"Maaf Den, kata Den Ibnu dia lagi ada tugas kuliah."
Sandi cowok yang saat itu masih kelas satu SMA cuma bisa menghela nafasnya. Dia ngebela-belain jalan kaki ke rumah cowok yang bersetatus pacarnya itu buat ngucapin selamat ulang tahun aja, tapi ternyata dia gak bisa ketemu sama cowoknya itu."Kalo gitu, tolong kasihin ini ke Ibnu ya Bi. Bilang dari Sandi."
Sandi ngasihin kotak kue yang sedari tadi dia bawa. Bahkan Sandi harus rela uang jajannya terkuras habis cuma buat beli kue kesukaan pacarnya itu dari toko kue yang terkenal mahal. Padahal tadi Sandi udah ngebayangin kalo dia bisa ngerayain ulang tahun pacarnya itu bareng-bareng. Tapi ternyata semua harapannya itu gak sesuai dengan espektasinya. Sandi cuma bisa berdoa seorang diri buat kebahagiaan Ibnu di hari ulang tahunnya."Iya Den."
Sandi melangkah pergi ninggalin rumah Ibnu dengan rasa kecewa. Bukan sekali atau dua kali aja Sandi selalu berakhir kecewa kaya gini, tapi udah terlampau sering. Ibnu, cowoknya itu selalu sibuk sama dunia dia sendiri, bahkan Ibnu gak pernah punya waktu sedikitpun buat dia. Sandi gak minta Ibnu buat selalu ada untuk dia, Sandi tau Ibnu Mahasiswa yang selalu sibuk sama tugas kuliahnya, tapi seenggaknya Ibnu punya sedikit waktu buat ketemu dia walau cuma sebentar atau membalas chat-chanya selama ini yang selalu di abaikan dan gak pernah di baca sama sekali sama Ibnu. Sandi kadang ngerasa kalo hubungan mereka cuma sekedar setatus doang, kaya cangkang tanpa ada isinya."AKU TAU KAMU UDAH GAK CINTA LAGI SAMA AKU! TAPI BUKAN BERARTI KAMU BISA SEENAKNYA BAWA WANITA ITU KE RUMAH INI!"
"INI RUMAH AKU! JADI TERSERAH AKU MAU BAWA SIAPAPUN KE SINI!"
"TAPI HARGAIN AKU! AKU MASIH ISTRI KAMU?"
"HARGAIN? TERUS KAMU APA BEDANYA SAMA AKU? APA KAMU PERNAH NGEHARGAIN AKU? AKU TAU SELAMA INI KAMU BERHUBUNGAN SAMA LAKI-LAKI ITU!"
Sandi terus melangkah pergi ke kamarnya saat dia sampai rumah dan langsung di sambut sama teriakan Ibunya yang lagi marah ke Bapaknya, dan sebaliknya. Sekali lagi Sandi udah biasa, setiap hari rumahnya selalu gaduh dengan pertengkaran kedua orang tuanya, setiap hari selalu ada teriakan juga caci maki yang keluar dari kedua orang tuanya. Sandi capek, tapi Sandi gak bisa ngapa-ngapain. Satu-satunya orang yang Sandi harapkan sebagai tempat bersandarnya selalu sibuk. Sandi cuma seorang diri, Sandi gak punya siapapun buat jadi tempatnya bersandar.
Sandi meraih HP nya dan mengetik sesuatu di Sana, walaupun dia tau chatnya gak akan pernah di baca oleh orang di sebrang sana.
"Nu, Nyokap sama Bokap gue berantem lagi. Gue capek Nu dengerin mereka berantem mulu. Gue capek sendirian."
Sandi mengirim chatnya ke Ibnu terus pergi tidur dengan rasa sepinya.Hari demi hari selalu terulang, hati-hari Sandi terus berputar di tempat yang sama setiap harinya, di abaikan oleh Ibnu, mendengar Ibu dan Bapaknya berantem. Hanya itu aja yang ada di setiap hari Sandi.
Sampai pada satu hari, pondasi yang coba dia buat runtuh, pondasi yang selama ini tetap di pertahankan oleh Sandi agar dia gak jatuh akhirnya runtuh juga. Orang tuanya bercerai. Anak mana yang gak sedih kalo kedua orang tuanya berpisah. Senakal-nakalnya Sandi, dia tetep sayang sama kedua orang tuanya. Dia gak mau kedua orang tuanya berpisah, Sandi mau keluarganya utuh lagi. Tapi semua itu udah gak mungkin.
"Halo Nu...."
Sapa Sandi sambil menahan isakannya."Maaf San, aku lagi ada tugas. Nanti lagi aja nelponnya."
Tut.
Tut.
Tut.
"Orang tua gue cerai Nu hiks."
Isak Sandi ke HP nya yang udah gak tersambung lagi.Sandi frustasi, seharian ini dia cuma berjalan menelusuri jalan kaya orang linglung. Sandi gak perduli sama kakinya yang udah capek melangkah.
Sandi terus berjalan sampai malam menjelang, baju seragamnya udah kumal, Sandi pun udah kuyu penuh dengan keringat. Tapi Sandi masih terus melangkah. Sampai dia gak sengaja ngeliat Ibnu lagi nongkrong di sebuah kafe dan bercanda gurau sama temen-temennya. Sandi tersenyum miris, di saat dia lagi kaya gini tapi Ibnu malah ketawa-ketawa sama temen-temennya. Dengan pasti Sandi menghampiri Ibnu, dan bikin anak mahasiswa itu kaget karena ngeliat Sandi dengan tampilan kumal ada di hadapannya."Gue mau ngomong sama lo Nu."
Kata Sandi datar, dan ini baru pertama kali bagi Ibnu ngedenger Sandi ngomong dengan tanpa ekspresi kaya gitu. Sandi yang biasanya selalu ngomong dengan penuh antusias sekarang nada bicaranya jadi dingin."Tapi aku lagi sama temen-temen aku San."
"Lo lebih mentingin temen-temen lo dari pada gue Nu? Ok, gue berhenti Nu. Gue capek berjuang sendirian selama ini, gue capek cuma gue yang ngertiin lo selama ini, tapi lo gak pernah ngertiin gue sama sekali."
Sandi gak perduli kalo temen-temennya Ibnu jadi tau kalo Ibnu itu gay, Sandi gak perduli."San."
"Ortu gue cerai Nu, dan lo satu-satunya orang yang gue harepin jadi tempat bersandar gue, lo gak ada buat gue Nu. Lo gak pernah ada buat gue. Gue gak butuh semua waktu lo Nu, tapi seenggaknya lo luangin sedikit waktu buat gue cerita Nu. Tapi selama ini lo gak pernah ada waktu buat gue."
"San kamu...."
"Selalu kata nanti yang lo ucapain, gue selalu nunggu kata nanti itu Nu, sampe sekarang gue masih nunggu kata nanti itu."
"San aku..."
"Tapi sekarang gue capek Nu, gue capek nungguin lo dan kata-kata nanti lo. Gue capek sama hubungan kita. Gue mau putus Nu. Maaf kalo selama ini gue ngebuang-buang waktu lo yang sangat berharga itu."
Sandi mengakhiri ucapannya dan pergi ninggalin Ibnu yang masih mematung di tempatnya.Sandi pergi tanpa ekspresi, semua rasa pahit Sandi pendam seorang diri di hatinya. Sandi janji ke dirinya sendiri kalo gak akan pernah ada air mata lagi yang keluar dari matanya. Sandi gak akan menaruh harap lagi ke orang lain, Sandi hanya akan menggantungkan diri ke dirinya sendiri. Sandi gak mau terluka lagi.
KRING.
KRING.
KRING.
"Anjing! Kenapa gue mimpiin si kunyuk Ibnu?"
Sandi bangun dari tidurnya. Bisa-bisanya dia mimpiin masa lalunya sama Ibnu. Masa lalu yang udah di kubur dalam-dalam oleh Sandi, masa lalu yang menyakitkan dan gak akan pernah bisa buat Sandi lupain."Keenakan si kunyuk Ibnu gue mimpiin."
Sandi bangun dan bersiap memulai hari barunya, yang jauh dari kedua orang tuanya, juga tentu aja jauh dari Ibnu. Mulai dari sini, Sandi akan memulai semuanya dari awal.Tbc
Ada yang inget si Sandi?
Emak lanjutin di sini aja ya gak di karyakarsa lagi.
Rahasia kita gak sengaja keapus sama Emak. Jadi si Sandi sebagai gantinya aja ya, gak apa-apa kan?
Kuy di vote!