Sandi bengong di kosannya, udah hampir seminggu Sandi ditinggalin sama Ziras. Sebenernya gak di tinggalin juga, tiap hari Ziras masih suka nganter sama ngejemput sekolah, begitupun kalo di sekolah mereka selalu bareng. Tapi berhubung setiap Hari Sandi selalu di temenin di kosannya atau di ajak jalan gak tentu tujuannya sama Ziras, sekarang pas ditinggal Ziras kaya gini Sandi agak kesepian. Ziras bilang sih kalo dia beberapa hari kedepan bakal sibuk karena ada urusan, tapi Sandi gak tau Ziras sibuk apaan. Mau nanya juga Sandi gengsi.
"Gak ada si Ziras, gak ada yang bisa gue suruh buat beli makan."
Sandi bosen, Sandi juga lapar, tapi dia males buat beli makan keluar. Mau pesen online Sandi udah terlanjur cinta sama Warteg langganannya, dan warteg langganannya itu gak bisa pesen online bisanya offline doang."Lo nyusahin banget Ras."
Sandi bangun dari posisi tidurnya. Berhubung perutnya udah gak bisa di ajak berkompromi, akhirnya Sandi mau gak mau harus beli makannya sendiri.Sandi memakai jaketnya, gak lupa dia bawa dompet juga HP, takut kalo Ziras ke kosannya pas dia lagi beli makan.
"Ibnu."
Baru juga Sandi buka pintu, dia udah di bikin kaget sama penampakan sesosok manusia yang paling gak mau dia liat dimuka bumi. Mantannya Ibnu."San, kebetulan baru mau aku ketok pintunya."
Cengir Ibnu."Yang ada gue yang pengen ngetok kepala lo pake linggis. Mau ngapain lo kesini?"
Tanya Sandi judes."Aku kangen kamu."
Jawab Ibnu. Sandi memutar bola matanya malas. Dulu aja waktu mereka pacaran, gak pernah tuh Ibnu bilang kalo dia kangen, walaupun mereka udah gak ketemuan berminggu-minggu. Terus sekarang pas mereka udah putus dan gak ada hubungan lagi, Ibnu baru bilang rindu. Ibnu Rindunya udah kadaluarsa."Gue enggak."
Ucap Sandi masih judes."Mending lo pergi Nu, lo ganggu gue."
Lanjut Sandi menutup pintu kosannya dan pergi."San, bisa kita ngobrol bentar?"
Pinta Ibnu menahan tangan Sandi. Ibnu jauh-jauh datang ke Jakarta bukan berniat untuk di usir oleh Sandi, ada sesuatu yang harus Ibnu obrolin sama mantannya itu."Gue sibuk."
Jawab Sandi."Please San, bentar aja."
Pinta Ibnu lagi."Ok, tapi bentar aja."
Ucap Sandi pada akhirnya.Dan disinilah mereka sekarang, di sebuah Kafe yang gak jauh dari kosannya Sandi. Sandi ogah kalo ngobrolnya jauh-jauh, ribet pulangnya nanti.
"Lo mau ngomong apa?"
Tanya Sandi to the point."Kamu apa kabar San?"
Tanya Ibnu."Jangan basa-basih deh Nu, tanpa lo tanyapun lo udah tau kabar gue gimana."
Tanpa harus ditanyapun Ibnu udah tau kalo kabar Sandi baik-baik aja. Bisa di liat dari Sandi yang masih marah-marah."Aku seneng kamu baik-baik aja."
Tuh kan ibnu udah tau."Udah? Lo cuma mau tau kabar gue aja kan? Kalo gitu gue mau pergi."
"San, apa gak ada kesempatan buat aku?"
Tanya Ibnu buru-buru menggenggam tangan Sandi yang ada di atas meja, biar Sandi gak pergi."Nu, kita udah selesai dari lama."
Ucap Sandi ngingetin Ibnu kalo hubungan mereka udah selesai dari lama. Lalu kesempatan apa yang Ibnu minta dari hubungan yang udah selesai itu?"Aku sayang sama kamu San."
Sandi berdecih, Sayang? Ibnu emang berengsek. Waktu mereka jadian Ibnu gak pernah bilang sayang, yang Ibnu bilang selalu dia lagi sibuk.
"Lo baru sayang gue sekarang Nu? Dulu-dulu lo kemana Nu? Dulu lo kemana pas gue sayang sama lo?"
Tanya Sandi."Aku tau aku salah San, dan udah ribuan kali aku minta maaf sama kamu soal itu."
"Mau sampe mulut lo berbusapun maaf lo gak akan ada artinya Nu, maaf lo gak bisa balikin hati gue yang udah sakit."
Hati Sandi udah terlanjur sakit, mau berapa ribupun Ibnu mengucap maaf, itu gak akan mengembalikan hati Sandi ke semula, di saat semuanya baik-baik aja."Aku emang bodoh banget waktu itu San, aku lebih mentingin urusan kuliah aku dan temen-temen aku dari pada kamu. Tapi aku janji aku bakal berubah, aku gak akan kaya gitu lagi. Aku bakal lebih mentingin kamu, jadi aku mohon...."
"Janji ada buat di ingkari Nu. Gue gak mau jatuh kelubang yang sama buat kedua kalinya. Dulu emang gue sayang sama lo Nu, banget. Tapi itu dulu Nu. Sekarang gue udah nemuin seseorang yang gue yakin lebih baik dari lo Nu."
Ucap Sandi yang bikin Ibnu tertohok."Dia sayang sama gue tanpa sarat apapun Nu, dia selalu ada buat gue, tanpa gue minta sekalipun. Dia selalu berusaha buat gue bahagia Nu, yang jelas-jelas beda sama lo."
Ya, Ziras selalu ada untuknya tanpa dimintapun, Ziras selalu berusaha membuat Sandi bahagia walau dengan hal kecil sekalipun. Setelah ketemu Ibnu, Sandi sadar kalo Ziras jauh lebih baik dari Ibnu."Tapi aku yang lebih kenal kamu lebih lama San."
"Bukan siapa yang datang lebih dulu Nu, tapi siapa yang lama tinggal. Lo emang lebih lama kenal gue dari pada dia, tapi dia yang berjuang tetep tinggal di sisi gue. Walaupun sekarang lo juga berjuang buat gue, tapi udah beda Nu. Perjuangan lo udah gak berarti apapun lagi buat gue."
Sandi menolehkan tatapannya keluar jendela, dan mata Sandi langsung membola saat melihat Ziras di luar sana sedang menatapnya dengan tentengan di tangannya."Gue rasa udah gak ada yang harus kita omongin lagi Nu."
Sandi menarik tangannya dan langsung berlari pergi nyamperin Ziras. Gak tau kenapa Sandi jadi takut. Takut kalo Ziras salah paham dan pergi ninggalin dia. Sandi gak mau di tinggalin lagi."San, tunggu!"
Ibnu gak tinggal diam, dia pergi mengejar Sandi yang langsung berhambur kepelukan Ziras diluar Sana.Ibnu memperhatikan cowok di depannya, yang berpakaian lusuh dengan kaos penuh oli juga sendal jepit butut di kakinya. Mungkinkah dia yang di maksud Sandi barusan? Cowok penggantinya yang jauh lebih baik darinya?
"Siapa lo?"
Tanya Ziras ketus. Sekarang Ziras dalam mode peremannya. Raut wajahnya gak bersahabat sama sekali, dan tatapannya tajam menatap cowok asing di depannya."Gue Ibnu."
Jawab Ibnu gak kalah ketusnya."Oh, jadi lo mantannya. Ada perlu apa lo sama pacar gue?"
Tanya Ziras menekan kata Pacar dalam kalimatnya, untuk mempertegas bahwa Sandi miliknya."Bukan urusan lo."
Jawab ibnu."San, urusan lo udah beres sama dia?"
Tanya Ziras yang masih lurus menatap Ibnu."Udah."
Jawab Sandi yang masih memeluk Ziras."Kita balik!"
Ajak Ziras."Gue belom selesai ngomong sama dia."
Ucap Ibnu mencekal tangan Sandi. Dengan paksa Ziras menyentak tangan Sandi agar genggaman Ibnu terlepas, dan dengan cepat pula Ziras menarik kerah baju Ibnu."Lo, jangan pernah ganggu lagi pacar gue."
Ucap Ziras memperingatkan."Lo cuma masa lalu dia."
Lanjut Ziras mendorong Ibnu sampai hampir terjatuh."Kita balik!"
Ziras menggenggam tangan Sandi dan membawanya pergi. Sandi mendongak melihat raut wajah Ziras yang ketara lagi emosi."Maaf."
Cicit Sandi pelan."Gak usah minta maaf."
Jawab Ziras datar."Tapi...."
"Gue lagi males ngomong San."
Potong Ziras."Ok."
Tbc
.
.
.
.
.Nah loh si Ziras ngambek.
MET MALAM MINGGU WAHAI KAUM PECINTA GULING.
KUY DI VOTE!