Rombongan mereka sampai di gerbang kota kekaisaran beberapa hari kemudian, mereka di sambut oleh para pejabat, seperti Menteri Ritus dan Menteri Personel, serta Perdana Menteri secara langsung ikut serta untuk menyambut mereka.
"Memberi hormat pada Yang Mulia Pangeran dan Putri Mahkota!" Mereka serempak berkata, Li Yi Feng yang mengenakan pakaian formal seorang Putra Mahkota yang berwarna merah dengan benang emas berukiran naga bercakar lima, kepalanya terpasang mahkota kecil, turun dari kudanya, dia mengangkat tangan memberi isyarat kepada mereka,
"Bangunlah," ujarnya singkat, mereka serentak berlutut kembali,
"Terima kasih, Yang Mulia!"
Seorang laki-laki remaja berdiri menghampiri Li Yi Feng, dia membungkuk hormat lagi,
"Subjek-saudara ini memberi selamat pada Saudara-Kekaisaran dan saudari Ipar-Kekaisaran, subjek-saudara diminta Ayah-Kekaisaran untuk mengawal Saudara-Kekaisaran dan Ipar-Kekaisaran ke Istana."
Murong Yun Yue tidak bisa melihat wajah adik laki-laki Li Yi Feng itu tapi mendengar suaranya saja dia bisa menebak kalau saudara Li Yi Feng tersebut masih muda, setidaknya dia seusia Xiu'er, Pangeran ke lima Kekaisaran Da Xun dan anak kedelapan Kaisar Hong Hui.
"En."
Li Yi Feng memang terkenal dingin, tapi dia sangat disukai oleh para subjek-nya karena sejak dia kembali dari belajar bersama Tetua Tang, setiap tugas yang dikenankan kepadanya selalu diselesaikan dengan baik membuat Kaisar sangat puas, dan para pejabat juga menyukainya karena cara kerjanya yang efisien dan sangat baik walaupun dia jarang berbicara.
Bunyi ketukan terdengar dari luar, pintu kereta kuda yang ditumpangi oleh Murong Yun Yue dibuka oleh para pelayannya, sebuah tangan terulur kepadanya dan Murong Yun Yue dengan senang hati menyambutnya, dia menutup wajahnya dengan kipas yang dihiasi oleh burung luan, serta mutiara, semua orang melihat pakaian wanita itu, ini adalah Istri sah Putra Mahkota, Putri Mahkota Murong, aura Putri Mahkota Murong sangat berbeda dari kebanyakan gadis bangsawan di sini, dan walaupun mereka semua tak ada yang bisa melihat wajah depan Putri Mahkota Murong, mereka bisa melihat sekilas bagaimana hanfu formal Putri Mahkota yang dihiasi bordiran burung luan serta burung Phoenix melingkar sangat indah, keduanya lalu menaiki kereta kuda khusus Putra Mahkota.
Murong Yun Yue meremas tangan Li Yi Feng sedikit, dan tersenyum, Li Yi Feng mengangguk padanya di dalam sana.
Sekarang, ntah apa yang terjadi di masa depan, keduanya akan menghadapinya bersama-sama.
***
Kereta kuda yang ditumpangi keduanya melewati para rakyat yang memberi hormat disana, kasim-kasim disuruh oleh Li Yi Feng untuk membagikan koin perak pada para rakyat yang tengah bersorak, memberi selamat pada kedua pasangan mahkota mereka.
Mereka sampai di depan Istana Kekaisaran, pintu terbuka, Murong Yun Yue menatap Istana Kekaisaran tengah, begitu besar dan mewah, bahkan gerbangnya saja terbuat dari tembaga yang di lapisi oleh emas, saat disinari oleh cahaya matahari, gerbang itu memantulkan sinar emas, satu kata terlintas di pikiran Murong Yun Yue, boros.
Murong Yun Yue dituntun ke sebuah tandu, disana sudah berdiri para prajurit yang nemakai pakaian berwarna merah, para kasim memakai pakaian berwarna biru muda sementara para pelayan memakai pakaian berwarna hijau muda sudah menunggunya, dia menaiki tandu tersebut, Li Yi Feng mengangguk, dia juga menaiki tandu mewahnya dan berjalan terlebih dahulu, Murong Yun Yue duduk postur lurus, lehernya terasa sakit karena memakai hiasan rambut seberat tiga kilogram, walaupun terlihat indah dan mewah, itu sangat berat dan membuat pusing.
Tandu diangkat dan rombongan mereka berjalan menuju kearah aula upacara, para bangsawan dan pejabat Istana berada disana, Murong Yun Yue tetap tenang, menutup wajahnya dengan kipas kertas bulatnya, saat keduanya memasuki aula, Menteri ritus memberi aba-aba,
"Putra Mahkota Dinasti Kekaisaran Agung Zhong, Li Yi Feng, menikahi Putri klan Murong dari Dinasti Kekaisaran Da Xun, sebagai Istri sah, diberi gelar Putri Mahkota!"
Suara terdengar nyaring, semua orang menundukkan pandangan mereka walaupun mereka ingin sekali melihat rupa Putri Mahkota Murong, tapi dengan segala bentuk hormat, mereka tetap tak bisa melihat wajah sang Putri.
Tandu Murong Yun Yue sampai di depan tangga giok, disana Li Yi Feng sudah berdiri di atas, setelah itu Murong Yun Yue dibantu turun oleh wanita berbaju merah muda, Li Yi Feng turun dari tangga dan menyerahkan tangannya untuk dipegang oleh Murong Yun Yue, keduanya berpegangan tangan dan menaiki tangga satu-persatu, semua bangsawan, pejabat, prajurit, kasim dan pelayan melihat keduanya, pakaian merah mereka ditiup oleh angin, tapi langkah keduanya sangat tenang, tak terburu-buru maupun lambat, semuanya sangat pas.
Permaisuri Ma, istri Kaisar Furong, ayah Li Yi Feng duduk di sebelah Kaisar, bisa mendengar suara terkesiap dari setiap orang yang berdiri di dekatnya, Putri Zhang Guo dari Da Xun, luar biasa anggun, caranya berjalan, dan wajah itu, Permaisuri Ma tak pernah melihat ada wajah secantik itu di Istana Kekaisaran, wajahnya yang cantik membuat Permaisuri Ma tak terasa meraba wajahnya sendiri yang dilapisi bedak tebal, dia menyadari kalau dia sudah bertambah tua, melihat pakaian pernikahan khusus Putri Mahkota yang dipakai oleh Murong-shi, Permaisuri Ma tersadar kalau gadis itu disini untuk menggantikannya suatu hari nanti sebagai Permaisuri dan Ibu Bangsa ini.
Permaisuri Ma tak menyangka akan ada suatu hari dimana dia bisa melihat seorang wanita yang bahkan dari cara berjalannya terlihat keluar langsung dari buku etiket, Murong-shi ini bahkan tak terlihat berkeringat, dan dengan cara berjalannya yang sempurna, setiap perhiasan di kepalanya tidak bergoyang satupun, bahkan senyuman kecil itu mengikuti aturan di dalam buku etiket!
Keduanya mulai melakukan upacara lagi, dengan meminum arak, memberi hormat pada tanah dan langit, memberi hormat pada orangtua - yaitu Kaisar, Permaisuri Ma dan Ibu Suri Ma -, memberi hormat pada para kerabat Kekaisaran dan saling memberi hormat, lalu upacara selesai.
Selain menyebalkan, satu hal yang bisa dilakukan Murong Yun Yue dengan sempurna adalah cepat beradaptasi, dia tahu orang-orang kekaisaran akan memantau setiap pergerakannya seperti elang, dan satu kali kesalahan akan membuatnya menjadi lelucon, dan walaupun Murong Yun Yue tak tinggal di Istana Kekaisaran Da Xun sejak dia berusia sekitar enam tahun, dan telah belajar bersama Tetua Tang dan tinggal di barak militer, dia tetaplah anak perempuan seorang Kaisar, dan dia satu-satunya Putri yang ditulis di bawah nama Permaisuri Tian, jadi setiap etiket yang harus dia pelajari pastilah akan dia pelajari, setiap kesenian yang harus dia pelajari, akan dia pelajari, jadi tak heran etiketnya sempurna, tentu saja itu berkat tenaga dalamnya yang membantunya untuk menahan hiasan rambutnya itu, jika tidak dia mungkin akan pingsan!
KAMU SEDANG MEMBACA
Zhang Guo Gongzhu
Ficción históricaMurong Yun Yue terbangun, itu enam tahun sebelum kematiannya. Dia sudah menyelamatkan Orang yang tega membunuhnya, Dongfang Ming De. Tapi, sepertinya Dewa sangat menyayangi dirinya, dia diberi kehidupan kedua, untuk mengetahui semua alasan dibalik...