Esme terkejut dengan kata-kata itu. Sekarang dia mengerti, kenapa pemilik tubuh asli selalu lari pada Kakek Tua Hall untuk mendapat pembelaan. Dan Kakek Tua Hall akan selalu membelanya.
“Aku melihatmu tumbuh besar. Karakter dan kepribadian kamu, bagaimana mungkin aku tidak tahu?”
Esme tersenyum dan sedikit membungkuk padanya. “Terima kasih, Kakek.”
“Jika kamu ingin berterima kasih padaku, jangan menyimpan surat-surat itu.” Kakek Tua Hall mendesah berat dan berkata, “Aku sudah tua, aku akan merepotkanmu untuk mengurus baji ngan kecil itu di masa depan.”
“Kakek, kamu bercanda!”
Satu hal yang tidak disukai Jason adalah orang yang menjaganya.
“Aku serius! Aku tidak akan mengizinkan kalian berdua bercerai!”
“Jason bilang, kamu sudah memberi izin untuk itu, kan?”
“Omong kosong!” Kakek Tua Hall membentak dengan keras. “Jason hanya mengoceh omong kosong untuk berbohong padamu!”
Ah, jadi itu masalahnya. Untuk memastikan dia menyimpan surat-surat itu, Jason bahkan berbohong membuat keputusan atas persetujuan Kakek.
“Kakek, jangan khawatir, aku tidak akan menyimpan surat dengan paksaan.” Esme menampilkan senyum menawan di permukaan, sementara hatinya berpikir dengan dingin.
Jason Hall, semakin kamu ingin aku diam, aku bersikeras akan melakukan sebaliknya.
“Selama kamu bisa bertahan dalam cintamu, itu lebih dari cukup.” Kakek Tua Hall memegang tangan Esme, tersenyum penuh kasih dan menambahkan, “Akan ada hari di mana Jason membalas perasaanmu. Dan sepertiku, dia akan berterima kasih padamu.”
Sementara itu, Layla dan Clara berdiri agak jauh dengan mata sayu menatap ke arah mereka.
Mereka menyaksikan bagaimana Kakek Tua Hall memegang tangan Esme, dan mengobrol penuh semangat. Iri hati melintas di mata Layla.
“Aku benar-benar tidak mengerti, mengapa Kakek Tua Hall membela pelacur itu lebih banyak?” Clara mengoceh dengan kesal.
“Pelacur akan memiliki alat pelacuran.”
Menyaksikan Kakek Tua Hall memarahi Esme dengan kasih sayang, jantung Layla secara alami menjadi pahit.
Jason selalu memiliki rasa kesal pada Esme, tapi dia akan mendengarkan Kakek Tua Hall. Dia telah menjodohkan Jason dengan pelacur itu, dan Jason mengikutinya tanpa pertanyaan. Kali ini, jika dia tidak mengizinkan Jason bercerai, maka Jason juga akan mendengarkannya.
Kakek Tua Hall sangat menyukai Esme. Tentu tidak ada kesempatan bagi pria tua itu untuk menyetujui perceraian mereka.
“Setelah dia memukulku di depan umum dan media mencapnya sebagai wanita tidak tau malu dan keterlaluan, dia tidak punya reputasi lagi. Aku benar-benar tidak mengerti, kenapa Kakek Tua Hall sangat menyayanginya.” Clara semakin mengoceh tanpa rasa lelah.
“Sudah kukatakan, tempat sampah akan memiliki sarana mereka.” Jelas jika Layla juga kesal.
Sambil berbicara, mata Clara tiba-tiba berubah jadi dingin. “Sepertinya kita harus menggunakan trik terakhir.”
“Apa yang ada di pikiranmu?”
Clara berkedip dengan senyum berbahaya, “Kau akan tau nanti.”
“Jangan sembrono! Bagaimanapun, ada persahabatan antara keluarga Andreas dengan keluarga Hall.”
“Tidak perlu khawatir, Kakak. Targetku hanya Esme. Itu tidak akan mempengaruhi hubungan antara dua keluarga.”
Setelah makan malam, orang bebas untuk memiliki hiburan sendiri.
Para Nyonya yang dekat dengan Anita Andreas mulai berkumpul sesuai selera mereka. Sedangkan yang lainnya berkumpul membahas ekonomi.
Pada saat ini, seorang teman baik Roy yang bermata sipit datang dengan membawa hadiah.
Itu adalah harpa Cina kuno berkepala phoenix yang tampak seperti kecapi. Hasil karyanya sangat halus dan indah.
Roy tahu dia suka mengoleksi barang-barang antik dan mewah dari negaranya. Dan sekarang dia memberikan salah satu dari mereka padanya. Itu sebuah kebanggaan bagi Roy.
Orang-orang yang sedang berkumpul dengan Anita tadi langsung mengepung instrumen dan berkomentar.
Meskipun Anita tidak memiliki pengetahuan tentang kecapi, kedua putrinya belajar piano dan biola. Dia melihat karya halus harpa Cina dan menyukainya dalam sekejap.
Jari-jarinya mengusap instrumen senar, dan tiba-tiba dia berubah menjadi orang berpengetahuan. "Ini kecapi yang sangat mahal!”
“Aku mendengar, putri sulungmu penuh dengan bakat. Dan bahkan bisa memainkan sitar. Mengapa tidak membuat dia memainkan lagu untuk kami?” Seseorang menyarankannya dengan santai.
Anita mendongak. Tanpa disadari oleh yang lain, matanya sembunyi-sembunyi menyapu pandangan Jason dan Kakek Tua Hall.
“Layla, aku ingat jika Kakek Tua Hall suka mendengar instrumen senar kuno. Apalagi, ada begitu banyak teman dan kerabat di sini. Mengapa kamu tidak memainkan lagu untuk kami? Menganggapnya sebagai hadiah ulang tahun untuk Ayahmu.”
Sebenarnya, saat ini Layla melihat kecapi, tangannya sudah gatal untuk bermain. Selain mendesain, dia juga menyukai musik. Itu sebabnya dia belajar banyak mengenai alat musik yang berasal dari Negara mana pun.
Piano, biola, dan kecapi, dia tahu cara memainkan alat musik ini dengan baik.
Mendengar kata-kata Ibunya, dia menjadi sedikit malu, melihat orang-orang yang hadir. “Mm … aku hanya tau sedikit mengenai kecapi.” Sebenarnya dia juga memang lebih mahir dengan biola dan piano. Di zaman ini, semua orang jarang mengenal alat musik kuno. Apalagi bukan berasal dari Negara mereka.
“Kakak, kamu terlalu rendah hati. Aku tau kamu yang terbaik.” Ketika Clara bicara, dia memujinya sampai ke langit, menempatkan dia pada tumpuan.
Menampilkan senyum malu-malu di wajahnya, mata Layla diam-diam melesat ke arah Esme dan Jason yang duduk di sofa.
Keduanya melihat ke arahnya.Layla berpikir dalam hati, jika dia harus menunjukkan sisi paling sempurna untuk Jason dan Kakek Tua Hall. Dia harus membuka mata mereka dan menunjukkan pada mereka bahwa dia jauh lebih baik dari pada Esme.
Dia juga harus membuat mereka menyadari, selain memiliki wajah cantik dan tubuh yang agak baik, Esme Andreas bukanlah apa-apa.
Dia benar-benar harus membiarkan Esme merasa lebih rendah dan tidak berguna dibandingkan dengan dia.
Dan dia akan membuat Esme mengerti dengan jelas jika dirinya tidak memenuhi syarat untuk berdiri di sisi Jason.
Anita tersenyum percaya diri, menarik tangan Layla sambil berkata, “Sudah lama sejak Ibu mendengar kamu bermain musik. Kecapi ini dikirim oleh Paman Yang. Meskipun dia mengatakan itu hadiah untuk Ayahmu, tapi aku rasa itu hadiah untukmu. Hari ini kamu harus membiarkan kami melihat pertunjukan yang indah!”
Layla duduk di depan kecapi, seperti wanita yang dianugerahi dan bermartabat.
Punggungnya di luruskan, membuat dia tampak lebih tinggi dengan senyum menawan.
Setelah mengangkat lengan, jemari lentiknya memetik senar. Seketika, ekspresinya menegang.
Suara kecapi ini … sepertinya tidak benar.
Layla ingin berkata jika dia merasa asing dengan sitar yang seperti ini, tapi saat ini semua orang sedang menempatkan dia sebagai pusat perhatian.
Jika dia berkata tidak bisa memainkan ini, maka pujian Ibunya tadi hanya akan menjadi omong kosong belaka.
***
KAMU SEDANG MEMBACA
Dikejar Suami Jahat
Storie d'amoreSebuah kalimat pertama yang diucapkan Esme Andreas begitu dia sadar adalah, "Mari bercerai, Jason." Esme Andreas telah kehilangan bayi dalam perutnya akibat kebencian Jason. Mendengar istrinya hamil, Jason menyuruhnya untuk melakukan aborsi. Tentu...