PANGERAN INI MERASA MARAH.
Bagaimana rasanya menjadi pangeran terkaya di seluruh bagian dunia fana ini dicatat di sebuah buku yang tertulis 'pangeran terkaya di sepanjang masa'?
Oh, tidak. Bagaimana jika kata pangeran terkaya diganti menjadi pangeran tertampan di sepuluh kerajaan besar? Pasti akan sangat laris manis di seluruh pasar kota kerajaan karena penasaran dengan isinya. Menulis buku dengan judul 'pangeran terkaya di sepanjang masa', para bangsawan atau pun rakyat biasa sudah pasti tahu tanpa harus melihat daftar-daftar nama orang yang dicantumkan di buku itu -— bahwa itu pasti adalah Pangeran Kerajaan Iceland yang menjadi urutan pertama karena kekayaannya yang melimpah dan tak ada habisnya.
Lalu disusul oleh Pangeran Kerajaan Endevour di urutan kedua yang beberapa dekade ini kedua kerajaan Iceland dan Endevour saling berlomba-lomba dalam mengumpulkan harta dan memperluas bagian kerajaan mereka. Hal ini sudah menjadi hal yang lumrah terjadi di antara kedua kerajaan tersebut, karena dulu kedua Raja itu adalah rival sejak semasa kecil dalam memperebutkan segala hal. Termasuk hal-hal kecil lainnya. Seperti memperebutkan untuk menyelamatkan anak kucing yang terjebak di atas pohon, dan hal yang lebih memalukan adalah merayu para anak gadis untuk menjadi pengikut mereka atau pun menjadi tameng dari rivalnya.
Oke, lupakan saja, kemudian disusul lagi oleh salah satu pangeran dari kerajaan Glorantha di urutan posisi ketiga. Karena ada dua pangeran di kerajaan Glorantha, penulis buku tersebut hanya menulis satu nama pangeran saja. Yaitu Pangeran Mahkota, kakak sulung Haeden, Zettha Da Velas Glorantha.
Udara yang sudah panas di ruangan perpustakaan bertambah panas lagi saat api mengambang di atas kepala Pangeran Haeden yang berumur tujuh belas tahun. Haeden menggertakkan giginya lalu membanting buku itu ke bawah dengan ekspresi kesal. Urat di dahinya sudah menonjol dengan sempurna. Bahkan pita dahinya yang berlogo bulan sabit dan bintang di tengahnya tidak mampu menutupi urat yang menonjol dengan kesal itu keseluruhan. Pelayan dan penjaga yang mendampingi menunduk dengan gemetar.
"Pa-pangeran, ada... ada yang salah?"
"Bu-buku sialan ini! Buku sialan ini tidak menyebut namaku di dalam daftar 'pangeran terkaya di sepanjang masa'. Tapi hanya menyebut nama kakakku."
Haeden kemudian berbalik menatap pelayannya lalu berdeham, "Hei, apakah menurutmu aku tidak cukup baik daripada kakakku yang selalu dipuji oleh orang-orang bodoh itu?"
Dengan cepat pelayan itu menjawab dengan sedikit gemetaran, "Tidak, tidak, Pangeran lebih unggul daripada Pangeran Mahkota." Suara 'iya' 'iya' menyahut dari mulut pelayan lainnya yang setuju atas ucapan pelayan tadi.
Tapi tetap saja, Haeden merasa jauh lebih jengkel karena tahu bahwa para pelayan bodoh itu sedang membodohinya dengan cara mengiyakan ucapannya, siapa yang akan percaya jika pangeran kedua kerajaan Glorantha lebih unggul daripada Pangeran Mahkota? Hanya jika itu kerajaan Iceland dan kerajaan Endevour tidak lagi saling menjadi rival. Baru ada yang akan percaya dengan ucapan pelayan idiot itu tadi.
Haeden menghentakkan jubah merahnya ke samping yang didesain khusus di sebelah bahu kirinya, perhiasan kalung dengan warna emas dan batu merah zamrud yang memenuhi sisi dadanya ikut bergoyang ribut karena gerakan kasar tadi, ia mendengus dingin dan berkata dengan nada kesal sebelum pergi melangkah ke luar dari perpustakaan kerajaan, "bakar buku sialan itu. Jangan sampai aku melihatnya lagi. Jika aku masih melihatnya di sini, kepala kalian semua akan aku tebas dan aku gantung di gerbang masuk istana."
Dengan begitu, para pelayan tambah menciut ke bawah dan berkeringat dingin. Siapa sangka, dalam beberapa tahun terakhir, temperamen Haeden berubah drastis setelah dihukum oleh gurunya. Berbeda dengan Pangeran Mahkota, temperamennya sangat tenang seperti Raja, yaitu sang ayah. Tapi, walaupun sangat tenang, tidak ada juga yang berani dekat-dekat di sisinya karena tatapannya yang selalu dingin dan menusuk, dan jika itu ada, orang itu hanyalah Pangeran Haeden.
KAMU SEDANG MEMBACA
Dreams and Portal Holes
Fantasía[CERITA BELUM TAMAT, NAMUN ADA BEBERAPA BAB YANG BELUM SELESAI DIREVISI SEHINGGA ADA BANYAK YANG ANEH SAAT DIBACA] Haeden Da Velas Glorantha adalah seorang pangeran yang berasal dari salah satu dari sepuluh besar kerajaan terkenal di dunia sihir. Di...