"San, lo gak sakit perut apa tiap hari makan mie ayam pake sambel sama saos banyak gitu?"
Tanya Bian. Setiap hari kalo istirahat Sandi itu selalu makan mie ayam dengan sambel dan juga saos yang seabreg. Bian aja yang setiap hari cuma ngeliatnya udah sakit perut."Enggak."
Jawab Sandi singkat. Sandi itu emang udah pada dasarnya doyan sama pedes, jadi dia gak pernah sakit perut walaupun makan pedes tiapa hari."Lo kayanya cocok jadi cees ngerujak Emaknya si Bian."
Kata Ziras. Ibunya Bian itu doyan banget ngerujak, kalo setiap mereka main ke rumah Bian, pasti selalu di ajakin ngerujak bareng, dan alhasil pas pulang mereka sakit perut semua."Biar kita gak jadi korban terus."
Kata Aka."Iya, biar kita ga jadi tumbal rujak Emaknya si Bian lagi."
Sambung Vino. Sandi cuma ngedengerin temen-temennya yang sedari tadi ngoceh itu. Sandi lagi makan, jadi dia harus fokus sama makanannya biar gak keselek."Ra...Ras. Nanti pulang sekolah ada rapat OSIS."
Ziras yang lagi makan mie ayam ngedongak ke samping, di sana ada cowok culun yang merupakan anggota OSIS, atau lebih tepatnya cowok itu menjabat sebagai sekertaris di OSIS."Buat apa gunanya ada wakil ketua? Si Tomi kan ada."
Ziras itu paling males kalo harus rapat OSIS, dia kan jadi ketua OSIS juga gak sengaja, dan gak ada niat. Jadi buat apa dia harus ikutan kegiatan OSIS segala. Kecuali waktu MOS kemarin, Ziras suka ngerjain para calon adik kelasnya itu."Ta...tapi Ras."
"Lo mau dapet tanda kasih sayang dari gue di muka lo?"
Yang di maksud tanda sayang sama Ziras itu adalah tonjokan di muka."Enggak mau."
Jawab cowok itu cepat."Yaudah sana pergi!"
Usir Ziras. Cowok itu langsung pergi ninggalin meja Ziras dan temen-temennya. Dia takut dapet tanda sayang dari Ziras."Lo jadi ketua OSIS gak ada gunanya Ras."
Ledek Sandi."Salahin para kunyuk yang seenak jidatnya nyalonin gue."
Vino dan Bian cuma bisa nyengir, sementara Aka tetep kalem, padahal yang selalu mengancam anak-anak buat milih Ziras itu Aka."Kan biar lo jadi pemimpin gitu Ras."
Cengir Vino."Sekalian aja lo pada calonin gue jadi kepsek."
Sungut Zras."Lo mau?"
Tanya Aka."Tai lo Ka."
Temen-temennya Ziras ketawa, bgitupun juga Sandi. Ziras itu kalo udah kesel sama Aka cuma bisa mengumpat. Gak tau kenapa, tapi Ziras gak perna mukul Aka, bahkan ngejitak Aka sekalipun Ziras gak pernah. Beda halnya kalo Ziras kesel sama Vino atau Bian, Ziras akan langsung menggeplak kepala mereka. Ziras emang pilih kasih.Bel pulang sekolah bunyi, berhubung mereka lagi males buat nongkrong-nongkrong, atau lebih tepatnya uang jajan mereka udah abis, jadi mereka mutusin buat langsung pulang aja.
"Thanks Ras."
Ucap Sandi saat turun dari motornya Ziras."Sama-sama, gue balik ya."
Pamit Ziras yang di anggukin sama Sandi.Ziras memacu motornya dengan kecepatan pelan, toh rumahnya gak terlalu jauh dari kosannya Sandi, jaraknya gak sampai 1 kilo meter. jadi buat apa dia buru-buru.
Niatnya Ziras pulang ekolah dia mau langsung tidur, lumayan duduk berjam-jam di kelas bikin capek. Tapi Ziras langsung pergi lagi pas dia sampai di depan pintu rumahnya.
Ziras menghentikan motornya di depan pintu gerbang rumah yang gede juga mewah. Pintu gerbang itu langsung di buka sama satpam pas tau yang datang itu Ziras. Tanpa perlu permisi terlebih dulu, Ziras langsung masuk ke dalam rumah itu, dan langsung masuk kesalah satu kamar yang ada di rumah itu.
"Ibu lo bawa cowok lagi ke rumah?"
Tanya Aka. Iya, Ziras pergi ke rumah Aka. Tempat dimana Ziras biasa buat mengungsi untuk beberapa saat."Yoi."
Jawab Ziras Santai dan rebahan di kasur Aka yang empuk itu."Padahal lo tetep di rumah pun gak apa-apa Ras."
"Gak apa-apa endas lo! Jijik gue denger suara-sura laknat kaya gitu."
"Gitu-gitu juga Ibu lo Ras."
"Gue tau Ka, tapi ya tetep aja gue jijik denger desahan Ibu gue."
Ibu Ziras itu seorang PSK, Ibu nya kerja menjajakan dirinya ke para lelaki, bahkan Ziras ada pun dari hasil Ibunya menjajakan dirinya itu. Makanya Ziras gak tau Bapaknya siapa, orang Ibunya aja gak tau siapa cowok yang menanamkan sepermanya yang mana. Tapi Ziras gak pernah ambil pusing, ada dan gak adapun Bapak, Ziras masih bisa hidup sampai sekarang. Dan yag tau Rahasianya ini cuma Aka seorang.Ziras udah temenan dari SD sama Aka, beda sama Bian dan Vino yang baru temenan waktu SMA. Bisa di bilang Aka itu best friendnya dan tempat curhatnya Ziras selama ini. Kalo Ibunya bawa cowok ke rumah, Ziras pasti larinya ke rumah Aka. Ziras males dengerin desahan-desahan ibunya yang keenakan di jamah cowok hidung belang.
Dari kecil Ziras gak terlalu deket sama Ibunya. Dari kecil juga Ziras udah biasa mandiri. Ziras ketemu Ibunya setiap subuh, pas wanita itu pulang kerumah habis kerja menjajakan diri. Itu pun cuma sekilasa aja, Ibu nya cuma ngasih uang jajan ke Ziras abis itu pergi ke kamar. Ziras hampir gak pernah ngomong sama Ibu nya. Bukan Ziras benci sama Ibu nya gara-gara Ibu nya seorang PSK. Ziras gak masalah kok sama kerjaan Ibunya itu, Ziras juga gak masalah jadi bahan gosip emak-emak di sekitar rumahnya gara-gara punya Ibu seorang PSK, walau kadang Ziras risih juga sih sama emak-emak tukang gosip itu. Mereka kaya gak ada kerjaan aja tiap hari ngegosipin Ibunya. Padahal belum tentu juga anak mereka kelakuannya di luar sana gak kaya Ibunya, justru bisa aja kelakuan anak mereka lebih parah dari Ibu nya.
"Lo mau nginep di sini?"
Tanya Aka."Kalo boleh."
Cengir Ziras."Halah, sok-sokan minta izin. Gue usir pun lo gak akan pergi."
Ledek Aka."Nah itu lo tau."
Cengir Ziras lagi."BTW gimana si Sandi?"
Tanya Aka tiba-tiba yang bikin Ziras yang lagi nyengir langsung merubah mimik mukanya jadi serius."Maksud lo?"
Bukannya ngejawab, Ziras malah balik nanya."Gue tau lo suka sama si Sandi."
Bukan cuma setahun atau dua tahun Aka temenan sama Ziras. Dia udah temenan sama Ziras itu dari kecil, jadi Aka udah tau banget Ziras itu kaya apa, termasuk kalo Ziras lagi suka sama seseorang."Enggak kok."
Elak Ziras."Ngaku aja lo Nyet."
"Kenapa lo bisa mengansumsikan kalo gue suka sama si Sandi?"
"Dari kelakuan lo aja udah keliatan Ras. Lo tiap hari berangkat dan pulang sekolah bareng."
"Itu karena rumah gue sama kosan dia satu arah dan gak terlalu jauh Ka."
"Ziras yang gue kenal gak bakal mau repot-repot anter jemput orang lain sekalipun dia itu temen. Ras gue tau lo, banget."
Ziras itu bukan termasuk orang yang mau merepotkan dirinya sendiri cuma buat hal sepele kaya gitu, sekalipun itu temennya sendiri. Tapi Ziras mau anter jemput Sandi buat sekolah, dan itu hal yang gak pernah Ziras lakuin. Bian minta nebeng anterin pulang gara-gara motornya rusak aja Ziras gak mau. Tapi Ziras dengan suka relanya mau pergi dan pulang sekolah bareng sama Sandi. Kalo Ziras gak tertarik sama Sandi terus apa?"Gue enggak."
"Gue tau lo lagi bohongin diri lo sekarang. Ras, lo udah harus move on. Adek gue udah gak ada."
"Gak bisa Ka."
"Itu bukan salah lo Ras."
.
.
.
.Tbc
Move on itu emang susah ya Ras.
MET MALAM SENEN EPRIBADEH.
SELAMAT TERBANGUN KEMBALI DARI KENYATAAN HIDUP.Berhubung Emak sekarang lagi sibuk kesana kemari buat berobat, kayanya Emak bakal jarang UP, mungkin UP cuma bisa seminggu sekali doang. Maafken Emak ya hehe.
KUY DI VOTE!