Dale Dianova. Seorang pria dari Ohio, Amerika Serikat. Seorang perwira Angkatan Darat yang pernah menjadi teladan bagi rekan-rekan militernya. Disegani kawan, ditakuti lawan. Dale menjadi salah satu perwira terbaik yang pernah dimiliki Amerika saat itu. Sayangnya, pada masa keemasannya, sang teladan diterpa cobaan berat berupa kehilangan lengan kirinya ketika sedang bertugas. Di saat yang hampir bersamaan, istri tercintanya, Mavis Tallia atau yang akrab disapa Vestal, meninggal akibat penyakit kanker. Tak mampu menghadapi cobaan berat yang bertubi-tubi, Dale pun memutuskan untuk pensiun dari militer. Kehilangan begitu banyak hal dalam waktu singkat, membuat Dale Dianova sangat terpuruk. Ia tenggelam ke dalam minuman keras dan menjadi pemabuk berat.
Seakan itu masih belum cukup untuk membuatnya tersiksa, suatu hari, ia kembali ditimpa sebuah kemalangan. Ia tidak sengaja tercebur ke dalam limbah pembuangan sebuah pabrik kimia. Namun, bukannya terbunuh, tubuh Dale justru bermutasi menjadi monster mengerikan. Mutasinya tersebut membuat Dale kehilangan kendali atas tubuhnya, dan ia mengamuk di kota, mencelakai orang-orang. Beruntung, ia diselamatkan oleh sebuah organisasi misterius yang bernama VILE. Seorang pria bernama Xie, yang mengaku sebagai pemimpin organisasi tersebut, menawarkan Dale cara untuk mengembalikan tubuhnya menjadi manusia normal seperti semula. Namun ternyata organisasi tersebut adalah organisasi gelap yang hanya ingin memanfaatkan Dale untuk kepentingan mereka saja. Dale yang mengetahui hal itu pun akhirnya kabur.
Dale kemudian bertemu dengan sahabat karibnya, Revan Julian. Oleh Reva, ia kemudian diperkenalkan kepada Salvoo, pemimpin sebuah organisasi rahasia bernama Anonymous, yang berperan menangani berbagai masalah di dunia dari balik layar. Berkat bantuan Anonymous, tubuh Dale pun akhirnya dapat kembali ke bentuk manusia normal. Selain itu, ia juga mendapatkan kekuatan yang jauh di luar nalar manusia, menjadikannya seorang manusia super. Memanfaatkan 'anugerah' yang didapatkannya, Dale bergabung dengan organisasi Anonymous untuk memerangi kejahatan yang mengancam manusia dengan alias Vidar.
* * *
"Apa kau tidak apa?" sebuah pertanyaan meluncur dari bibir Reva ketika melihat Dale melamun.
"Tidak. Hanya teringat beberapa kenangan saja," jawab Dale tanpa mengalihkan pandangannya dari luar jendela kaca.
"Hei, aku hanya ingin bilang, jika perlu sesuatu atau ada sesuatu yang mengganggumu, kau bisa mengandalkanku, Captain Vidar," ujar Reva sambil menepuk pundak sahabat karibnya itu.
Dale menoleh mendapat tepukan itu, lalu berterimakasih setelah memberikan anggukan kecil. Pria itu kemudian kembali melihat ke luar jendela, menikmati pemandangan di sana, meskipun yang terlihat sebagian besar hanyalah pepohonan.
"Itu sangat manis..."
"I'm not gay."
Saat ini keduanya beserta 5 orang agen Anonymous lain berada di dalam sebuah pesawat siluman kecil. Setelah terjadi insiden penyusupan oleh organisasi VILE ke fasilitas milik Anonymous beberapa waktu lalu, Salvoo terpaksa menutup tempat itu karena dirasa sudah tidak aman. Fasilitas itu kini dipindahkan ke tempat lain. Beberapa waktu kemudian, Anonymous menemukan sebuah tempat yang diduga adalah salah satu markas persembunyian organisasi VILE. Tanpa membuang waktu, Salvoo pun segera mengirim sebuah tim untuk menyelidikinya.
"Tim, bersiap untuk mendarat! Persiapkan alat komunikasi kalian!" titah Dale selaku ketua tim, ketika pesawat yang mereka tumpangi sudah dekat dengan tujuan.
Tempat tujuan mereka berada di daerah perbukitan. Agar tidak mengundang keributan, mereka mendarat agak jauh dari lokasi menggunakan parasut. Kelompok yang terlatih itu mendarat dengan mulus tanpa kendala. Mereka pun langsung bergerak menuju ke lokasi tujuan awal. Namun baru berjalan sebentar, Dale tiba-tiba memberi isyarat pada tim nya untuk berhenti. Ia baru saja menyadari bahwa ada banyak jebakan bom yang dipasang di pepohonan dan tanah yang hendak mereka lewati.
KAMU SEDANG MEMBACA
Arkham Novelization Universe
Teen FictionEvery person is a hero for themselves or their loved ones. Ini adalah cerita dari beberapa orang dengan kemampuan spesial. Orang-orang ini nantinya harus menyatukan kekuatan untuk menghadapi bahaya besar yang mengancam Bumi.