***
Psssttt...
Jangan ganggu Drey sama Ana dulu malam ini. Kasihan Drey dia lagi butuh waktu buat berdamai dengan diri sendiri.
Depresi bisa menyerang siapa saja. Depresi juga bisa datang dengan kadar yang berbeda setiap orang. Ada orang yang memiliki kadar depresi rendah dan akhirnya bisa menyelesaikan masalahnya sendiri melalui kontemplasi atau pendekatan religius. Ada juga yang memiliki kadar depresi tinggi sehingga pikirannya gelap sama sekali. Dalam kondisi begini, jangan coba-coba menasihati. Dengarkan saja dan tenangkan dia. Dalam sebagian besar kasus biasanya mereka hanya butuh didengarkan dan didukung sebelum kita bsia masuk untuk memberikan pengaruh.
Menurut pandangan seorang yang mengalami depresi, dunia ini seperti lukisan surealis yang bikin pusing. Mereka tidak menginginkan semua itu. Mereka juga merasa pusing dengan diri sendiri, mual, dan cemas pada apa yang mereka lakukan. Kita nggak bisa langsung memasukkan sesuatu ke dalam pikirannya, sekalipun apa yang kita katakan adalah benar.
Biasanya depresi terjadi karena tekanan yang terus menerus dialami oleh seseorang. Tekanan dalam keluarga, lingkungan sosial, sekolah, atau pekerjaan. Dia tidak memiliki kemampuan untuk mengungkapkan masalahnya dan tidak memiliki orang kepercayaan untuk menceritakan kisahnya. Dia menyimpan sendiri semua masalah dalam waktu lama dan tidak tahu bagaimana cara mematikan api amarah di dalam dirinya.
Depresi nggak memandang usia atau jabatan. Mulai dari anak-anak sampai manula bisa mengidap penyakit kejiwaan ini. Penyakit ini biasanya ditangani secara medis dengan terapi dan atau obat-obatan. Pengobatan untuk depresi nggak bisa dilakukan sembarangan. Ada dokter ahli jiwa yang menangani penyakit ini dengan baik. Untuk menentukan masuk ke dalam kategori depresi yang mana, ada tes tersendiri. Jadi, nggak bisa sembarangan.
Jika bertemu atau dekat dengan orang yang mengalami depresi, jangan ditinggalkan, ya. Jangan bersikap jijik atau ngeri. Temani dia, sekalipun dia meminta kita untuk pergi karena merasa tidak butuh teman. Dia justru membutuhkan seseorang. Jika mungkin, arahkan ke tenaga ahli yang bisa membantunya menyembuhkan diri.
Setiap orang punya cerita yang mungkin tidak kita mengerti. Jangan langsung menyimpulkan kondisi seseorang, sebelum kita memahami benar apa yang terjadi padanya. Pemikiran dan tekanan yang dialami oleh orang lain dan kita tuh beda banget. Kita yang memiliki kehidupan lurus dan baik-baik saja, mungkin akan berpikir, "kok dia bisa kayak gitu sih? Nggak banget! Dasar gilak!"
Padahal, mungkin kita bisa jauh lebih parah kalau dikasih kehidupan yang sama dengannya.
Empati adalah hal pertama yang harus kita miliki untuk mmebantu seorang yang mengalami penyakit mental ini.
Nanti kita akan ngobrol lebih banyak tentang masalah yang dihadapi oleh Drey ini, ya.
Semoga besok Drey dan Ana sudah mendapat pencerahan ya, Guys.
Jangan lupa tinggalkan vote dan komentar selagi menunggu part selanjutnya.
Salam sayang,
Honey Dee
KAMU SEDANG MEMBACA
Filthy Shade Of Drey (Terbit; Heksamedia)
ChickLitDari sekian banyak gadis yang ingin menjadi kekasih CEO super sempurna, Savana bukan salah satunya. Dia hanya ingin menyelesaikan kuliah dengan baik. Ayah dan kakaknya telah berkorban banyak agar dia bisa jadi sarjana kebanggaan keluarga. Namun, p...