Kanin tidak bisa tidur.
Dia sudah lama terjaga, dia ingin bangun dan berjalan, tapi dia tidak tahu harus pergi ke mana. Matanya memandang ke luar jendela. Suhu hangat di dalam dan dingin di luar menyebabkan kaca berembun.
Kanin merasa putus asa. Ia tetap tidak bergerak, seperti bunga matahari yang kekurangan sinar matahari, seperti sayuran yang ditinggalkan di rak supermarket. Dia tetap berada di kamarnya selama beberapa waktu sampai dia mendengar panggilan ayahnya melalui pintu.
"Kanin... Kamu belum bangun?"
Pemuda itu tidak merespon, ia memilih untuk bangkit dari tempat tidur dan langsung berjalan menuju kamar mandi, berusaha mengeluarkan suara sebanyak mungkin.
Begitulah caranya menyikapi, Kanin yakin ayahnya akan mendengarnya.
"Nin, ayo makan dulu." Suara Tatdanai terdengar lagi, dan Kanin tidak merespon, menghela nafas berat. Setelah menuruni tangga, dia melihat Tatdanai sedang menunggunya dengan mengenakan celemek biru yang sama.
Mata ayahnya menunjukkan ekspresi kasihan yang jelas. Kanin tidak terlalu keras hati, jadi dia berjalan ke ruang tamu dan meletakkan ranselnya di sofa sebelum kembali dan mengambil tempat di ruang makan, daripada pergi tanpa "memikirkan keluarga".
Menu hari itu adalah Full English Breakfast. Kanin mengambil pisau dan garpu, memotong tomat panggang, dan memasukkannya ke dalam mulutnya tanpa mengucapkan sepatah kata pun.
Dia membenamkan dirinya dalam rasa makanan yang tampaknya sangat memanjakan, karena hidangan tersebut memiliki lebih banyak bacon, dan dua telur goreng lebih banyak dari biasanya.
Meski Tatdanai telah berusaha menjaga berat badan Kanin sebagai seorang atlet hampir sepanjang hidupnya, namun dalam kesempatan itu ia tak menahan diri untuk menaruh makanan sebanyak-banyaknya di piringnya agar ia bisa makan dengan bahagia.
Pemuda itu dapat merasakan upaya yang dilakukan ayahnya untuknya, namun tanggapannya bertentangan dengan apa yang dia harapkan. Dia makan hanya karena sopan santun karena, meskipun dia menerima perlakuan yang selalu dia inginkan, perasaan yang ada di hatinya kurang bahagia.
Kanin berasumsi bahwa ayahnya pasti mengetahui hal ini dengan baik, itulah sebabnya dia tidak duduk di sampingnya seperti biasanya dan menjaga jarak, hingga akhirnya dia mendekat, ketika dia menyadari bahwa dia telah selesai memakan potongan daging ketiga.
Sang pemilik rumah hanya terdiam sementara mata indah pemuda itu menatap curiga atas perbuatannya. Kanin tanpa sadar menahan nafasnya karena rasa tidak nyaman di dadanya.
Tatdanai berhenti sejenak dan mengulurkan tangannya untuk meletakkan sepotong permen di samping pisau Kanin, membiarkan pemuda itu terdiam.
Kanin mendongak untuk melakukan kontak mata dengan ayahnya, tapi sebelum dia sadar, Tatdanai sudah berbalik dan berjalan pergi.
Tatdanai menghindari konfrontasi, itulah caranya berdamai.
"Aku tahu kamu ingin makan yang manis-manis, tapi kamu tidak boleh makan terlalu banyak karena akan merusak gigimu. Jadi kamu hanya boleh memakan ini sebagai hadiah karena sudah bisa menerima perasaanmu sendiri, oke?"
Kanin teringat suara manis ayahnya yang mengucapkan kata-kata itu. Pikirannya memutar ulang ingatan itu berulang kali, seolah-olah dia sedang menonton film lama. Kenangan itu mengganggunya. Banyak sekali pertanyaan yang terlintas di kepalanya...
Sikap Tatdanai seolah mengharapkan Kanin memahami dan menerima sendiri keadaannya.
Tapi apa yang kamu ingin aku terima? Apakah aku harus menerima kalau aku marah, kecewa, dan sedih karena tiba-tiba aku harus menjadi orang lain yang tak ada bedanya dengan orang asing?
KAMU SEDANG MEMBACA
The Next Prince (END)
RomanceNegara Emmaly terkenal dengan kelimpahannya, baik melalui darat maupun air. Emmaly diperintah oleh monarki dan dibagi menjadi lima wilayah dan pemimpin. Menurut hukum kerajaan, setiap daerah harus mengirimkan ahli warisnya untuk bersaing menjadi raj...