Bagian 24

909 156 5
                                    

"Ras, mata lo kenapa merah kaya gitu?"
Tanya Sandi pas liat Ziras ngejemput dia dengan mata yang merah.

"Lo ngintipin siapa Ras?"
Tanya Sandi lagi.

"San, mata gue gak bintitan."
Bukannya setau Ziras kalo ngintipin orang itu bintitan? Tapi kan mata dia cuma merah doang gara-gara belom tidur.

"Terus kenapa mata lo merah kaya gitu?"
Tanya Sandi lagi.

"Gue abis ngeronda, jadi kurang tidur."
Bohong Ziras. Mana mungkin kan dia bilang kalo dia semaleman nungguin Ibunya di kantor polisi.

Ngomong-ngomong soal Ibunya, dia berhasil di bebasin dan pulang ke rumah saat itu juga berkat bantuan Aka, Bapaknya, juga pengacara keluarga mereka. Kalo gak ada Aka, Ziras gak tau sama nasib Ibunya bakal bagaimana.

"Kalo gitu biar gue aja yang bawa motor."
Kata Sandi.

"Gue masih bisa bawa motor kok San."

"Kalo lo yang bawa, entar kita nabrak tiang listrik bego!"
Yang ada kalo Ziras yang bawa motor nanti mereka nabrak tiang listrik, gara-gara Ziras ngantuk.

"Kan bagus San, nanti kita masuk berita di TV."
Cengir Ziras. Kapan lagi kan mereka bisa masuk TV, siapa tau nanti mereka jadi terkenal terus jadi artis dadakan.

"Si bego! Kuy berangkat!"
Sandi mengambil kunci motor dari tangan Ziras. Dan mereka berangkat ke sekolah dengan lancar tanpa hambatan apapun.

"Guten orgen."
Kata Ziras ke temen-temennya yang udah duduk di bangku masing-masing. Tumbenan banget temen-temennya jam segini udah pada kumpul.

"Gueten morgen bego!"
Koreksi Aka.

"Beda dikit Ka."
Jawab Ziras yang duduk di bangkunya dan langsung merebahkan kepalanya di atas meja buat tidur. Ziras udah gak kuat kepengen tidur.

"Kalo lo mau molor di UKS aja. Entar gue izinin lo dengan alasan sakit gara-gara di santet."
Kata Aka.

"Eh buset si Aka, kalo bikin alasan suka gak kira-kira. Bilang aja si Ziras keracunan obat nyamuk."
Kata Vino.

"Itu terlalu kurang meyakinkan No. Kita bilang aja kalo si Ziras gak sengaja minum air keras."
Ucap Bian.

"Si Ziras makan Es batu dong kalo gitu Bi."
Kata Vino.

"Kok es batu sih No?"
Tanya Bian. Kenapa malah jadi es batu.

"Kan air keras Bi. Air kalo keras jadi apa?"
Tanya balik Vino.

"Jadi es batu No."
Jawab Bian.

"Jadi gue bener dong."

"Kok lo jadi pinter No? Lo berguru ke dukun mana?"
Tanya Bian. Bener juga, kalo air jadi keras berubah jadi es batu. Kok Bian gak kepikiran.

"Lo pada bisa diem gak? Gue mau molor!"
Protes Ziras.

"Diem lo berdua, entar si Ziras ngamuk ngacak-ngacak sampah."
Ucap Aka. Ziras langsung mengangkat kepalanya terus melototin Aka.

"Apa?"
Tanya Aka kalem.

"Bangunin gue pas istirahat."
Jawab Ziras yang tidur lagi. Sandi yang ngeliat itu geleng-geleng. Untung dia pernah tinggal bareng keluarga Jefri yang gak kalah absurd dari temen-temennya, jadi Sandi udah biasa ngehadapin kelakuan temen-temennya ini.

Kelas berjalan hening, mungkin karena Ziras tidur dan temen-temennya pada diem karena gak mau bikin tidurnya Ziras terganggu. Dan itu berlaku buat anak-anak satu kelas yang lain. Kalo mereka jelas bukan gak mau Ziras keganggu dari tidurnya, tapi mereka takut sama Ziras.

Bel istirahat berbunyi, tapi gak ada satupun dari mereka yang ngebangunin Ziras. Aka bilang biarin aja Ziras tidur, toh dia gak jajan sehari doang gak akan mati. Alhasil mereka ninggalin Ziras buat jajan mengisi perut masing-masing.

"Gue balik ke kelas duluan."
Pamit Sandi sambil membawa tentengan di tangannya. Kasian juga kan kalo Ziras di tinggal sendirian di kelas, jadi Sandi mutusin buat makan di kelas aja nemenin Ziras yang pasti masih tidur.

"Gak makan mie ayam dulu lo San?"
Tanya Vino.

"Libur dulu."
Jawab Sandi lalu pergi.

"Apa kita juga balik ke kelas juga ya? Kasian juga si Ziras di tinggal sendirian. Entar kalo dia nangis gimana?"
Usul Bian.

"Gak usah, udah ada si Sandi."
Jawab Aka.

"Tapi Ka...."

"Lo di sana juga bakal ganggu si Ziras molor Bi."
Ucap Vino.

"Lagian si Ziras kenapa bisa tidur kaya gitu sih? Kaya orang gak tidur semaleman aja."
Tanya Bian.

"Mungkin dia abis ngepet Bi."
Tebak Vino.

"Jadwal ngepet dia malam jumat bego, bukan malan rabu."
Kata Vino.

"Mungkin pindah jadwal."
Kata Aka.

"Bisa jadi."

Sementara itu Sandi masuk ke kelas yang sepi dan cuma ada Ziras yang masih tidur di sana. Sandi duduk di bangkunya dengan bangku yang di balik menghadap Ziras.

Sandi memperhatikan Ziras yang tidur dengan nyenyak, Ziras kalo tidur kaya gini kaya cowok kalem, tapi kalo udah bangun kelakuannya gak ada ahlaknya sama sekali.

Merasa udah puas merhatiin Ziras yang lagi tidur, Sandi mulai membuka tentengan yang dia bawa, mengambil sebungkus cilok yang tadi dia beli di kantin tadi. Memakannya dengan perlahan.

Merasa sekitarnya terlalu sepi, Ziras membuka matanya dan menegakan badannya buat di regangin. Kelasnya udah sepi, dan di depannya cuma ada Sandi seorang yang lagi makan cilok.

"Udah pada balik ya San?"
Tanya Ziras dengan suara serak.

"Istirahat."
Jawab Sandi sambil menyuapi cilok ke mulut Ziras.

"Kok gue gak di bangunin?"
Tanya Ziras mengunyah cilok yang di suapi Sandi.

"Si Aka bilang lo gak akan mati kalo gak jajan sehari."
Jawab Sandi kembali menyuapi Ziras dengan cilok.

"Kok lo gak ke kantin San?"
Tanya Ziras.

"Jagain lo, takut lo ngelindur terus ngacak-ngacak tempat sampah."
Jawab Sandi yang bikin Ziras terkekeh.

"Gue beliin lo gorengan, jaga-jaga kalo lo bangun."
Lanjut Sandi memberikan gorengan yang dia beli.

"Makasih sayang."
Kata Ziras menggusak rambut Sandi.

"Sayang-sayang pala lo peang."
Ucap Sandi dengan muka yang berubah jadi merah. Ziras yang ngeliat itu cuma terkekeh. Pacarnya emang lucu, di panggil sayang aja mukanya langsung merah kaya gitu.

"San, tau gak. Tadi gue mimpiin lo."
Kata Ziras.

"Lo mimpiin gue apa?"
Tanya Sandi penasaran.

"Masa di mimpi gue lo jadi penyanyi pantura San, terus ada aki-aki yang nyawer lo pake daun jambu."

"Ziras bego!"
Sandi menggeplak kepala Ziras, sementara orang yang di geplak malah ketawa.

"Gue beneran San. Terus gue yang jadi tukang gendangnya, si Aka jadi tukang suling, si Vino jadi tukang kecrekan, dan si Bian jadi tukang gulung kabel."

"Ras, lo kayanya kalo tidur harus baca doa dulu. Biar mimpi lo gak absurd kaya gitu. Gila aja masa gue jadi biduan."
Sandi gak terima kalo Ziras mimpiin dia jadi biduan. Sandi kan gak bisa nyanyi.

"Gue selalu berdoa kok San, tapi doanya bukan buat mimpi indah. Gue selalu berdoa di setiap kali gue membuka mata, gue bisa selalu ngeliat lo."

"Ziras bego!"

.
.
.
.

Tbc

Cieeeeeee salting cieeeeeeee

Kuy di vote!

SandiTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang