Sial gue kena tipu. Kirain beneran bakal di traktir nonton. Ternyata ujung-ujungnya duit gue juga yang keluar. Ini mah namanya penipuan bray. Mana film yang di tonton film valak. Baru aja tadi gue nonton suzana, sekarang gue dicekokin valak. Hidup gue udah horor gengs, ngga usah di tambah horor dengan tontonan model beginian.
Gue meratapi nasib goban yang keluar dari dompet. Maklum untuk kantong mahasiswa macem gue yang belum ada kerjaan dan cuma bisa minta-minta sama orang tua, goban itu punya arti luas. Di kantin pakde tekwan di kampus, bisa dapet lima mangkok tekwan cuma dengan selembar goban. Ajib ngga tu.
Film baru setengah jalan, gue pamit sama yang lain balik duluan. Di bioskop bukannya nonton, gue malah keinget uni Ivy yang gue tinggal di rumah sendirian. Apalagi dalam keadaan sakit. Perasaan gue jadi ngga tenang.
Gue lirik sekilas jam dipergelangan tangan. Jam 8:00 malam. Gue mesti cepat-cepat sampe rumah. Untung tadi pake sneaker, jadi kalo lari ngga masalah. Langkah gue semakin cepat lama-lama berubah jadi lari-lari kecil. Mata gue sesekali ngelirik jam di tangan.
Mall ini gede gila. Dari biokop ke pintu keluar aja jauhnya nauzubillah. Bioskop yang letaknya di lantai paling atas buat gue mesti bolak balik turun eskalator. Tapi yah kenapa gue lewat eskalator, kan ada lift. Begonya kebangetan.
Gue ngatur nafas sejenak. Masih ada tiga lantai lagi baru bisa sampe parkiran.
Gue kembali berlari sampe ngga sengaja nabrak seseorang nyaris jatoh.
Brukk.. Prang
"Masya Allah" teriakan merdu disertai bunyi benda jatoh membuat perhatian orang beralih ke gue dan orang yang gue tabrak.
"Sorry, sorry tante" gue minta maaf ke emak-emak yang gue tabrak barusan. Emak-emak dengan kebaya dan konde khas Jawa. Gila, ke mall pake kebaya. Ngga ribet apa.
"Ndak, ndak apa-apa. Cah ayu yang hati-hati. Lantainya licin, kalau lari-lari nanti bisa terpleset, jatuh" baik banget dah ini emak-emak, gue nabrak bukannya di semprot malah dinasihatin supaya hati-hati. Kalo emak gue, udah abis gue kena semburan lahar merapi.
"Iya tante, makasih. Saya duluan tante" gue nyengir sambil buru-buru pamit.
Klek
Bunyi apaan tuh? Gue ngeliat kebelakang. Nyari bunyi ajaib barusan. Ngga ada apa-apa, cuma ada tante tadi masih berdiri disana sambil ngeliat kearah kaki gue. Kenapa dengan kaki gue, masih dua kan?
Penasaran gue liat ke bawah, ke arah kaki. Wadaw hape siapa nih gue injek. Seketika gue nunduk ngambil hape yang layarnya retak seribu yang kini berubah warna jadi aurora. Gue perhatiin setiap inci tuh hape. Idih hape mahal ini mah. Kalo kata temen gue ipon. Jatah duit jajan setahun aja gue belum tentu kebeli.
"Nak, itu hape saya" dari belakang emak-emak tadi menginterupsi gue yang lagi merhatiin hape ipon ditangan.
"Hah?" gue sukses melotot dengan mulut menganga. Apa? ini hapenya si tante?
"Ma-maaf tante.." gue tergagap ga bisa ngomong. Gila aja hape mahal gue injek sampe rusak, siapa yang ngga bakal panas dingin kalo jadi gue. Dikepala gue berputar-putar ribuan kata 'ganti rugi'.
"Sa-sa-saya ngga se-sengaja tan, sumpe deh. Saya bakal gan-gan-ganti..." mau ganti pake apa? Bulu ketek?
"Ndak apa-apa. Biar ini jadi urusan tante" emak-emak itu motong kalimat gue cepat.
"Hah?" sekali lagi gue sukses jadi orang oon.
"Iya, sudah ndak usah dipikirin" emak eh tante tadi mendekat dan ngambil hapenya. "Sudah ndak bisa di pakai lagi ini" dia merhatiin hapenya prihatin.
KAMU SEDANG MEMBACA
Suami Satu Semester (SUDAH TERBIT)
Ficción GeneralNikah? Sama dosen pembimbing skripsi sendiri? Apa jadinya? Untung atau malah bunting eh buntung? Hanya kisah tentang mahasiswa semester akhir yang tengah diburu deadline menulis skripsi. Terpaksa menikah dengan dosen pembimbing skripsinya sendir...