10. New Series

137 70 4
                                    

Dalam sejarahnya, daerah Riau pernah menjadi penghasil berbagai hasil bumi dan barang lainnya. Pulau Bintan pernah di juluki sebagai pulau segantang lada, karena banyak menghasilkan lada. Daerah Pulau tujuh, terutama pulau Midai pernah menjadi penghasil kopra terbesar di Asia Tenggara, paling kurang sejak tahun 1906 sampai tahun 1950-an.

Bagansiapi-api sampai tahun 1950-an adalah penghasil ikan terbesar di Indonesia, Batu bata yang di buat perusahaan Raja Aji Kelana di pulau Batam, pasarannya mencapai Malaysia sekarang ini. Kemudian dalam bidang penghasil karet alam, dengan sistem kupon tahun 1930-an belahan daratan seperti Kuantan, Indragiri dan kampar juga daerah yang amat potensial.

Provinsi ini memiliki 15 sungai, di antaranya adalah 4 sungai besar yang mempunyai arti penting sebagai sarana perhubungan, seperti Sungai Siak (300 Km), Sungai Rokan (400 Km), Sungai Kampar (400 Km), dan Sungai Indragiri (500 Km). Ke-4 sungai tersebut membelah dari pegunungan daratan tinggi Bukit Barisan. Sungai-sungai tersebut bermuara di Selat Malaka serta Laut Cina Selatan.

Saat ini Provinsi Riau terdapat 12 Kabupaten dan Kota, yakni Kota Pekanbaru sebagai Ibukota Provinsi. Kabupaten kampar, Kabupaten Rokan Hilir, kabupaten Rokan Hulu, Kota Dumai, kabupaten Pelalawan, kabupaten Siak, kabupaten Bengkalis, Kabupaten Kuantan Singgingi, Kabupaten Indragiri Hulu, kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Kepulauan Meranti.

(Dari berbagai sumber di internet)

Dan, kota, kabupaten, pulau yang Arumi tinggali adalah Bengkalis.
Meski bisa dibilang hanya pulau endapan yang luasnya tak begitu besar, namun Bengkalis memiliki keindahan alam yang tak kalah dengan daerah di luarnya.

Bengkalis juga dengan seizin Allah sangat jarang terjadi bencana alam, seperti gempa, tanah longsor, tsunami, apalagi gunung meletus, karena tak adanya gunung ataupun pegunungan di sini.

Seringnya hanya banjir, itupun tidak sampai menimbulkan korban jiwa, hanya jalanan yang terendam saja, dan itu sangat jarang sampai ada yang mengungsi tempat tinggal.

Selain itu di musim kemarau, kabut asap sering kali terjadi. Alhamdulillah tidak berjalan begitu lama.

Jika berbicara Kabupaten Bengkalis, cangkupan tempat wisatanya cukup luas.
Seperti Harationica Water Park yang ada di Kota Duri, Kecamatan Mandau. Atau Telaga Suri Perdana yang ada di Bukit batu.

Di Bengkalis kotanya sendiri banyak tempat wisata, menjadi ciri khas daerah yang dijuluki kota terubuk.

Hari ini, Fatma, Arumi dan Kirana akan menghadiri kajian Akbar di masjid Istiqomah selepas ashar.

Tapi mereka memutuskan berangkat jam dua siang untuk berkeliling kota terlebih dahulu. Menghabiskan waktu untuk sekadar makan bersama ataupun berbelanja.

Arumi mengemudikan mobil Ferrari hitamnya dengan tenang. Kirana di samping kirinya sedang membaca majalah, sedangkan Fatma di kursi belakang menyenandungkan selawat.

"Kita kemana dulu?" tanya Fatma.
Arumi melirik Fatma dari kaca tengah kemudian tersenyum.

"Ke taman Andam Dewi dulu, kita makan sate, terus beli batagor, minum sup buah, beli kerak telor sampe kenyang. Setelah itu ke plaza Laksamana, gue mau beli cemilan, si Kayla sama Nayla juga nitip kue kering. Persediaan coklat gue juga habis, pokoknya kita penuhin troli baru ke Istiqomah," jelas Arumi panjang lebar

Kirana menoleh, melihat sahabatnya tengah mengecek ponsel sembari menunggu lampu merah berganti warna.
"Ga diborong aja se-Mall Rum?" tanya Kirana.

Mustika (With You In Jannah)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang