bagian 17

1.2K 162 10
                                    

"Anjir! Lo gak mandi dulu Ras?"
Tanya Sandi yang ngeliat Ziras main langsung pake seragam dia yang kucel. Hari ini mereka bangun kesiangan, dan gak tau kenapa juga Sandi yang kalo denger alarem langsung bangun, tapi kali ini gak bangun. Mungkin gara-gara Sandi keenakan tidur sambil di peluk sama Ziras, jadi bawaannya kepengen lanjut tidur terus.

"Mana sempet San, udah telat."
Jawab Ziras yang dalam sekejap mata udah siap buat pergi sekolah. Cowok ganteng gak perlu rapih-rapih amat, toh tampilan Ziras yang alakadarnya gak akan mengurangi ketampanannya yang udah haqiqi dari orok.

"Seenggaknya cuci muka nyet!"
Biarpun Ziras gak mandi, tapi seenggaknya Ziras cuci muka lah buat ngilangin belek sama ilernya, lah ini Ziras gak cuci muka sama sekali.

"Entar aja di sekolah. Kuy cepetan!"
Urusan cuci muka soal gampang, nanti Ziras bisa cuci muka di sekolah, toh air di sekolahnya banyak.

"Bentar baju gue belom gue kancingin."
Walaupun Sandi bangun kesiangan, tapi Sandi sempet mandi, walaupun cuma 3 gayung doang, tapi yang penting badannya basah.

Ziras nyamperin Sandi, bantuin Sandi buat ngancingin seragamnya juga gak lupa nyisirin rambut Sandi.
"Nah, udah ganteng, mukanya tinggal di bedakin."
Kata Ziras yang langsung dapet tendangan di kakinya dari Sandi.

"Lo pikir gue bocah SD apa."
Ziras pikir Sandi anak SD apa yang kalo sekolah mukanya harus di bedakin dulu biar lucu, biar banyak ibu-ibu yang bilang ya ampun lucu. Sandi udah gede, Sandi gak perlu lagi pujian dari para Ibu-ibu.

"Biar lucu San."
Sandi muter matanya males, sekarang malah Ziras yang ngatain dia lucu.

"Lucu pala lo! Kuy lah cepetan!"
Sandi narik tangan Ziras buat pergi sekolah.

Sampe di sekolah Sandi sama Ziras langsung di sidang sama Pak Ronaldo di tengah lapangan. Sebenernya bukan cuma mereka berdua aja yang telat, tapi emang dasarnya Pak Ronaldo ngefans sama Ziras, jadi Ziras sama Sandi lah yang di introgasi.

"Berdua kalian! Kenapa telat?"

"Kalian berdua Pak."
Koreksi Ziras.

"Terserah saya, mulut-mulut saya."
Kata Pak Ronaldo yang gak terima omongannya di koreksi.

"Ngohke."
Kata Ziras selow.

"Kenapa kalian telat? Kalian tau ini jam berapa?"
Tanya ulang Pak Ronaldo.

"Gak tau Pak, soalnya saya gak pake jam tangan."
Jawab Ziras yang mulai bikin Pak Ronaldo kesel.

"Kamu ngejawab aja!"

"Lah Bapak nanya, ya saya jawab. Coba kalo Bapak gak nanya, ya saya gak akan jawab."
Namanya juga orang di tanya ya jelas Ziras ngejawab, coba kalo dia gak di tanya, ya Ziras juga gak akan ngejawab. Pak Ronaldo emang suka rada-rada menurut Ziras.

"ZIRAS!"

"Hadir Pak."

"Tau lah Bapak lelah."
Kalo ngomong sama Ziras itu bikin capek, kalo bukan karena kewajibannya sebagai guru BK Pak Robaldo ogah ngomomg sama Ziras. Ziras itu cuma bikin tekanan darahnya jadi tinggi aja.

"Lah Pak, jangan Baper."
Ziras jadi ngerasa berdosa udah bikin Pak Ronaldo baper. Padahal dia gak ada niat buat bikin guru BK nya itu baper.

"Ziras, kamu itu anak yang pinter. Tapi kok kelakuan bar-bar dan berandalan kaya gini?"
Ziras itu anak yang pinter, malah udah tergolong cerdas yang mengarah kejenius. Nilainya gak pernah kurang dari 90 walaupun Ziras belajarnya males-malesan. Tapi sayang, otaknya yang pinter itu gak sesuai sama kelakuannya yang berandalan. Coba kalo Ziras lebih kalem, udah pasti Ziras jadi idola para guru.

"Saya udah kaya gini Pak, bahkan dari orok aja saya udah ngopi."
Sandi langsung nengok ke Ziras dan ngangkat kedua alisnya sebagai kode tanda tanya.

"Iseng nyicipin kopi kakek gue San."
Jawab Ziras yang tau maksud dari Sandi itu.

"Kopi apa?"
Tanya Pak Ronaldo.

"Kopi susu abjad Pak. Kakek saya dulu kecanduan banget sama tuh kopi."
Jawab Ziras.

"Bapak juga waktu muda suka kopi abjad, tapi sekarang udah gak lagi."

"Sekarang Bapak ngopi apa Pak?"
Tanya Ziras.

"Kopi item tanpa gula."
Jawab Pak Ronaldo.

"Wah enak tuh Pak ngopi item sambil ngerokok, apa lagi kalo ujan-ujan terus dengerin lagu dangdut, beuuuhhhh nikmat banget."
Sandi yang berdiri di samping Ziras cuma bisa geleng-geleng. Ziras sama Pak Ronaldo emang samanya.

"Bener kamu Ras, setres abis di marahin sama istri rasanya langsung ilang."
Curhat colongan Pak Ronaldo.

"Ekhem, maaf nih Pak, jadi nasib kita berdua gimana?"
Tanya Sandi. Kalo harus nungguin Ziras sama Pak Ronaldo beres bahas kopi sih bakalan lama. Sandi ogah berdiri lama-lama di lapangan.

"Bapak sampe lupa. Berhubung di kelas kalian ada guru yang lagi magang, dan kalian harus kenalan. Jadi kalian boleh ke kelas."
Kok Sandi kesel ya, tau kaya gini kenapa gak dari tadi aja Pak Ronaldo nyuruh dia buat ke kelas langsung. Bukannya malah ngebahas kopi sama dangdutan dan segala curhat abis di marahin istri.

"Yaelah Pak, bukannya dari tadi aja nyuruh langsung ke kelas."
Perotes Sandi.

"Bapak kan mau tau alesan kenapa kalian telat."

"Kita berdua keenakan bobo bareng Pak, jadi lupa bangun."
Jawab Ziras yang bikin otak Pak Ronaldo mikir keras. Bobo bareng? Maksudnya?

"ZIRAS! KALIAN BOBO BARENG SAMA SIAPA?"
Teriak Pak Ronaldo ke Ziras sama Sandi yang udah jalan menjauh.

"SAMA KESAYANGAN PAK!"
Bales teriak Ziras yang langsung dapet sikutan di perutnya dari Sandi.

"Bego! Jangan ngomong yang aneh-aneh."

"Kan emang bener gue abis tidur sama kesayangan gue."
Ziras merangkul Sandi, maunya sih di peluk, tapi Ziras takut Sandi ngamuk terus makan beling.

"Gue bukan kesayangan lo anjir!"

"Kalo gitu lo cintanya gue."

"Apaan sih lo Ras. Receh anjir!"
Kekeh Sandi yang geli denger omongannya Ziras.

"Balik sekolah jalan yuk!"
Ajak Ziras.

"Kemana?"
Tanya Sandi.

"Kemana aja, seabisnya bensin."

"Terus kalo bensinnya abis gue dorong motor lo gitu?"

"Biar so sweet San, dorong motor berduaan."
Sandi gak habis pikir sama Ziras. Ok lah Ziras otaknya emang di luar jangkauan, tapi masa iya ngedorong motor di bilang so sweet. Di mana-mana ngedorong motor itu capek bukannya so sweet.

"Najis!"

"Kalo gitu, mojok di semak-semak."

"Mati aja lo sana Ras!"

"Entar kalo gue mati lo kangen lagi."

"Gak bakal."

"Serius gak bakal kangen?"
Tanya Ziras nyolek dagu Sandi.

"Jangan colek-colek gue bangsat! Gue bukan sabun colek!"

"Terus lo sabun apa dong?"
Tanya Ziras.

"Sabun bentol."

"Detol anjir!"
Koreksi Ziras sambil ketawa ngedenger guyonan Sandi.

"Beda dua huruf doang. Lepas Ras, udah nyampe depan kelas."
Sandi ngelepasin rangkulan Ziras di pundaknya. Kan gak mungkin mereka masuk kelas sambil rangkulan, udah gitu terlambat pula.

"Emang kalo jalan sama gebetan waktu berjalan cepet."
Ucap Ziras mendrama. Sandi yang ngedenger omongan Ziras cuma cuek, dia lebih milih masuk ke kelasnya, takut di ceramahin 7 hari 7 malem sama guru gara-gara telatnya kelamaan.

"Maaf saya...."

"BUSET GURUNYA BOTAK!"

.
.
.
.

Tbc.

SandiTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang