27. Rekaman suara

501 54 0
                                    

"Lo jelasin ke gue, sebenernya ada apa? Soalnya gue bener-bener nggak ngerti siapa Ille dan Navin. Apa mereka orang-orang dari masa lalu lo?" tanya Fian.

"Huft. Iya, Ille dan Navin adalah orang-orang dari masa lalu gue di masa SMA. Gue ketemu Ille pas hari pertama MOS. Waktu itu, tiap kali gue ketemu Ille selalu aja marah-marah. Ada aja yang kita ributin. Ternyata pas pembagian kelas, gue sama dia sekelas. Awalnya kan kita berantem mulu tapi lama-kelamaan kita mulai deket dan ada perasaan aneh yang gue rasain ke Ille. Tiba-tiba Ille ngajak gue ketemuan dan dia tanya, apa bener gue suka sama dia. Gue awalnya ragu tapi gue mutusin buat jujur. Tapi ternyata perasaan gue bertepuk sebelah tangan. Terus Ille ngajak gue sahabatan. Yaudah gue terima dengan harapan kalau jadi sahabat, gue sama dia tetep bisa deket. Tapi hari-hari berikutnya gue ngerasa Ille ngejauhin gue. Sampe akhirnya dia ngejelasin kalau dia terpaksa menjauh karena disuruh sama Ruli. Ternyata itu semua rencana Ruli sama Kaka buat ngetes Ille apakah dia akan tetep memperjuangkan gue atau mengikhlaskan gue sama Ruli. Setelah kesalahpahaman selesai, Ille nembak gue. Dia bilang sebenernya dia sayang sama gue tapi karena terpaksa tadi makanya dia seolah nggak ada perasaan ke gue."

"Terus lo jadian sama Ille?"

"Enggak. Gue nggak jadian sama dia. Gue nolak Ille dengan alasan gue nggak mau pacaran karena nggak mau ada kata putus. Lagipula status nggak penting buat gue. Yang penting kan kita tau kalau kita punya perasaan sama-sama dan kita komitmen buat terus bersama. Walaupun dalam hati gue ada seseorang yang lebih dari Ille. Ta-tapi ... tapi ... hikshikshiks ...."

"Jangan nangis lagi, Dhe! Gue nggak bisa ngeliat lo kayak gini."

"G-gue ... hikshikshiks ... gue nggak bisa nahan air mata gue, Yan. Hikshikshiks ...."

"Kalau lo nggak sanggup, nggak papa, nggak usah diterusin ceritanya."

"Nanggung, Yan."

"Yaudah terserah lo."

"Gue tarik nafas bentar. Hhhhh. Pas liburan kenaikan kelas 10 ke 11, Ille ngerencanain buat ngajak gue dinner romantis dan mau nembak gue lagi. Dia minta bantuan ke Kaka sama Ruli. Mereka pergi ke sebuah kafe buat dekor biar bikin gue terkesan. Mereka ke kafe pas siang hari. Mereka pergi bertiga naik mobilnya Ille dan dia yang nyetir. Dia masih amatiran karena baru belajar nyetir. Tapi dia sok-sokan ngebut alhasil mereka ... hikshiks ... mereka kecelakaan, Yan. Hikshikshiks. Kaka sama Ruli meninggal di tempat hikshiks. Sedangkan Ille selamat, meskipun dia sempet koma beberapa hari. Lo tau, Yan? Gue ngerasa kehilangan Kaka hikshiks. Dia temen gue sejak lahir. Dari kecil kita selalu berempat, gue, Kaka, Kiki, sama Zahra. Tapi sekarang kita cuma bertiga hikshiks. Gue benci sama Ille! Gara-gara dia pengen nembak gue nyebabin sahabat gue meninggal hikshiks. Sejak saat itu, gue makin nggak pengen buat pacaran. Gue nyuruh Ille buat pindah sekolah dan setelah itu gue nggak pernah ketemu lagi sama dia. Sampe akhirnya waktu itu gue nggak sengaja ketemu dia sama pacarnya pas di di depan lift kantor. Gue kaget tiba-tiba ada yang nahan tangan gue sambil manggil nama Rosa. Pas gue ngeliat, ternyata itu Ille."

"Kenapa Ille manggil lo Rosa? Padahal kan nama lo Dhea."

"Itu karena nama panggilan gue yang sebenernya adalah Rosa. Tapi semenjak kejadian itu, gue nggak mau dipanggil Rosa lagi. Gue anggep Rosa udah mati bareng sama Kaka."

"Terus kalau Navin, dia siapa?"

"Pas kelas 11, gue nggak sengaja tau seorang selebgram bernama Navin. Awalnya gue bodoamat, nggak peduli dia siapa. Tiba-tiba Zahra bikin snap fotonya Navin. Ternyata Zahra suka sama dia. Gue pengen nyomblangin mereka. Tapi kan gue nggak kenal sama Navin. Makanya gue berusaha nyari tau tentang Navin. Eh, taunya gue malah suka sama dia. Gue nyari kontak temen-temennya sampe kakak sama pacar kakaknya Navin. Sampe suatu hari dengan tidak terduga, ada seseorang yang ngasih nomor WAnya Navin ke gue. Gue hubungin dia tapi ujung-ujungnya gue diblokir. Gue ganti nomor tapi diblokir lagi. Singkat cerita, pas liburan semester, gue sama temen-temen sekelas liburan ke Jogja. Nah, jadi semenjak kelas 12, Navin pindah ke Jogja sama kakek-neneknya. Waktu itu, pacar kakaknya Navin, namanya kak Sifa, sekretarisnya Iqbaal, dia nelfon gue dan nyuruh gue ke 0 km karena ada Navin di sana. Awalnya gue ragu tapi kan kesempatan nggak dateng dua kali. Jadi, gue mutusin buat nyamperin Navin. Pas gue nyampe sana, ternyata Navin lagi pelukan sama Okta. Gue langung lari dari sana. Terus gue berhenti di bawah pohon dan tanpa gue duga Navin nyamperin gue. Dia minta maaf dan ngejelasin kalau dia sama Okta nggak ada hubungan apa-apa. Okta emang suka sama Navin tapi Navin cuma nganggep Okta sebagai temen, nggak lebih. Navin juga nggak tau kalau Okta bakal nyamperin dia dan tiba-tiba meluk. Terus Navin bilang kalau dia ... dia ... hikshiks ... dia tau kalau gue cuma suka sama dia tapi nggak beneran berjuang buat dia. Gue cuma jadiin dia sebagai bahan pembelajaran gue. Gue bingung dia tau dari mana tapi dia nggak mau mempermasalahkan itu. Dia bilang kalau dia bukan bahagia gue tapi bahagia gue adalah orang yang lebih dari dia. Terus dia ngasih gue surat lalu dia pergi. Gue balik ke penginapan dan ternyata udah banyak panggilan nggak terjawab dari kak Sifa sama kak Tedi, kakaknya Navin. Perasaan gue mulai nggak enak. Gue telfon kak Sifa dan kak Sifa bilang kalau Navin udah pergi selama-lamanya hikshikshiks. Setelah kak Sifa share loc rumah sakitnya, gue langsung pergi ke sana. Dan ternyata, Navin beneran udah ada di ruang jenazah. Kak Sifa ngasih gue surat yang sama kayak Navin kasih. Tapi surat dari Navin tadi, pas gue sampe penginapan anehnya tiba-tiba udah nggak ada. Kata kak Sifa, Navin kecelakaan pas ngejar gue lari. Tiba-tiba ada sebuah mobil nabrak dia karena dia nggak liat kanan kiri dulu. Dan kemungkinan yang sempet nyamperin gue adalah arwahnya Navin. Dia pengen nemuin gue buat terakhir kalinya. Gue ... hikshiks ... gue ngerasa bersalah sama Navin, Yan. Tapi jujur, gue emang suka sama dia walaupun emang bener ada yang lebih dari dia."

"Kalau nggak salah, gue pernah denger bu Sifa manggil lo Nay kan? Itu kenapa?"

"Setelah Rosa gue anggep mati, gue ganti nama panggilan jadi Naya. Terus setelah Navin meninggal, gue juga anggep Naya meninggal. Makanya gue ganti nama panggilan jadi Dheana."

"Apa nanti Dheana akan berubah lagi?"

"Kayaknya enggak. Gue udah nyaman sama nama Dheana."

"Oke. Hm, kalau gue boleh tau, siapa yang lebih dari Ille dan Navin?"

"Siapa lagi Yan kalau bukan dia hikshiks."

"Iqbaal?"

"Iya. Sejak pertama kali gue ngeliat Iqbaal di TV 9 tahun yang lalu, sejak itu pula gue langsung suka sama dia. Gue juga nggak tau kenapa harus dia yang bikin gue kayak gini. Gue bisa suka sama siapapun, tapi nggak lama paling cuma sebulan habis itu yaudah. Yang bener-bener gue suka, gue sayang, bahkan yang sekarang gue cinta ya cuma Iqbaal. Beneran cuma Iqbaal Yan, nggak ada yang lain. Kalau ada yang bilang gue masih suka sama Ille, itu nggak bener. Gue nggak ada perasaan apa-apa sama dia. Sekarang, di hati gue cuma ada satu nama yaitu Iqbaal. Tapi ... hikshiks ... tapi Iqbaal nggak percaya sama gue hikshiks. Dia malah nuduh gue selingkuh. Padahal gue selalu setia sama dia. Bahkan saat dia nggak ada kabar selama tiga bulan, gue selalu setia kan sama dia? Lo juga tau kan Yan gue nggak pernah ada hubungan sama cowok lain di belakang Iqbaal? Gue juga nggak ngerti kenapa dia bisa-bisanya ngatain gue penggoda. Padahal gue nggak pernah goda siapa-siapa. Ille? Navin? Gue nggak pernah goda mereka. Pas gue deket sama mereka, posisinya mereka lagi jomblo dan nggak pacaran sama siapa-siapa. Terus foto yang tadi lo liat, itu emang foto gue dulu sama Ille pas kita lagi deket-deketnya sebelum peristiwa itu terjadi. Tapi yang foto gue sama Navin ketawa terus pelukan, gue pastiin foto itu cuma editan. Dulu gue sama Navin emang pernah pelukan dan itu cuma sekali pas Navin ngejar gue yang berarti gue pelukan sama arwahnya. Ya kali arwah bisa difoto. Enggak kan? Gue berusaha jelasin ke Iqbaal, tapi dia nggak ngasih kesempatan sama gue hikshiks. Iqbaal udah nggak percaya lagi sama gue hikshiks. Apa mungkin Iqbaal udah nggak cinta lagi ya sama gue? Apa sekarang dia cinta sama Meesya?"

Fian diam.

"Jawab gue, Yan? Apa bener kalau Iqbaal-"

"Sssttt! Lo tenang, Dhe! Gue yakin Iqbaal masih cinta sama lo."

"Tapi kenapa dia nggak percaya sama gue? Kenapa dia ngeraguin cinta gue, Yan? Hikshikshiks ...."

"Bukannya dia nggak percaya dan ngeraguin lo, tapi posisinya dia lagi emosi. Dia cemburu karena ada cowok lain yang deket sama lo. Dia terlalu takut buat kehilangan lo, Dhe. Lo yang sabar. Kalau udah waktunya, Iqbaal pasti sadar dan dia akan kembali sama lo. Kalian saling mencintai. Gue yakin kelak kalian akan bahagia. Lo hanya perlu bersabar menunggu waktu itu tiba."

"Lo bener. Gue harus bersabar. Makasih ya, Yan. Makasih banyak. Lo selalu ada buat gue. Lo selalu percaya sama gue."

"Nggak perlu bilang makasih. Itu kan udah tugas gue selalu ada buat lo. Secara kan kita temen. Ya nggak?"

"Iya, kita temen."

"Yaudah jangan nangis lagi! Gimana kalau sejarah kita cari makan? Lo pasti laper kan karena habis nangis?"

"Tau aja lo. Ayo lah! Tapi traktir ya hehe."

"Beres. Kuy lah!"

Audio telah selesai diputar.

Iqbaal & Dhea || ENDTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang