"Ngapain lo ke sini?"
Tanya Sandi pas liat Ziras berdiri di depan pintu kosannya dengan tentengan di tangannya."Bete gue di rumah."
Jawab Ziras sambil nyelonong masuk gitu aja ke kosannya Sandi. Sebenernya Ziras bohong soal bete di rumah. Tadi Vino sama Bian ngajakin dia buat malam mingguan nyari cewek bohay, tapi berhubung Ziras udah memantapkan diri buat ngedeketin Sandi, makanya Ziras lebih milih buat ngapel ke kosannya Sandi. Butuh waktu 3 hari 3 malem buat Ziras memantapkan hati ngedeketin cowok yang rada jutek itu, bahkan Ziras yang gak pernah berdoa, jadi berdoa biar segala urusannya buat ngedeketin Sandi di mudahkan.Ziras merhatiin kosan Sandi yang bersih, rapih juga dingin karena ber AC. Ini kali pertamanya Ziras masuk ke kosannya Sandi, dan dia gak nyangka kalo kosannya Sandi serapih ini. Ternyata Sandi orangnya suka kebersihan, cocok lah kalo di jadiin istri.
"Kosan lo enak juga."
Ziras mendudukan dirinya di karpet yang di ikutin sama Sandi."Nih, martabak buat lo."
Ziras ngasihin tentengan yang dia bawa tadi ke Sandi."Lo udah kaya orang yang lagi ngapel anjir bawa martabak pas malem minggu."
Kata Sandi yang langsung menyomot martabak yang di bawa Ziras dan langsung memakannya. Kebetulan dia lagi lapar, tapi males buat keluar beli makan. Untung Ziras datang bawa martabak, jadi dia gak usah nahan lapar."Emang gue lagi ngapel."
Kata Ziras pelan."Apa?"
Tanya Sandi yang gak denger Ziras ngomong apaan."Lo juga suka nonton sinetron Mas Al ternyata."
Kata Ziras yang sedikit panik. Untung aja Sandi gak denger omongannya barusan, kalo enggak bisa berabe. Ziras kan mau PDKT secara diem-diem dulu sama Sandi. Ziras mau bikin Sandi nyaman dulu sama dia, baru deh nanti Ziras nge dor Sandi kalo udah waktunya."Gak ada yang bisa di tonton lagi soalnya."
Jawab Sandi yang anteng ngunyah martabak. Ziras memperhatikan Sandi, ternyata kalo di liat-liat Sandi yang lagi makan itu lucu. Matanya fokus ke TV tapi mulutnya tetep ngunyah. Sandi keliatan jadi kaya anak kecil, dan itu lucu di mata Ziras."Lo gak ikut malam mingguan sama anak-anak? Tadi amereka WA gue, ngajak buat malam mingguan nyari cewek bohay."
Tanya Sandi. Tadi temen-temennya WA dia dan ngajakin malam mingguan buat nyari cewek bohay, tapi berhubung Sandi lagi mager, jadi Sandi gak ikut."Lagi males kena angin malem."
Jawab Ziras ngasal."Lagak lo Ras, kaya aki-aki. Kan lo ke sini aja kena angin malem bego!"
Ziras yang ke kosannya juga kan kena angin malem, Pake sok-sokan males kena angin malem."Kan cuma bentaran doang San."
Jawab Ziras sambil menyeka sudut bibir Sandi yang belepotan coklat. Sandi kicep, kok Sandi rasanya jadi kaya orang yang lagi pacaran sama Ziras. Malam minggu berduaan di kosan sambil makan martabak, udah gitu pake seka-sekaan bibir yang belepotan lagi."Lagak lo aja kaya pereman, tapi makan kaya bocah."
Sandi ralat pemikirannya soal mereka yang kaya orang pacaran. Mana ada orang pacaran ngeledek kaya gitu."Tai lo!"
Sungut Sandi yang justru bikin Ziras ketawa ngakak."Oh ya, besok lo mau ikutan sunmori gak?"
Tanya Ziras."Pagi ya?"
Tanya balik Sandi."Ya iyalah bego, namanya juga sunday morning ride, ya udah pasti pagi."
