya dengan nada lirih.
"kita selalu tampak bodoh di hadapan mereka kak" tambah Wijaya karana.
Samarawijaya berhasil kembali merebut tahtanya,namun kedua pamannya tersebut bagai duri dalam daging.
sampai kapanpun,dia tidak akan bisa tenang,selama mereka belum menyerah.
meskipun dirinya adalah menantu Surya wikrama,namun itu seolah olah tidak ada artinya.Beberapa perahu besar mulai bergerak jauh meninggalkan wirasaba,untuk sementara waktu,Surya wikrama dan Suraprabhawa menyingkir dulu dari kota raja.
tujuan mereka adalah daha,mereka ingin membangun kekuatan dulu,sebelum kembali menyerang kota raja.
Suraprabhawa bersama istri dan anaknya yang masih bayi Ranawijaya,dia merasa daha akan lebih aman ketimbang canggu.
hingga saat ini,perjalanan mereka menuju daha,memang belum diketahui oleh Samarawijaya dan adik adiknya.
"kenapa kita lari ayah?"
Panji tersenyum mendengar pertanyaan dari anaknya,dia tidak langsung menjawab,tatapan matanya terus tertuju pada aliran air sungai.
lalu diapun menjawab pertanyaan anaknya tersebut.
"menghindar,bukan berarti lari,ada kalanya dalam peperangan kita mundur,dan kapan kita harus menyerang,semuanya tergantung dengan situasi yang kita hadapi"
"makin panjang jalan kita ayah"
"tidak anakku"
Surya wikrama dan Suraprabhawa untuk sementara menyingkir ke daha guna membangun kekuatan,untuk kembali menyerang majapahit.
bagaimanapun mereka juga sadar,bahwa untuk mengalahkan Samarawijaya dan adik adiknya,kekuatan prajurit yang mereka miliki saat ini masih kalah jumlah.
dengan menyingkir ke daha,harapan mereka bisa membangun kekuatan kembali.
KAMU SEDANG MEMBACA
Ksatria Majapahit 5 eps Perang Wangsa Rajasa
Historical FictionTergulingnya raja dyah Karta wijaya oleh anaknya,membuat peristiwa serupa terus terjadi,perebutan kekuasaan wangsa rajasa silih berganti di setiap pergantian raja. masing masing pihak selalu berhak menjadi raja dari yang lainnya,hal ini yang membuat...