Murong Yun Yan menatap Permaisuri, Ibu kandungnya, Chen Xian Fei duduk sambil menyesap teh.
"Upacara jepit rambut Yan'er akan diadakan, ben gong ingin bertanya, siapa yang ingin Yan'er jadikan sebagai Zanzhe untuk upacaramu?" tanya Permaisuri Tian dengan senyuman lembut, Murong Yun Yan diam sebentar. Dia awalnya ingin teman sepermainannya yang menjadi Zanzhe, tapi setelah dipikir, saat dia pergi menikah ke Kerajaan Ping Ke, dia masih harus mengandalkan adik keenamnya,
"Anak perempuan ingin adik ke enam untuk menjadi Zanzhe, Muhuo," ujarnya, Permaisuri mengangguk, dia meminta pelayan di sisinya,
"Pergi ke Zhang Guo Gongzhu Fu. Katakan pada Puteri Zhang Guo, Ben Gong memerintahkan dia menjadi Zanzhe di upacara jepit rambut Puteri Yang He."
Puteri Yang He membungkuk lalu keluar dari Istana Kun Ning milik Permaisuri.
***
Murong Yun Yue tengah menikmati Tang Yuan, sebelum salah satu pelayan kelas dua, Ruo Zhen datang dan memberi hormat,
"Gongzhu, Kasim Permaisuri ada disini."
Murong Yun Yue mengambil jubah hitam dan memakainya, pakaiannya hanya terdiri dari rok berwarna warna ungu tua dan disulam dengan burung bangau berwarna putih, baju lengan panjang berwarna putih dengan sulaman pohon cemara serta jubah hitam dengan pola naga tanpa cakar berwarna emas. Di kepalanya hanya terdiri dari tiga pasang jepit rambut emas dengan batu safir berwarna ungu. Dia diikuti pelayan pergi menyambut Kasim dari Istana.
"Puteri Zhang Guo berbakti dan mencintai saudari kekaisarannya. Dengan ini Ben Gong memberikan tugas untuk menjadi Zanzhe di upacara jepit rambut kakak perempuan kekaisarannya, Puteri Yang He yang akan datang."
Setelah Kasim mengumumkan perintah lisan Permaisuri, Kasim Fu menatap Murong Yun Yue dengan senyuman, "Permaisuri Niang-Niang menginstruksikan agar nucai memberitahukan kepada Gongzhu untuk masuk Istana. Agar bisa diajarkan bagaimana menjadi Zanzhe." Katanya, Murong Yun Yue mengangguk. Dia berdiri lalu berjalan kearah ruang dalam kediamannya.
Sampai di dalam kamarnya, Murong Yun Yue dibantu oleh Ruo Qiu dan Ruo Mei mengganti pakaian, dia memakai atasan berwarna merah dan rok bawahan berwarna hitam, Ruo Mei bergegas menyisir rambutnya lalu menjepitkan jepitan rambut sederhana.
Setelah selesai, Murong Yun Yue keluar dan menaiki kereta kuda.
Istana Kun Ning adalah salah satu Istana terbesar di seluruh kota terlarang, karena pemiliknya merupakan wanita paling mulia dan dihormati di seluruh Kekaisaran Da Xun. Permaisuri Tian Wu Fei dengan santai mengelus pola di pinggiran cangkir teh.
"Zhang Guo Gongzhu disini!"
"Memberi hormat pada Muhou,"
"Yue'er ada disini. Ben Gong percaya gongzhu sudah mengetahui alasannya kemari. Maka biarkan Gu mama mengajari xiao qi cara menjadi Zanzhe." Permaisuri memberi perintah, Murong Yun Yue mengangguk lalu berjalan pergi, diikuti Gu mama. Dia bahkan tidak melirik Chen Xian Fei maupun Murong Yun Yan sedikitpun.
Dia berjalan ke samping aula Xingfu disamping Istana Kun Ning, para pelayan mengikutinya dalam diam, sesuai dengan sifat tak banyak bicara Puteri Zhang Guo.
"Qi meimei!"
Murong Yun Yue berbalik, mendapati Murong Yun Yan yang tengah berlari sedikit menghampirinya,
"Jie," Murong Yun Yue mengangguk, para pelayan mereka saling memberi hormat pada tuan,
"Apakah adik keenam tidak senang karena Ben Gong memilihmu menjadi zanzhe? Maafkan ben gong karena merepotkanmu." Katanya tulus, Murong Yun Yue mengangguk,
"En."
Dia lalu mengucapkan kata perpisahan kemudian memasuki ruangan untuk memulai pelatihannya.
Menjadi Zanzhe di upacara jepit rambut seorang gadis tidak susah sama sekali, dia hanya perlu menjepitkan jepit rambut yang sudah disediakan ke dalam sanggul, dan upacara kedewasaan Puteri Yang He pun selesai. Hanya saja yang membuat Murong Yun Yue malas adalah, dia harus berpakaian dengan resmi. Dan Pakaian resmi seorang Puteri pelindung agung benar-benar sangat rumit, serta terbilang lebih mewah karena dia mewakili Kaisar dan Permaisuri. Pakaian yang dia pakai akan berwarna merah, hitam dan emas, serta sulaman burung phoenix dan naga bercakar. Untung saja dia belum mencapai usia kedewasaan, atau Murong Yun Yue akan menghela napas saat melihat berapa banyak aksesori yang akan para pelayan masukan ke rambutnya.
***
Zanzhe: adalah gadis yang bertanggung jawab untuk upacara jepit rambut/upacara kedewasaan seorang perempuan di usia 15th.
Ben Gong: aku; digunakan oleh Permaisuri, Selir peringkat tinggi, para puteri serta Putra Mahkota dan Putri Mahkota.
Tang Yuan: bola nasi manis dengan isian wijen.
Nucai: hamba ini; digunakan oleh pelayan laki-laki.Gongzhu: Putri peringkat pertama/Puteri Kaisar. Junzhu: Puteri peringkat kedua/Puteri Raja(wang)/Xianzhu: Puteri peringkat ketiga/Puteri Junwang(Pangeran peringkat kedua).
Xingfu: berarti kebahagiaan
Qi meimei: adik ketujuh; xiao qi: little seventh; karena MYY merupakan anak Kaisar ketujuh.
Jie: kakak perempuan.
KAMU SEDANG MEMBACA
Zhang Guo Gongzhu
Ficción históricaMurong Yun Yue terbangun, itu enam tahun sebelum kematiannya. Dia sudah menyelamatkan Orang yang tega membunuhnya, Dongfang Ming De. Tapi, sepertinya Dewa sangat menyayangi dirinya, dia diberi kehidupan kedua, untuk mengetahui semua alasan dibalik...