"Males bangun pagi gue."
6 hari Sandi selalu bangun pagi buat sekolah, dan hari minggu itu jatahnya sandi buat bangun siang."Entar gue jemput lo sekalian bangunin lo. Lagian lo doyan banget molor."
Sandi itu kan gak punya motor, jadi udah pasti sunmorinya Sandi di boncengin sama Ziras. Ternyata ada untungnya juga Sandi gak punya motor, jadi Ziras bisa ngeboncengin ehem calon pacarnya."Molor itu hobi gue."
Selain makan, hobi Sandi itu tidur. Jelas Sandi harus menjalankan hobinya itu."Molor di jadiin hobi. Noh hobi tuh kaya si Bian."
"Hobi nontonin tok-tok orang? Dih sorry mending gue nonton sinetron seharian."
Sandi ogah kalo harus ikutan nontonin tok-tok yang kebanyakan videonya cuma orang-orang yang joged gak jelas. Mending Sandi nonton sinetron seharian."Lama-lama rambut lo keriting San nontonin sinetron mulu."
Ejek Ziras."Lo juga kan doyan nonton sinetron bangke!"
Bisa-bisanya Ziras ngomong kaya gitu, padahal sendirinya juga suka nonton sinetron."Gue cuma nonton sinetron Mas Al doang. Soalnya gue di rumahnya malem doang."
Ziras itu cuma ada di rumah malem doang, jarang banget kalo siang-siang dia ada di rumah. Alesannya tentu aja Ibunya, kalo malem kan Ibunya suka pergi mangkal di club malam, dan gak pernah bawa pelanggannya ke rumah, beda sama siang yang sering banget bawa pelanggannya ke rumah. Jadi ya Ziras cuma bisa nontonnya malem aja."Perasaan lo pulang mulu deh Ras."
Sandi mengernyit. Perasaan setiap hari Ziras selalu pulang bereng sama dia, tapi kok Ziras bilang kalo Ziras gak pernah ada di rumah?"Gue cuma nganterin lo doang, abis itu ngelayab."
Ziras emang cuma nganterin Sandi pulang aja, abis itu Ziras akan pergi ke rumah Aka atau enggak bantu-bantu di bengkel punya anak temen mendiang kakeknya. Lumayan Ziras bisa dapet duit jajan tambahan."Ngelayab kemana? Kok lo pada gak ajak-ajak gue?"
Tanya Sandi yang gak terima kalo dia gak di ajak main sama temen-temennya."Gue kelayaban sendri kok San, gak sama anak-anak."
Jawab Ziras."Lo kelayaban sendirian? Kenapa?"
Tanya Sandi. Biasanya kalo orang yang suka kelayaban sendiri itu orang-orang yang lagi punya masalah, dan dia lagi butuh waktu buat sendirian. Karena Sandipun gitu, dia selalu kelayaban sendirian. Tapi Ziras punya masalah apa? Perasaan Ziras baik-baik aja, Ziras gak nunjukin tanda-tanda kalio dia lagi punya masalah. Ziras selalu ceria, dan masih suka gebugin orang. Kelakuan Ziras masih normal kalo menurut Sandi."Setiap orang kadang butuh waktu buat sendiri. Itung-itung me time lah."
Cengir Ziras."Lagak lo me time."
Ejek Sandi."Nanti ajak gue kalo mau kelayaban."
Lanjut Sandi."Bukan me time lagi dong judulnya, tapi we time."
"Ya gak apa-apa, asal jangan wita aja."
"Waktu indonesia tengah maksud lo?"
Kekeh Ziras."Iya. Kita kan di zona Wib, bakalan berabe kalo tiba-tiba berubah jadi Wita."
"Bego lo San!"
Ziras mengacak rambut Sandi, sementara Sandi cuma mengedikan bahunya cuek. Sandi gak mau mikir yang macem-macem, walau Sandi ngerasain ada yang janggal dari sikap Ziras ke dia sekarang. Tapi Sandi gak mau ambil pusing itu..
.
.
.Tbc
SELAMAT IDUL ADHA EPREBADEH.
SELAMAT HARI SATE NASIONAL.
KUY DIVOTE!