20 : The Truth

308 29 2
                                    

"...... tolong jaga dia buat gue. dan sampein kalo gue ngelakuin ini semua buat dia karna gue sayang sama dia.

Devano."

Tess. Tess. Tess. Air mata sudah tak terbendung lagi setelah membaca semua yang ada didalam buku itu. Semua kenyataan, baik yang manis maupun yang pahit tertulis jelas disitu. Aku tak tau lagi apa yang harus ku lakukan.

Sekarang kebenaran sudah terungkap. Semua hal yang ada dengan mudahnya terbalik dengan fakta yang tepampang jelas disini. Kalau sudah begini? kita bisa apa? menyalahkan waktu atas semuanya?

"Brie..."

Sebuah tangan menepuk pundakku. Aku segera mencoba untuk menghapus jejak jejak air mata dipipiku walaupun aku tau tidak ada yang perlu disembunyikan lagi.

"Lo ngapain disini? udah puas buat semuanya jadi berantakan?"

"Maksud lo apa sih Brie? Gue.... Gue gangerti"

"Udahlah Zhar, gue udah gaperlu sandiwara lo lagi" ujarku ketus.

"Brie... Gue..."

"Gue terlalu bodoh udah percaya sama lo! Gue bodoh karna gue gapernah mikir siapa lo sebenernya! Gue bodoh karna gue baru nyadar siapa lo sebenernya! Azhar Samudera PrabuWijaya.... Bodohnya gue gapernah mikir kalo selama ini lo itu Azhar!"

"Shabrienna gue minta maaf sama lo kalo kedatangan gue kesini malah ngancurin semuanya...." ujar Azhar dengan nada menyesal.

"Alah basi tauga! Lo bilang lo minta maaf karna lo udah ngancurin hidup gue. Tapi inikan yang sebenernya lo mau? Lo dateng dan pergi sesuka hati lo! Lo gapernah mikirin gimana perasaan gue saat itu... Terus tibatiba lo dateng dan acting kayak lo gapernah kenal gue, kalo lo itu orang lain! Lo udah buat Vano nyoba ngalah demi lo! Lo udah buat semuanya kacau tauga! KACAU!"

"Brie stop. Gue tau gue salah, tapi gue gabermaksud kayak gitu. Mungkin gue emang egois, gue sayang sama lo Brie. Udah itu aja. Dan mungkin cara gue emang salah. Harusnya gue gaberusaha buat ngambil lo lagi dari Vano... Dan semuanya gaakan jadi begini"

"Lo gatau kan seberapa sedihnya gue waktu lo ninggalin gue? lo gatau kan seberapa besar perjuangan Vano buat gue senyum lagi? lo gatau kan? harusnya emang lo gausah dateng ke hidup gue lagi dan gue gaakan kehilangan Vano kayak sekarang! Lo bilang lo sayang gue? tapi yang lo lakuin malah ngancurin hidup gue? bukannya nyempurnain hidup gue? Haha lucu banget sampe gue gabisa bedain yang mana yang beneran sayang sama yang mana yang cuma ngikutin nafsu sesaatnya doang

Asal lo tau ya Zhar, dari pertama kali lo ninggalin gue, Vano selalu nyoba nguatin gue dan ngejanjiin gue kalo lo bakal balik suatu hari nanti. Dan gue selalu gapercaya itu. Sampe akhirnya gue nyoba buka hati buat Vano. Kalo lo pikir gue udah ngelupain lo sekarang, lo salah. Gue gapernah ngelupain lo. Tapi gue sayang sama Vano. Banget. Sampe gue gatau bisa maafin lo apa ngga karna semua yang udah lo lakuin ke gue, dan Vano." lanjutku.

Seakan ditampar dengan kenyataan pahit yang ada, Azhar hanya terlihat diam dan tak menjawab katakataku.

"Brie? Zhar? jenazah Vano udah mau dibawa kerumah buat dishalatin. Kalian masih mau disini apa mau ikut bareng......" kata Naya yang tibatiba menghampiri kami.

"Eh Nay, eh iyaa gue ikut kok yuk langsung aja" jawabku dengan langsung menarik tangan Naya dan berlari menuju mobil secepat mungkin meninggalkan Azhar ditaman sendiri.

**********

Jalanan didepan rumah Vano terlihat ramai oleh keluarga dan orang orang yang tampak sedih karena kehilangannya. Disudut sudut jalan terlihat bendera kuning bertuliskan sebuah nama indah yaitu... Devano Arnanta.

Rumah ini tampak sangat familiar bagiku. Yah, dari kecil aku dan Vano sering sekali main disini. Namun sekarang, suasana yang sangat berbeda sangat terasa saat aku memasuki rumah ini.

Biasanya saat aku masuk dan menganggil nama Vano, ia pasti sedang berada dikamar dengan gitar atau playstation kesayangannya. Namun sekarang?

Ruang tengah tampak sengaja dikosongkan dan diganti dengan sebuah kasur kecil yang dimaksudkan untuk menempatkan jenazah Devano yang tengah dalam perjalanan menuju kesini. Aku duduk sambil melihat ke sekeliling sambil mengingat kejadian apa saja yang pernah aku lalui dengan Vano selama bertahun tahun ini. Banyak, pikirku.

Aku melihat ke meja disebelahku dan disitu terpampang beberapa foto yang memajang seorang anak laki laki dengan wajah oval dan alis tebal yang hampir menyatu sedang tersenyum, cemberut, tertawa lepas, hingga foto anak laki laki itu sedang merangkul seorang anak perempuan saat Hari Kartini berlangsung.

Udah Brie udah. Devano bakal bahagia disana.

Tak lama kemudian suara mobil ambulance terdengar dihalaman depan rumah Devano dan masuklah orang orang yang membawa jenazah Devano kedalam. Derai tangis tampak terdengar saat jenazah Vano dibaringkan diatas kasur yang sudah disiapkan. Terutama saat wajah Devano yang dibuka untuk terakhir kalinya.

Aku mencoba menahan tangisku dan bergerak mendekat dengan jenazah Devano.

"Hai Van, udah lama ya kita ga ketemu? Kenapasih lo gak pernah bilang yang sebenernya selama ini ke gue? Kenapasih harus lo tutup tutupin semua itu dari gue? Kenapasih lo harus ngalah sama Azhar? Padahal slama ini lo yang ngeyakinin gue bahwa lo itu yg terbaik buat gue. Gue kangen lo Van. Gue sayang sama lo.

Bangun yukkk lo kan udah janji bakal nonton mini konser gue Van. Bangun yukk temenin gue les lagi buat nyiapin konser itu. Bantuin gue nyari nada lagiii. Temenin gue makan ditempat biasa. Temenin gue sampe tua nanti." bisikku kepada Vano yang sudah terbujur kaku dihadapanku.

Tibatiba saja ada tangan yang menarikku kedalam pelukannya. "Shabrienna sayangg, udah yaa. Vano sayang kamu juga. Dan dia gamau liat kamu nangis sayanggg. Udah yaaa sekarang kita doain aja semoga dia tenang disana."

Tante Vani rupanya.

Aku langsung mengencangkan tanganku dan memeluk Tante Vani lebih erat. Tante Vani adalah salah satu saksi kebersamaanku dan Vano selama bertahun tahun ini.

Dan sekarang, kita disini menangis untuk orang yang sama. Merasakan kehilangan yang sama. Berusaha menguatkan satu sama lain dan percaya bahwa Vano tidak ingin melihat kita sedih. Percaya bahwa kita akan kembali bertemu dengan Vano suatu hari nanti ditempat yang jauh lebih indah dibandingkan dunia.

"Yaudah sekarang hapus air matanya yaa cantikkk... Ikhlasin apa yang udah seharusnya diikhlasin. Dan sekarang kita baca Yaasiin bareng bareng yaa buat Vano."

FlashlightTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang