Kelas 12 IPA-3 kini sudah sepi dari penghuninya. Cuma tinggal Salsa sama Tania yang masih betah berlama-lama di sini. Salsa daritadi cuma duduk manis di kursinya sambil dengerin musik dari headphonenya dan merhatiin Tania—yang lagi sibuk nyapu setiap pojok kelas—tanpa berniat ngebantuin.
Harusnya hari ini bukan jadwal piket Tania. Tapi u know lah. Ini ulah anak sekelas yang sepakat buat ngebebani tugas piket mereka ke Tania. Tega banget ya? Tania harus nyapu sendirian di kelas setiap hari setelah pulang sekolah. Apalagi dia kan tadi pagi habis kena bogem. Wajahnya masih sakit, dan bahu kiri sama punggungnya masih ngilu gegara benturan sama dinding tadi pas ditabrak Sherly.
Pas Tania mau ngembaliin sapu ke pojokan kelas, batiba dia kaget gegara ada kecoa yang terbang ke arahnya. Tania reflek teriak dan jatoh sampe punggungnya nabrak meja di belakangnya, dan itu nimbulin suara yang lumayan keras.
"Arrggghh..."
Salsa yang denger teriakan Tania dan dentuman keras, langsung nyampirin headphonenya di bahu dan nyamperin Tania. Tanpa babibu lagi, Salsa bantuin Tania berdiri dan ngedudukinnya di kursi belakang. Tania gak berhenti meringis sambil megangin punggungnya yang ngilu.
Tanpa ngomong apapun, Salsa ngambil tas Tania dan ngerangkulin lengannya di bahu Tania, bantuin jalan. "Kita pulang sekarang."
Kenapa Salsa ngga nanyain keadaan Tania yang kesakitan? Kenapa dia gak perduli sama Tania yang daritadi ngaduh kesakitan? Yakali. Buat apa Salsa nanya keadaan Tania kalo dianya udah jelas-jelas kesakitan. Masa iya dia harus harus basa basi nanyain keadaanya, sedangkan dirinya udah tau jelas keadaan Tania sekarang. Bukannya Salsa gak kasihan dan gak perduli sama rasa sakit yang Tania alamin, dia justru kasihan dan mau nganterin Tania pulang sampe rumah biar Tania bisa tiduran di rumah, ketimbang duduk di kursi sepanjang hari.
"Punggungku..." Tania ngegigit bibirnya buat nahan ngilu yang menyambar di punggungnya. Dan Salsa cuman bisa ngelus punggung Tania pelan sambil sesekali ngelirik dia.
Begitu sampe di parkiran sekolah, ada Noki yang nyegat keduanya. Tania yang tau kalo ada Noki, langsung berdiri tegap dan nahan rasa sakit yang menjalar di punggungnya dengan senyumnya. "Hai Noki."
"Hai juga Tania. Pulang bareng, yuk?" tawar Noki dengan senyum yang ngehiasin wajahnya.
Sebelum Tania bisa ngejawab Noki, Salsa udah narik Tania duluan buat jalan. Dia eneg banget kalo liat Noki. Meski tadi dia tau sendiri kalo Noki tadi dah bantuin Tania, tapi tetep ae, Tania menderita dan jadi bahan bullian gini kan juga gegara Noki dkk.
"Ugh..."
"Lu gapapa?" Noki refleks nyengkram bahu Tania, dan itu malah nimbulin erangan dari Tania. Woii yang jelas ae. Noki megang bahu kirinya, dan bahunya itu juga berasa nyeri, malah dipegang-pegang. Noki pun nglepasin tangannya kaget.
"Minggir." Salsa natap tajam Noki, tapi Noki gak perduli dan malah bilang, "Biar gue yang anter Tania pulang."
Tapi Salsa gak perduli, dia tetep jalan ngelewatin bahu Noki. Yang bener ae Noki mau nganterin Tania pulang sementara punggungnya Tania lagi sakit? Iya kalo Noki bawa mobil sih gapapa karna punggungnya bisa senderan, lah ini? Noki bawanya motor, bukan mobil. Dan kalo dia masih maksa Tania buat naek motor, itu namanya penyiksaan secara gak langsung.
"Sal, gue yang anterin Tania pulang."
Salsa gak ngejawab dan ngebiarin Noki jalan buntutin di belakangnya. Beruntung, di tempat parkir ini sepi. Cuman ada mereka bertiga. Seenggaknya, itu artinya ngga akan ada fansnya Noki dan mereka aman.
Salsa ngambil kunci mobilnya dari saku seragamnya dan membuka pintu depannya, terus nuntun Tania biar masuk dan nyendenin punggungnya di kursi mobil, trus nutup pintunya.
"Ikut gua."
Gamau ribet, Noki ngikutin langkah Salsa yang ngejauh dari mobil. Gak jauh-jauh amat sih. Yang penting, jarak mereka dengan mobil bisa dikatakan aman. Dan Tania gabakal bisa denger percakapan mereka berdua sekalipun Tania ngebuka kaca mobilnya.
"Plis jauhin Tania."
"Gak bakal."
"Lo cuma beban dari dia."
Dengerin ucapan Salsa, Noki jadi teringat ucapan Krystal yang bilang kalo dia harus tanggung jawab atas semua kesialan yang Tania alamin. Dan menurutnya, caranya bukan malah ngejauhin Tania, tapi ngelindungi Tania dan jagain dia dari jarak dekat.
Tapi Noki ngelupain satu hal. Dan beruntung, Salsa yang udah ngingetin dia.
"Lo lebih milih ngedeketin satu orang yang udah lo bikin jadi bahan bullian ketimbang dua temen lo yang udah nemenin hidup lo selama ini?"
Ngeliat wajah kosong Noki, Salsa tersenyum sarkastik, dan pergi ngejauhin Noki menuju mobilnya.
.
.
.
.
.
.Udah 10 menit berlalu semenjak Noki dudukin bokongnya di atas sofa berbusa di Deychi Cafe. Cafe yang menawarkan berbagai minuman kopi dan dessert. Fyi, ini tempat yang sering dipakai Noki buat nongkrong bareng Kevin sama Ari. Tapi akhir-akhir ini, mereka jarang kesini. Lebih tepatnya, Noki yang jarang ngumpul bareng lagi.
Cewek-cewek remaja yang kebetulan lagi nongkrong di sana pada ngeliatin Noki dengan tatapan memuja. Yaiyalah Noki kan ganteng abis. Noki yang ngerasa diperhatiin, ngeliatin balik cewek-cewek yang gak dikenalnya itu, dan ngelempar senyum ke mereka. Noki emang gitu orangnya. Murah senyum ke semua orang. Kenal ato enggak yang penting Noki udah mencoba ramah.
Keliatan banget kalo cewek-cewek di sana memekik tertahan dan melting gegara dikasiin senyum manis dari Noki.
Karna bete sendirian di sana dan gamau dianggap jomblo–padahal iya–ngerogoh hapenya dan nempelin benda persegi itu ke telinganya.
"Ari?"
"...."
"Gue ada di kafe kek biasanya."
"...."
"Ajak Kevin juga yo? Pulsa gue sekarat buat nelfon dia."
"...."
"Oke. Bye."
Begitu sambungan dah terputus, Noki bernapas lega. Seenggaknya pikiran negatifnya yang tadi sempet nongol dah ilang. Ari masih mau ngangkat panggilan telfonnya dan nada suaranya juga friendly kek biasanya.
Sedari tadi, Noki sibuk mikirin ucapan Krystal sama Salsa. Dia gak mungkin kan ninggalin dua temen karibnya demi Tania yang baru dia kenal? Dan lagi, dia tau bener kalo Ari sama Kevin emang gak suka sama Tania. Dan setelah lama dia mikir, akhirnya dia mutusin buat lebih milih kedua temennya ketimbang Tania.
Meski hatinya berkata harus ngelindungi Tania, tapi otaknya nyuruh buat milih Ari sama Kevin.
Lagian, keknya apa yang dikatakan Salsa ada benernya. Kalo dirinya cuman beban bagi Tania. Dan kalo dipikir-pikir, emang sih Tania dibully karna dia yang ngajakin Tania pulang bareng. Orang-orang gasuka kalo dia deketin Tania. Jadi, ngejauhin Tania adalah jalan satu-satunya supaya Tania gak dibully lagi.
.
.
.
.
.
.
.TBC
KAMU SEDANG MEMBACA
My Hope [ ARI IRHAM FIC]
Teen FictionHanya sebuah harapan kecil dan sederhana dari seorang cewek SMA kepada teman kelasnya yang hobi membully dirinya. Lalu, akankah kesabarannya akan membuahkan kebahagiaan? Atau kesengsaraan? Dan apakah temannya yang suka membullynya akan mengabulkan h...