사투

50.7K 3.7K 181
                                    


Jam menunjukkan pukul 05:30 saat gue jepit lencana PNS diseragam gue yang warnanya cream susu. Perasaan kemaren gue baru aja hampir mati gara-gara ospek maba di departemen tempat gue kuliah, eh sekarang udah pake seragam PNS aja. Hehe....

Gue Delia. Perawat sekaligus mahasiswa yang dilantik jadi PNS dua tahun yang lalu. Umur gue baru 24 tahun. Masih muda. Tapi kata temen-temen fans club gue seharusnya udah berhenti mengharap oppa-oppa karena udah tua.

Gue ga pinter kok. Gue masuk departemen kesehatan RI modal hoki, IPK biasa aja, dan ga tau kenapa bisa lulus tes CPNS.

Gue keluar dari kamar setelah gue pastikan seragam gue rapi dan menuju ke dapur. Disana udah ada ibu, ayah, mbah Romo dan mbah Yu.

"Lia, ini ada undangan buat kamu..." kata ibu saat gue pasang kaus kaki sambil makan roti bakar yang beliau buatin.

"Ho? Dari siapa?"

"Dari Indah..." gue manggut aja. Indah itu temen gue SMA. Ga terlalu deket sih, tapi kenal baik. Gue buka undangan yang emang ditujuin buat gue.

"Woah, lakinya polisi..." kata gue pas liat foto pre-wedd yang ada di undangan itu.

"Temen mu itu kerjanya di Bank, kan?"

"Iya, bu."

"Duh, yang kerjanya swasta aja udah nikah. Yang udah PNS ini kapan?" Kata mbah Yu yang bikin gue nelen roti tanpa ngunyah.

"Itulah, mak. Cucumu itu kalo udah sibuk sama karir yang lain lupa."

"Coba deh cari calon buat anakmu."

"Ih, mbah apa-apaan sih. Nggak mau. Macem Delia ga bisa nyari sendiri aja..."

"Ya emang keliatannya nggak kan? Buktinya udah umur segini kamu belum pernah sekalipun bawa temen laki-laki kerumah."

"Ya, kalo cuma buat main-main aja ngapain? Ngotorin gelas aja."

"Delia, kamu mah ga peka. Maksud ibu teh, kamu bawa pacar kerumah. Kenalin ke ibu, ke ayah..."

"Sorry, Delia ga bawa pacar, tapi bawa calon suami."

"Hah? Kapan?" Tanya ibu sama mbah Yu barengan.

"Nanti... kalo udah nemu..." jawab gue yang nyaris aja dapet lemparan cangkir teh dan pisau dari dua sudut.

"Ibu ga mau tau. Pokoknya secepatnya kamu kudu bawa calon mantu buat ibu."

"Nanti aja. Selesain dulu kuliahnya." Kata Ayah waktu gue mau ngebales omongan ibu. My hero 😊

"Tapi, yah..."

"Nanti kalo ada juga mampir sendiri, kan?" Tambah Mbah Romo.

"Lagian kapan ayah ngizinin Delia pacaran? Kalo suka sama anak ayah ya lamar. Apaan pacaran-pacaran, nambahin dosa aja..." lanjut Ayah yang bikin gue senyum lebar. Emang dirumah ini yang paling ngertiin gue tuh Ayah sama Romo.

....

Gue turun dari mobil yang gue parkir dihalaman rumah sakit tempat gue dinas.

A.K Ghani. Rumah sakit TNI AD yang letaknya didaerah militer.

Ada beberapa alasan kenapa RS ini digandrungi banyak perawat CPNS. Yang pertama, gaji PNS diRS ini berkisaran antara 5 juta lebih per-bulan ditambah uang seseran dan lembur. Gue yang sekarang jaga diruang UGD nerima gaji sekitar 7 jutaan. Yang kedua, letaknya strategis dan deket dengan tempat wisata berupa benteng dipesisir sungai. Jadi kalo istirahat bisa makan olahan ikan di atas warung kapal sambil liatin sungai. Gabut banget.

Dan yang terakhir, espesialy buat perawat-perawat muda yang cari jodoh, RS ini surga cogan berseragam. Ya namanya juga rumah sakit militer dan letaknya didaerah militer. Abang ganteng yang pake seragam ijo-ijo bertebaran dimana-mana, coy. Bikin betah kerja lama-lama. Emang sih, ga sedikit senior atau rekan gue yang dapet jodoh TNI. Ada juga beberapa yang lagi pdkt atau sekedar kenalan doang.

Gue emang suka liatin tentara-tentara muda, apalagi yang ganteng. Tapi ga ada niatan tuh buat dijadiin tipe. Karena gue sendiri kepingin punya laki yang kerjanya di perusahaan pertambangan atau pabrik pupuk yang jayanya dari dulu ampe sekarang atau juga karyawan perusahaan kontruksi kayak ayah gue. Sayangnya, ga ada cowok yang gue kenal kerja disana.

Makanya gue jomblo ampe sekarang.

"Suster Lia..." panggil seseorang yang bikin gue noleh.

"Suster Lia dicari sama nyonya Hong." Sebuah nama yang bikin mata gue ngelebar dan buru-buru ke ruang jaga.

Ada seorang istri Pangkostrad yang dirawat disini karena jatuh dari tangga. Sebenernya udah ga dirawat lagi di UGD dan udah dibawa ke ruang inap. Tapi ada sebuah keganjalan disini.

Itu ibu-ibu ga mau dirawat sama suster lain selain gue.

Bukan ga mau sih, tapi setiap perawat lain masuk pasti nanyain gue. Ga tau kenapa. Karena gue ga enak sama perawat yang lain, jadi terpaksa gue nemuin beliau.

"Nyonya Hong tuh kenapa sih, demen banget nyariin lu..." tanya perawat yang tadi ngampiri gue.

"Ga tau tuh."

Gue ngetuk ruang inap yang cuma diisi sat pasien itu sebelum bener-bener masuk.

"Assalamualaikum...."

"Waalaikum salam, Delia..." Liat deh mukanya, jadi seger gitu.

"Selamat pagi, bu. Udah sarapan belum? Gimana tidurnya nyenyak?" Tanya gue layaknya seorang perawat terhadap pasien.

"Udah kok tadi. Sini kamu duduk dulu. Kamu telat tau, tadi anak saya kesini pagi-pagi tapi kamu belum dateng." kata beliau sambil narik gue duduk dikursi samping ranjangnya. Ga nanya, sumpah.

"Kamu tau ga, Delia. Saya pengen banget kamu ketemu sama anak saya. Tapi gimana, dia cuma bisa dateng kalo malam aja, kamu malam udah pulang, kan. Dia tuh anaknya emang kurang ekspresif tapi dia baik, kok..."gue ga berhenti nyengir. Ibu ini mulai lagi.

"Iya. Ibu kenapa manggil saya? Kan perawat lain ada..."

"Gimana ya, saya sukanya sama kamu. Kalo kamu yang ngerawat rasanya kayak dirawat menantu." Kata dia yang bikin gue kaget. Tapi gue ketawain aja. Pengen banget gue bilang

"Maaf banget ya, bu. Saya ga minat jadi Persit."

"Yaudah, kalo gitu saya pamit dulu ya, bu. Saya kudu jaga ruangan."

"Iya, nak. Silahkan. Tapi nanti jengukin saya lagi ya..."

"Siap, bu. Jangan lupa minum obat, ya... assalamualaikum." Dengan cepat gue keluar dari ruangan itu. Sumpah gue ga tahan banget disenyumin begitu. Gue juga ga enak sama teman dan kakak sejawat gue yang mungkin menurut mereka nyuri start. Secara, siapa yang ga tau ibu-ibu yang suka nanyain gue itu.

Nyonya Hong, seorang bidan bersuami panglima Kostrad dengan 3 orang anak laki-laki (yang katanya tampan-tampan). Yang pertama udah nikah, yang kedua udah letnan satu, dan yang bungsu baru jadi taruna akmil. Udah bisa tebak kan yang mana yang mau dia kenalin ke gue?

Personaly, gue belum pernah ngeliat orang yang beliau maksud. Atau mungkin gue ga tertarik. Tapi dari bentukan abangnya -yang pernah gue lihat- ga main-main gantengnya. Dan dari yang gue denger-denger dari perawat lain, anaknya yang tengah orangnya ramah abis, sopan, pinter, kalo ngaji suaranya bagus, badannya ga perlu diraguin lagi (yaiyalah, orang Tentara) dan yang terpenting...

Mukanya ganteng. Banget.

Haduh, dengernya bikin kepala gue sakit. Dan entah kenapa, gue berdoa gue ga akan pernah ketemu sama orang itu.

Ga tau kenapa, gue minder. Gue ngerasa jauh dibawah pria itu. Apalagi jadi menantu pangkostrad, masya allah siapa gue.

Gue hela nafas doang sebelum ngelanjutin langkah gue buat ke ruang UGD.

"Ayo, fokus kerja...."

Kuning Hijau [Joshua Hong]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang