Halo, temen-temen LGBTINA Wattpad,Surat ini aku tulis karena aku pengen curhat soal perasaanku belakangan. Sebelumnya, aku pengen bilang bahwa aku nggak bermaksud mengobjektifikasi siapa pun. Dan aku berharap nantinya bisa dapet saran atau pendapat temen-temen sekalian. ^_^
Oke. Jadi, aku udah sadar bahwa aku nggak straight sejak awal 2019 lalu. Awalnya karena aku baca satu cerita BL yang tokoh utamanya sexually attracted ke temen SMP-nya, dan aku akhirnya paham bahwa apa yang kualami pas masih 15 tahun dulu termasuk sexual attraction. Aku nggak bisa ngalihin pandangan dari cewek ini, dan menurutku dia wow banget, sampe bikin panas-dingin sendiri.
Semua yang terjadi setelah itu berasa makes sense banget buatku. Meski waktu masih 15 tahun itu aku nggak sadar dan masih lebih sering naksir cowok, aku jadi paham kenapa beberapa tahun belakangan aku bisa grogi (atau bi panic) di depan beberapa cewek tertentu. Bodohnya, waktu itu aku masih mikir, ah paling aku cuma kaget, nggak tau harus ngomong apa-padahal deg-degannya ya tiap ketemu.
Aku juga lebih paham soal biseksualitas setelah baca banyak visual novel, novel bahasa Inggris, dan fanfic-fanfic yang tokohnya bi atau masih questioning. Aku ngerasa relate dan resonate banget sama tokoh-tokoh itu-baik waktu mereka baru sadar tapi tetep nyaman sama seksualitas mereka, atau waktu mereka kadang suka cowok kadang suka cewek kadang nggak sama sekali, sampe yang masih belum bisa menjawab dengan pasti dia beneran bi atau bukan. Semua tokoh itu kayak makin ngebuka pandanganku. (Kalo ada yang punya rekomendasi cerita bertokoh bi, boleh dong di-share, hehe.) Aku juga sering nonton video di YouTube tentang bisexuality. Dan pas baca-baca kolom komentar, aku tau aku nggak sendirian.
Puncaknya mungkin pas semester ganjil kemarin. Aku ketemu satu cewek ini yang tanpa sadar bikin aku berputar aja di orbitnya. Dia tipe yang ramah dan agak(?) touchy, like tiba-tiba ngerangkul lengan atau meluk dari samping. Dan meski aku panik, aku ngerasa itu reaksi biasa aja-semacam no homo gitu, duh.
Who am I kidding, right?
Makin lama, tiap kali dia butuh bantuan, aku dengan sukarela nawarin diri. Aku cuma pengen dia nggak kesusahan aja, dan aku sadar sesadar-sadarnya-bahwa kalo ini temen biasa, temen pada umumnya, baik cowok maupun cewek, aku nggak bakal mau lah sampe ngebucin gitu. (Dia nggak memanfaatkan aku sih, ya intinya minta tolong sewajarnya lah.)
Aku juga nggak suka waktu ada cowok-cowok yang ngomong nggak senonoh di depannya, sampe aku berani ngebentak mereka. Pas aku cerita ke salah satu temenku (yang tau aku bisa suka cewek dan fine-fine aja sama hal itu), dia langsung nyeletuk, "Itu kamu beneran nggak terima, atau cemburu aja?"
Aku langsung kicep dong. Jawabannya mungkin ya, dua-duanya. Siapa sih yang suka liat orang di-catcalling, ya nggak? Tapi dari situ aku jadi kepikiran. Mungkin, aku ini tipe orang yang kalo suka sadarnya lama. Pas dia udah jauh, atau udah punya pasangan (yep, dia udah punya cowok, by the way), aku baru ngeh oh ini toh yang aku rasain. Telat banget, gitu. Dan, mungkin karena udah bukan anak sekolahan lagi, rasa suka yang aku punya tuh lebih ke... selfless dan nggak harus memiliki gitu.
Tapi ya tetep aja, pas pisah di semester dua, aku semacam kepikiran dan pengen aja gitu ngobrol atau ketemu lagi. Nggak ada alasan khusus buat ketemuan sih, but still. :"")
Dari semua kejadian ini, aku cuma pengen lebih yakin bahwa aku memang bi. Bahwa aku nggak mengada-ada. Dan meski ini baru pertama kalinya, yang aku rasain ini beneran secara romantis.
Being bi can be confusing, I know, apalagi kalo baru sadar. Meski semua tanda-tandanya udah jelas, dan temenku yang tadi itu udah sampe gemes kenapa aku masih ragu ini perasaan romantis atau bukan, aku cuma pengen... apa ya, teges gitu ke diri sendiri. Karena nyebut diri sendiri straight tuh udah kerasa aneh, kayak bukan aku banget. Mau nyebut diri sendiri bi, ya itu tadi, isi kepalaku ribet sendiri.
Ya intinya I'm on the spectrum lah.
Plus, aku juga berharap aku nggak sendirian sih. Bahwa yang kurasain ini normal dan ntar kalo udah waktunya, aku bakal nemu jawaban yang pasti. :"")
Well, this is why bi representation matters and I crave so much for it. TwT
Sekian dulu ya, teman-teman. Makasih banyak udah baca sampe habis walau panjang, dan maaf kalo ada salah kata.
With regards,
A.
KAMU SEDANG MEMBACA
Kotak Surat LGBTQIAP+ Indonesia
RandomSekumpulan surat untukmu yang mau membaca curhatan dari LGBTQ+, baik dari pembaca, penulis, dan pelaku. Pihak pro dan pihak kontra. Semuanya menjadi satu di sini.