PROGRAM SEKOLAH

96 38 7
                                    

Jaemin dan Dinda kini sedang mendengarkan penjelasan Bu Suzy mengenai kurikulum akademik diruang multifungsi. Untungnya ruangan ini ber-AC layaknya bioskop VVIP. Bu Suzy terus menjelaskan tentang hal yang sebelumnya sudah dijelaskan secara singkat oleh Kepala Sekolah Matthew. Sekarang memasuki penjelasan sepuluh mata pelajaran wajib yang akan mereka tempuh ditahun pertama.

"Bahasa utama di sekolah adalah bahasa Inggris, maka secara otomatis Bahasa Inggris menjadi pelajaran wajib pertama yang harus kalian tempuh. Selanjutnya adalah Bahasa Arab sebagai bahasa tradisional kita. Kemudian mata pelajaran selanjutnya adalah Sejarah, Matematika, IPA, IPS, Seni, Tata Boga, Olahraga, dan Agama. Untuk kelas agama, kalian bisa masuk sesuai dengan keyakinan kalian. Sejujurnya kalian juga bisa ikut bergabung ke kelas agama teman yang lain untuk saling belajar," jelas Bu Suzy.

Bu Suzy melanjutkan penjelasan ke program tahunan. Dimana akan ada program field trip, proom night, dies natalis, dan classmet yang bisa diikuti semua siswa setiap tahun. Kemudian ada program khusus kelas tiga, yaitu malam seni, dimana siswa kelas tiga akan diminta untuk melakukan pertunjukan teater, dan program student exchange yang bisa diikuti secara gratis oleh siswa yang lolos seleksi ujian. Membayangkan semua kegiatan saja sudah membuat Jaemin excited, berbeda dengan Dinda yang energinya nampak terkuras.

"Sibuk banget sekolah disini," ucap Dinda.

"Ini kan bagus, kita masih muda," ucap Jaemin.

Bu Suzy memberikan waktu dan kesempatan kepada Pak Vincent untuk menjelaskan kurikulum akademik kepada siswa baru. Pak Vincent memulai penjelasan dengan menampilkan beberapa slide berisi foto kejuaraan yang berhasil diraih oleh EIS selama dua puluh lima tahun berdiri. Mulai dari kejuaraan olahraga (baseball, sepak bola, tenis, dan gymnastic), kejuaraan seni (teater, tari, musik, bahkan pameran tunggal siswa), dan kejuaraan debat isu terkini.

Pak Vincent melanjutkan menjelaskan ekstrakulikuler yang bisa dipilih oleh siswa. Terdapat Ekstrakulikuler dengan kredit nilai tertinggi, maksudnya adalah siswa akan tetap dinyatakan lulus study meskipun nilai dibawah rerata apabila memiliki kredit nilai tambahan dari ekskul yang diikuti. Kredit nilai juga bisa diajukan untuk syarat pendukung program student exchange. Intinya, semua hal yang mereka lakukan di EIS, akan kembali kepada kebutuhan belajar mereka.

Student Council, Co Clinic, dan Co Lab adalah ekskul dengan kredit nilai tertinggi. Baseball, Sepak Bola, dan Tennis adalah ekskul kedua dengan kredit nilai tinggi. Teater dan Seni, adalah ekskul dengan kredit nilai rata-rata. Terakhir, Dance, Music dan Cheerleader adalah kredit nilai paling kecil dari ekskul lainnya. Seperti yang disampaikan oleh Kepala Sekolah sebelumnya, Pak Vincent kembali menegaskan bahwa ditahun pertama ini, siswa tidak diwajibkan untuk mengikuti ekskul. Tetapi ketika ditahun kedua, mereka diwajibkan mengikuti ekskul sampai ditahun keempat semester kedua awal.

Pak Vincent menyelesaikan penjelasannya dan meminta Pak Ali untuk melanjutkan penjelasan tentang program agama. Tidak banyak yang ingin disampaikan Pak Ali, intinya selama tahun pertama semester satu dan dua, siswa diharapkan mengikuti kelas sesuai agamanya masing-masing. Barulah boleh belajar tentang agama yang lain di semester tiga dan seterusnya, jika ingin meneruskan mata pelajaran agama. Pak Ali turun dari podium karena sudah tidak ada lagi yang bisa disampaikan.

Bu Suzy kembali ke podium, melanjutkan penjelasan terhadap baju sekolah dan jam masuk sekolah. Seragam sekolah dipakai setiap hari Senin dan Kamis, di hari Selasa, Rabu, dan Sabtu, siswa dibebaskan untuk menggunakan seragam kustom mereka. Jam sekolah dimulai pukul tujuh dua puluh pagi dan berakhir pada pukul lima belas empat puluh lima. Istirahat dua kali pada pukul dua belas nol nol dan tiga nol nol, karena banyak siswa muslim di EIS. Siswa mendapatkan makan siang gratis, dan snack gratis untuk istirahat kedua. Selanjutnya, Bu Suzy mempersilakan para wali kelas untuk melakukan tur sekolah.

OPEN PO | Just Friends | Jaemin ft. ZayyanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang