Akhir Kata (2016)

393 28 16
                                    

Kalau kalian membaca ini, ada dua kemungkinan. Kemungkinan pertama, kalian telah selesai membaca 13 bagian pada bab satu dan 14 bagian di bab dua ditambah dua playlist yang berhubungan dengan tokoh-tokoh bersangkutan. Kemungkinan kedua, kalian iseng dan/atau melompati kedua puluh sembilan chapter di buku ini hanya untuk mendengarku berbicara. Yang manapun, selamat datang.

Dan selamat jalan, karena kisah tanya+ telah berakhir. Setidaknya untuk saat ini.

Kuharap kalian suka dengan novel ini. Aku tahu masih ada banyak kesalahan, inkonsistensi, dan cacat lainnya, tapi ketahuilah "novel" ini sebenarnya lebih mirip draft pertama, dan kenyataan kalian berhasil melewati draft pertama yang biasanya ancur itu sungguh merupakan suatu prestasi yang layak dibanggakan. Silakan. Masukkan prestasi tersebut pada CV-mu, atau lembar aplikasi untuk tes atau SNMPTN atau apapun. Prestasi ini adalah suatu pencapaian yang layak dipertimbangkan.

Silakan masukkan kisah ini ke reading list kalian, baik itu RL berupa daftar buku yang telah dibaca, yang disukai, yang bernaung di bawah genre tertentu, atau daftar buku yang tidak dapat kalian tamatkan saking bosannya.

Silakan tinggalkan vote jika kalian menyukai satu bagian atau satu bab atau satu kalimat. Berikan komentar jika satu penggal paragraf dalam novel ini menggelitik rasa ingin berkomentar kalian atau kalau kalian sedang tidak ada kerjaan. Mungkin novel ini membantu melancarkan pencernaanmu semalam di kamar mandi, atau mungkin novel ini membantumu mencari tahu siapa jati dirimu yang sebenarnya. Yang manapun, selamat, dan terima kasih, dan aku menyayangimu. Mungkin. Jangan paksa aku janji yang muluk-muluk, sayang.

Segala jenis umpan balik alias feedback kuterima dengan senang hati. The good, the bad, the ugly. Voting memang bikin senang, tapi komentar berisi kritik dan saran bikin jantung melayang. (Mati, dong? Hehe.)

Aku memang tidak pernah pintar bikin prakata, pascakata, atau kata-kata lainnya. Aku cuma bisa bilang: terima kasih sudah membaca tanya+, sampai ketemu di cerita-cerita lain. Take care.

:-)

[ID] tanya+ | Novel: FinishedTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang