"Dulu waktu gue kecil, gue pernah ke kepulauan seribu, tapi bukan ke pulau ini."
Sandi memandang lurus hamparan laut di depannya. Sekarang mereka lagi mampir di salah satu pulau. Vino, Bian sama Aka lagi sibuk foto-foto, sementara Sandi sama Ziras lebih memilih duduk di tepi pantai, ngebiarin kaki mereka sesekali terkena ombak."Bukannya lo tinggal di Batam San?"
Tanya Ziras. Perasaan Sandi tinggalnya di Batam, tapi kok bisa nyasar ke kepulauan seribu? Apa Sandi sengaja buat liburan?"Gue dulu tinggal di Jakarta Ras, terus kelas 2 SMP gue pindah ke Batam. Eh taunya gue malah pindah lagi ke Jakarta." Jelas Sandi.
"Ada bagusnya lo pindah lagi ke Jakarta San, gue jadi bisa ketemu sama lo."
Sandi langsung menoleh ke Ziras yang duduk di sampingnya. Cowok itu masih terus memandang lurus ke depan. Sandi emang ngerasain kalo ada yang aneh sama Ziras, tapi dari ucapan Ziras barusan, kok Sandi ngerasa kalo seakan-akan Ziras suka sama dia."Maksud lo?"
Tanya Sandi."Kalo lo gak pindah lagi ke Jakarta gue gak bisa ketemu sama lo, gitu juga sama lo. Kita gak akan temenan kalo lo gak pindah lagi ke Jakarta."
Jawab Ziras. Sandi langsung kembali ngeliatin lautan lagi. Mungkin cuma perasaan Sandi doang, gak mungkin Ziras suka sama dia. Apa lagi Ziras belum tentu doyan cowok."San, lo pernah pacaran?"
Tanya Ziras. Ziras tau kalo Sandi itu jomblo, tapi Ziras gak tau kalo Sandi pernah punya pacar atau belom."Pernah."
Jawab Sandi."Mantan lo pasti banyak."
Tebak Ziras."Cuma satu."
Mantannya Sandi itu cuma satu doang, dan itu cuma Ibnu seorang."Lama pacarannya?"
Tanya Ziras lagi."Setaun, abis itu putus."
Sandi gak mau ceritain kisah cintanya sama Ibnu ke Ziras, karena menurut Sandi Ibnu itu udah gak penting. Kisahnya sama cowok itu udah terkubur buat selamanya."Kalo lo?"
Tanya balik Sandi."Pernah lah, gue ganteng gini, masa belom pernah pacaran."
Jawab Ziras pede yang bikin Sandi rasanya pengen muntah."Putusnya kenapa?"
Tanya Sandi."Di tinggal pergi buat selamanya."
Jawab Ziras menengadahkan kepalanya ke langit yang cerah berwarna biru. Mungkin sekarang Aji di atas sana lagi ngeliat dia lagi mojok sama Sandi. Ziras yang ngebayangin itu jadi geli sendiri."Maksud lo?"
"Dia udah meninggal San."
Jawab Ziras lirih."Sorry Ras."
Sandi jadi gak enak. Pasti sekarang Ziras jadi inget sama mantannya yang udah pergi untuk selamanya itu."Santai aja, dia perginya udah lama ini kok. Dia gak akan baper kalo di omongin."
Sandi mendengus, ternyata percuma dia ngerasa gak enak sama Ziras, orang Zirasnya aja kaya gitu."Bego lo Ras!"
Ziras terkekeh ngeliat Sandi yang kesel sama dia.Di lain tempat Vino, Bian, sama Aka lagi merhatiin Ziras sama Sandi yang duduk berduaan.
"Mereka sebenernya lagi ngomongin apa sih Ka? Kenapa kita gak boleh nyamperin mereka?"
Tanya Bian, tadi dia mau nyamperin Ziras sama Sandi tapi gak di bolehin sama Aka, katanya Ziras sama Sandi lagi ngobrol serius. Tapi Bian gak tau mereka lagi ngomongin apa."Emang sepenting apa sih sampe kita gak boleh ikut nimbrung?"
Sekarang giliran Vino yang nanya."Atau jangan-jangan mereka lagi ngegibahin gue?"
Tuduh Bian yang langsung dapet geplakan dari Aka."Gak ada manfaatnya mereka ngegibahin lo Bi."
Ucap Aka."Mereka lagi ngakrabin diri ya Ka?"
Tanya Vino yang terus merhatiin Ziras sama Sandi yang lagi asik ngobrol juga sesekali bercanda dan ketawa."Iya."
Jawab Aka singkat."Kenapa ngakrabin diri lagi? Mereka kurang akrab apa lagi coba No? Pulang pergi sekolah selalu bareng udah kaya Galih dan Ratna."
Menurut Bian, Ziras dan Sandi itu udah akrab, bahkan saking akrabnya pulang dan pergi sekolah selalu barengan."Bi, si Ziras kan baru kenal sama si Sandi. Seakrab-akrabnya mereka tetep aja si Ziras gak seakrab kaya ke kita. Si Ziras gak terlalu kenal si Sandi, jadi mungkin si Ziras perlu tau lebih banyak soal si Sandi biar temenannya lebih enak."
Jelas Vino."Tapi kok cuma si Ziras doang? Kan gue juga pengen makin akrab sama si Sandi."
Protes Bian."Si Sandi bukan tipe orang yang suka cerita ke orang banyak, mungkin kalo cuma ke si Ziras doang dia mau cerita."
Bian ngangguk, apa yang di omongin sama Vino ada benernya juga. Selama ini Sandi cuma ngasih info alakadarnya doang, kaya cuma Sandi yang anak rantau dan ngekos sendirian di Jakarta, jomblo, dan pernah gak naik kelas gara-gara di keluarin dari sekolah perkara gebugin anaknya kepsek sampai koma, dan harus cuti sekolah sementara. Selain itu mereka gak tau apa-apa lagi tentang Sandi."Eh, tapi ngomong-ngomong gue juga belum tau tentang si Ziras. Gue terlalu asik temenan sama dia dan gak tau seluk beluk tentang si Ziras."
Ngomong-ngomong selain Sandi, Bian pun gak tau banyak tentang Ziras. Bian cuma tau kalo Ziras itu udah gak punya Bapak, selebihnya Bian gak tau apa-apa lagi tentang Ziras, sangking dia keasikan main sama Ziras sampai Bian lupa buat mengenal lebih jauh temennya itu. Bahkan Bian sampai sekarang gak tau rumah Ziras, padahal Ziras udah sering main ke rumahnya."Lo gak perlu tau tentang si Ziras. Lo cuma perlu temenan aja sama dia, toh tanpa lo perlu tau siapa si Ziraspun tuh anak udah asik di ajak maen."
Dia tau kalo Ziras gak mau kedua orang temennya itu tau tentang kehidupan Ziras yang sebenernya. Karena Ziras pernah bilang kalo Vino sama Bian cukup tau aja Ziras yang selalu happy dan tukang pukul, selebihnya mereka gak perlu tau."Iya juga sih, si Ziras asik banget anaknya. Beda sama si Sandi yang kadang suka nyebelin."
Bian setuju sama ucapan Aka soal Ziras yang asik di ajak main. Sedari awal mereka kenalpun Ziras emang udah asik di ajak main, saking asiknya mereka jadi terus temenan sampai sekarang."Biarin mereka berdua makin akur. Kuy cari jajan! Atau belanja suvenir buat emak lo pada."
Ajak Aka yang langsung di ikutin sama Bian dan Vino."Ras."
Panggil Sandi."Hemmm."
Jawab Ziras."Makasih."
"Buat?"
Tanya Ziras menoleh ke Sandi yang juga lagi menoleh dan ngeliat dia."Udah mau jadi temen gue, padahal gue orangnya kaya gini."
"Kaya gini gimana?"
Tanya Ziras lagi."Kasar, emosian, juga nyebelin."
Sandi sadar kok kalo dia bukan orang baik, dan banyak banget kekurangan di dalam dirinya. Tapi Ziras tetep mau temenan sama orang kaya dia."Lo pikir temen-temen gue orang normal semua? Lo liat sendiri temen-temen gue juga gak ada yang normal San. Si Aka, Vino, juga si Bian, apa menurut lo mereka normal? Mereka bahkan lebih parah dari lo San."
"Tetep aja gue makasih sama lo Ras. Gue seneng temenan sama lo pada."
"Gue juga seneng kok temenan sama lo San."
Ziras mengacak rambut Sandi yang emang udah acak-acakan karena tertiup angin sedari tadi."Makasih udah dateng."
Lanjut Ziras. Dan untuk yang pertama kalinya Sandi ngeliat Ziras senyum, dan senyuman itu bikin nular ke Sandi, dan tanpa sadar Sandi pun ikut tersenyum."Aji, gue izin buat sayang sama cowok yang ada di depan gue ini. Tapi bukan berarti gue ngelupain lo. Gue sayang sama lo Ji, tapi sekarang gue sayangnya sama dia. Gak apa-apa ya Ji? Biar kita sama-sama bahagia."
.
.
.
.Tbc
Di restuin kok Ras sama si Aji.