Surat Keempat

2.7K 229 26
                                    

Hai, sebelumnya gw mau cerita sedikit dulu nih. Gw memang sebenarnya gak terlalu aktif di Wattpad yang bisa disebut komunitas atau apalah gitu, gw orangnya bisa dibilang socially awkward jadi terkadang gw bahkan gak berani komentar dan cuma jadi silent reader (bukan berarti gw gak kasih dukungan juga ke penulisnya).

Jadi udah pastilah aku jarang ikut event-event Wattpad gitu. Tapi entah kenapa untuk yang kali ini gw merasa perlu nulis dan share pengalaman gw ini, walaupun sebenarnya ini bukan cerita tentang gw.

.

.

.

Jadi, sebenarnya dari awal itu gw orangnya gak pernah merasa anti atau bahkan jijik sama yang namanya LGBT. Yah, memang sih pasti banyak orang yang merasa hal itu inappropriate dan bilang itu dosa lah dan segala macem tapi gw merasa fine-fine aja sama yang kayak gitu. Karena ya balik lagi kan, kita gak bisa milih kita mau jatuh cinta sama siapa. Gw sendiri belum pernah suka sama sesama jenis, cuman gw juga gak masalah seandainya gw suka sama sesama jenis.

Selain itu, terkadang kita makin ngejek dan ngerendahin seseorang yang LGBT, bahkan terkadang sampai mengucilkan, tapi kita gak tahu kan mereka jadi kayak gitu belum tentu karena keinginan mereka bisa jadi mereka malah tambah membenci diri mereka sendiri dengan nganggap hal itu sebagai aib lah dsb. Jadi secara tidak sadar kita malah bikin mereka tambah tertekan dengan membuat mereka ngerasa "kenapa sih gw kayak gini?"

Begitu juga yang terjadi dengan temen gw. Jadi cerita ini dimulai waktu suatu hari, ada temen gw yang bisa dibilang cewek populer lah di sekolah. Tiba-tiba dia datang ke gw dan cerita kalo ada adek kelas yang suka sama dia dan adek kelasnya itu sesama cewek. Awalnya gw masih gak percaya kan, ya gw tahu ada yang namanya lesbi dsb tapi gw gak pernah nyangka akan ada yang seperti itu dalam lingkup yg sangat dekat bahkan dalam satu sekolah. Trus dia bilang sama gw, "kalo gak percaya gw tunjukin suratnya." Disitu juga gw masih mikir, 'ah kalo cuma surat I Love You kan bisa aja cuma dikerjain atau dia dapet tantangan dari temennya gitu.' Tapi setelah gw baca suratnya di situ gw tahu ini bener-bener serius.

Suratnya ditulis dalam bahasa Inggris dan di situ adek kelas gw bener-bener menceritakan gimana dulu dia itu depresi. Dia gak bisa menerima kenyataan kalau dia itu berbeda. Orang tuanya sama sekali gak mendukung dengan alasan itu tidak diperbolehkan di agamanya dan di adat sukunya, selain itu dia juga dikucilkan teman-temannya dan dia emang gak pernah merasa PeDe untuk mendekatkan diri dengan mereka, dia merasa dia itu berbeda dan dia tidak nyaman mendengarkan pembicaraan anak-anak remaja yang hampir 24/7 adalah gosip tentang lawan jenis & pacar mereka. Sampai akhirnya dia sempat memutuskan untuk bunuh diri. Dan ya ... seinget gw emang Ibunya sudah meninggal sejak dia kecil.

Tapi semua berubah sejak temen gw si cewek populer sekaligus OSIS sosial ini nyoba ngomong sama dia. Ya memang itu kan cuma tugas OSIS sosial untuk memastikan gak ada anak yang terkucilkan seperti itu tapi di situ adek kelas gw bener-bener merasa dia mendapatkan harapan baru, menemukan penyemangat hidupnya. Tapi di situ juga muncul masalah baru sebagai cewek populer pastinya temen gw ini cantik banget dan anak orang kaya, jago bergaul, ya biasalah cewek cewek sosialita pasti lama-lama keluar juga sifat mentelnya dan hampir semua mantan-mantan pacarnya adalah cowok-cowok perfect juga.

Sekarang bayangin perasannya ketika dia di taksir adek kelas yang bisa dibilang gak cantik cantik amat, sesama jenis pula. Gw takut seandainya temen gw ini merasa jijik pasti itu akan sangat menghancurkan mental adek kelas gw ini. Jadi gw bilang sama dia, kalo apa pun yang dia lakuin harus hati-hati dan jangan pernah mentah-mentah nolak keadaan adek kelas gw itu, sebaliknya lo harus dukung keadaan dia supaya dia membaik. Dan gw harap kedepannya gak akan terjadi apa-apa.

Jadi mungkin sampe situ aja cerita gw, mungkin bakal banyak yang gak percaya atau nganggep ini terlalu berlebihan apalagi sebenarnya kami masih duduk di bangku SMP. Gw juga gak tau apa perasaan adek kelas gw itu beneran yang dinamakan lesbi atau nggak tapi yang jelas semoga cerita gw ini bisa jadi pelajaran dan berguna bagi yang membutuhkan.

Oke, sekian dan terimakasih. ❤

Kotak Surat LGBTQIAP+ IndonesiaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang