"Lo lagi ngapain Ras?"
Tanya Aka yang ngeliat Ziras lagi ngitung duit recehan."Lagi ngitung dosa lo Ka."
Jawab Ziras asal."Dosa gue dari pada dosa lo, banyakan dosa lo anjing!"
Ucap Aka ikut duduk di samping Ziras. Hari ini Ziras lagi ngungsi kaya biasa di rumahnya. Dan tumben-tumbenan Ziras ngitungin duitnya yang gak seberapa itu dengan serius."Gue lagi ngitung duit Ka."
Jawab Ziras ngerapihin duitnya yang lecek-lecek."Tumben?"
Tanya Aka."Si Sandi seminggu lagi ultah Ka, sebagai pacar yang baik hati, gue harus kasih dia kado."
Seminggu lagi Sandi berualang tahun, dan sebagai pacar yang baik hati juga gak sombong, Ziras harus kasih kado ke pacarnya itu."Lo emang mau kasih dia apa?"
Tanya Aka."Seperangkat alat solat di bayar kontan."
Jawab Ziras."Lo mau kawinin dia?"
Tanya Aka."Ya enggak lah Ka, belom siap gue buat berumah tangga. Umur gue sama si Sandi masih bocah. Mau gue kasih makan apa entar si Sandi? Tunggu gue jadi dokter dulu lah baru gue kawinin si sandi."
Ucap Ziras."Terus lo mau kasih dia apaan?"
Tanya ulang Aka."Mungkin sepatu, gue liat si Sandi pake sepatu itu-itu terus. Tuh anak punya duit tapi males brlanja."
Selama ini Ziras perhatiin Sandi pake sepatu itu-itu aja, padahal Ziras tau Sandi punya uang buat beli sepatu baru, tapi berhubung tingkat kemageran Sandi yang di atas rata-rata itu, Sandi ogah beli sepatu baru. Jadi Ziras berniat buat beliin Sandi sepatu baru, walau bukan sepatu yang ori yang harganya jutaan, tapi seenggaknya Ziras mau beliin sepatu KW kualitas super buat Sandi."Cukup duitnya?"
Tanya Aka ngeliat duit receh Ziras yang lecek-lecek."Kagak, entar gue mau kerja dulu di bengkel, kebetulan bengkel lagi rame akhir-akhir ini."
Uang yang Ziras punya gak cukup buat beli sepatu, jadi dia mau kerja dulu buat tambah-tambah beli sepatu."Pake duit gue aja dulu."
Tawar Aka walau dia tau tawarannya akan di tolak Ziras. Sudah Aka bilang, Ziras itu punya caranya sendiri buat bahagiain pasangannya walau dengan cara sederhanapun."Gak Ka, makasih. Ya kali gue beliin kado buat si Sandi pake duit utangan. Entar kalo gue gak bisa bayar utang ke lo, sepatu si Sandi lo sita lagi."
Tolak Ziras."Jadi kealayan lo selama ini itu gara-gara si Sandi mau ultah? Makanya lo berusaha buat kasih perhatian lebih ke dia walaupun jatuhnya malah lebay?"
Tebak Aka."Bukan Ka."
"Terus?"
"Si Sandi udah mulai ada rasa buat gue, walau belum cinta."
Aka mengernyit, jadi selama ini mereka pacaran tanpa ada rasa, lebih tepatnya Ziras yang bertepuk sebelah tangan? Dan Ziras tau itu, tapi dia tetap melanjutkan hubungan mereka?"Jadi selama ini si Sandi gak cinta sama lo? Terus ngapain lo pacarin orang yang gak suka sama lo bangke?"
Tanya Aka."Lo tau Ka, si Sandi punya trauma sama cowoknya yang dulu. Gue gak tau apa yang kejadian sama dia dulu sampe dia trauma dan susah buat buka hati lagi. Awalnya gue mau bantu dia buat sembuh dari trauma dia, walaupun ujungnya dia gak sama guepun itu gak masalah. Tapi lo tau sendiri kan, kalo manusia itu egois. Gue mulai pengen dia buat gue Ka, apa lagi pas gue tau kalo mantannya itu masih ngarep sama si Sandi. Gue takut kehilangan dia Ka, makanya gue jadi lebay pas tau kalo si Sandi udah mulai ada rasa ke gue, walaupun itu belum rasa cinta kata dia, karena masih susah buat dia. Tapi itu bukti kalo dia percaya sama gue Ka."
Jelas Ziras panjang lebar. Aka gak ngerti sama jalan pikiran sahabatnya itu, Ziras kalo udah suka sama orang suka jadi bloon. Untung waktu pacaran sama adiknya mereka sama-sama suka, jadi Ziras bloonnya gak keliatan banget."Ras, cinta itu harus pake logika."
"Tapi gue bukan Agnes Mo Ka."
"Bego!"
Geplak Aka. Lagi serius tapi Ziras malah ngelawak."Pikiran lo harus jalan babi! Lo gak bisa terus ngejalanin cinta bertepuk sebelah tangan kaya gini terus. Sembuh dari trauma itu perlu waktu yang lama Ras, ada yang sampe bertahun-tahun. Lo bakal capek terus berjuang sendiri Ras."
"Gue udah tau konsekuensinya dari awal Ka, walupun keegoisan gue nanti gak bisa bikin dia tetap tinggal sama gue, walaupun keegoisan gue bikin gue capek sendiri buat perjuangin dia, Gue gak apa-apa Ka."
"Bego lo Ras."
Ejek Aka."Lo bisa ngatain gue bego karena lo belom ngerasain jatuh cinta Ka."
Seumur-umur Ziras belum pernah liat Aka tertarik sama seseorang. Hidup temennya yang satu ini lurus-lurus aja dari dulu. Bahkan Ziras gak tau Aka doyannya cowok atau cewek."Gue gak akan pernah jatuh cinta Ras."
Jawab Aka."Gak boleh gitu Ka. Emang lo mau seumur hidup ngejomblo? Lo mau seumur hidup coli mulu?"
"Gak ada gunanya cinta-cintaan di awal kalo ujungnya pisah. Bokap sama nyokap gue awalnya saling cinta, tapi ujungnya pisah juga. Semuanya ada masanya Ras, gak akan selamanya bertahan. Jadi buat apa gue ngelakuin sesuatu yang semu kaya gitu."
Ternyata perceraian orang tuanya masih bikin Aka trauma. Ziras inget pas orang tua Aka bercerai, Aka cuma ajak Ziras buat nongkrong di pinggir jalan semaleman dan Aka cuma bengong. Waktu itu Ziras gak mau ganggu Aka, dan ngebiarin Aka bengong, walaupun nanti Aka kesurupan itu urusan belakangan. Yang Ziras tau Aka lagi butuh seseorang buat nemenin dia."Hidup kitapun semu Ka, segala yang kita lakuin di dunia ini semu. Nanti bukan cuma cinta yang kita tinggalin, tapi semuanya. Kalo lo anggep gak ada gunanya ngelakuin sesuatu yang semu, terus buat apa lo masih hidup?"
Tanya Ziras."Lo nyuruh gue mati gitu?"
"Ka, mumpung kita masih hidup, kita harus ngerasain semua yang ada di hidup ini. Baik ataupun buruk kita harus ngerasain semuanya. Hidup bukan cuma yang enak-enak aja Ka, yang gak enakpun itu termasuk dalam kehidupan."
"Omongan lo kaya orang bener anjing!"
Ejek Aka."Lagian nih Ka, kalo lo gak kawin, harta lo mau lo warisin kesiapa? Sayang Ka, harta lo banyak."
"Mau gue kubur bareng gue."
Jawab Aka asal."Kalo gitu entar gue rampok kuburan lo. Gue ajak si Vino sama si Bian juga, entar hartanya kita bagi 3."
"Bego!"
.
.
.Tbc.
Kawin sama gue aja Ka, sayang hartanya wkwkwkwk
Met tahun baru eprebadeh.....
Semoga 2023 lebih baik lagi.
KUY DI VOTE!